Serba-serbi Berat Badan Ibu Hamil Anak Kembar, Pastikan Tetap Ideal

Informasi lengkap seputar berat badan untuk ibu hamil kembar

10 Mei 2021

Serba-serbi Berat Badan Ibu Hamil Anak Kembar, Pastikan Tetap Ideal
Unsplash/Daiga Ellaby

Kenaikan berat badan adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindari dalam setiap kehamilan. Apalagi ketika Mama mengandung bayi kembar. Tentu kenaikan berat badan mama cenderung akan lebih tinggi dibandingkan dengan hamil satu bayi saja.

Bukan hanya karena Mama makan lebih banyak, variabel lain seperti berat kedua janin, cairan, jaringan, pertumbuhan rahim dan meningkatnya volume darah yang dibutuhkan plasenta tentu menyumbang andil dalam kenaikan berat badan mama yang hamil kembar.

Jangan panik, yuk simak informasi Popmama.com seputar berat badan ibu hamil bayi kembar berikut ini!

Mengapa Kenaikan Berat Badan saat Hamil Penting?

Mengapa Kenaikan Berat Badan saat Hamil Penting
Freepik/prostooleh

Meski terdengar meresahkan, kenaikan berat badan selama kehamilan sangat penting bagi kesehatan mama dan bayi. Dibutuhkan energi yang sangat besar untuk dapat menjaga kehamilan, terlebih pada kasus kehamilan bayi kembar.

Bayi yang lahir dari ibu dengan berat badan yang tidak bertambah seiring kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk lahir prematur dengan berat badan rendah serta rentan terhadap penyakit dan kesulitan dalam menyusui.

Namun perlu diingat bahwa berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko komplikasi pada saat persalinan dan obesitas dini pada si Kecil. Jadi, selalu ingat untuk mempertahankan berat badan pada cakupan perhitungan sehat yang direkomendasikan.

Editors' Picks

Pertambahan Berat Badan Total Ibu Hamil Kembar yang Sehat

Pertambahan Berat Badan Total Ibu Hamil Kembar Sehat
Pexels/ketut subiyanto

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Luke, seorang profesor dari Universitas Michigan, meneliti lebih dari 2.000 kasus kehamilan kembar dan menghasilkan standar dasar pedoman kenaikan berat badan ibu hamil kembar untuk Institute of Medicine (IOM) yang menjadi acuan internasional.

Jumlah cakupan pertambahan berat badan mama yang hamil kembar akan bergantung pada berat badan atau Body Mass Index (BMI) pada awal kehamilan. Berikut standar perhitungannya:

  • Mama dengan berat badan sehat dan normal: 16-24 kg
  • Mama dengan berat badan di atas rata-rata: 14-22 kg
  • Mama dengan kondisi obesitas: 11-19 kg

Tahapan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Kembar dalam Setiap Trimester

Tahapan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Kembar dalam Setiap Trimester
Pixabay/mojzagrebinfo

Dalam setiap trimester, jangkauan kenaikan berat badan dalam kehamilan tentu berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti kecepatan pertumbuhan janin, volume cairan tubuh, dan jumlah konsumsi makanan serta rutinitas olahraga mama.

Namun secara umum, berikut adalah jangkauan kenaikan berat badan mama yang hamil kembar pada setiap trimester:

  • Trimester pertama: 0,25 – 0,5 kg setiap minggu
  • Trimester kedua: 0,75 kg setiap minggu
  • Trimester ketiga: 0,75 kg setiap minggu dan berangsur berkurang mendekati hari persalinan

Asupan Kalori untuk Kenaikan Berat Badan Sehat Ibu Hamil Kembar

Asupan Kalori Kenaikan Berat Badan Sehat Ibu Hamil Kembar
Freepik/rawpixel.com

Kembali lagi, asupan kebutuhan kalori mama akan sangat bergantung dengan berat badan mama sebelum kehamilan. Namun secara umum, Ibu hamil kembar disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 3.000-3.500 kalori harian.

Diet untuk Kenaikan Berat Badan Sehat Ibu Hamil Kembar di Awal Kehamilan

Diet Kenaikan Berat Badan Sehat Ibu Hamil Kembar Awal Kehamilan
Pexels/Andrea Piacquadio

Pada trimester pertama kehamilan, perbanyak konsumsi minuman kaya nutrisi seperti jus buah dan sayur, kaldu tulang, dan smoothie. Pastikan minuman mama tidak menggunakan banyak gula buatan.

Alih-alih mengonsumsi dua sampai tiga menu makan besar, ganti pola makan mama dengan mengonsumsi lima sampai enam kudapan atau menu makan kecil sepanjang hari. Pilih makanan yang tidak terlalu panas, sebab rasa dan aroma makanan panas dapat meningkatkan dorongan mual pada kebanyakan ibu hamil.

Itu dia lima hal penting mengenai kenaikan berat badan ibu hamil anak kembar yang perlu Mama ketahui. Jangan lupa untuk minum vitamin penunjang kehamilan yang sudah disetujui oleh dokter kepercayaan mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.