Apakah Ibu Hamil dengan Gangguan Makan Bisa Melahirkan Bayi Sehat?

Gangguan makan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil

20 Juni 2022

Apakah Ibu Hamil Gangguan Makan Bisa Melahirkan Bayi Sehat
Freepik/user18526052

Para ahli mendefinisikan gangguan makan terjadi pada orang yang makan sangat sedikit yang membuat berat badannya menurun, hingga orang yang makan sangat banyak yang membuat berat badannya meningkat.

Gangguan makan juga dianggap sebagai suatu penyakit yang emosi, tingkah laku, serta kebiasaan seseorang dalam memandang berat badan dan makanan. Program hamil dan kehamilan pun bisa dianggap sebagai penyebab gangguan makan semakin rumit, serta menyebabkan masalah kesuburan dan komplikasi kehamilan.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas seputar gangguan makan pada ibu hamil serta bagaimana kemungkinan ibu hamil dengan gangguan makan bisa melahirkan bayi yang sehat. Agar tidak ketinggalan informasinya, simak informasi ini sampai tuntas, ya!

Editors' Picks

Jenis Gangguan Makan dan Gejalanya

Jenis Gangguan Makan Gejalanya
Freepik.com/gpointstudio

Gejala yang dirasakan tentu akan berbeda-beda tergantung dengan jenis gangguan makan yang dialami. Berikut adalah beberapa jenis gangguan makan yang paling umum terjadi dan gejalanya:

  • Anorexia nervosa, di mana seseorang memandang dirinya terlalu gemuk, meskipun sudah kehilangan banyak berat badan. Penderita biasanya mengurangi asupan kalori secara drastis karena takut akan makanan dan peningkatan berat badan. Kelainan makan ini bisa mengarah ke kelainan makan lainnya, yaitu bulimia.
  • Bulimia nervosa, di mana seseorang merasakan lapar yang luar biasa, sehingga ia makan dengan sangat banyak, tapi diiringi dengan rasa jijik atas tindakan tersebut. Biasanya, ia kemudian akan memuntahkan apa yang sudah dimakan untuk menghindari kenaikan berat badan. Selain itu, ia juga biasanya mengonsumsi obat pencahar untuk membersihkan perutnya.
  • Binge-eating, di mana seseorang makan berlebihan dan ini termasuk gangguan makan paling umum. Saat waktunya makan, penderita akan kehilangan kontrol atas dirinya dan mengonsumsi banyak makanan dengan kalori tinggi. Ini bisa mengarah pada obesitas atau obesitas super yang bisa menyebabkan penyakit yang mematikan, seperti jantung, diabetes, hingga kematian dini.

Bagaimana Gangguan Makan Memengaruhi Kehamilan?

Bagaimana Gangguan Makan Memengaruhi Kehamilan
Freepik/pch.vector

Meskipun memengaruhi fertilitas, perempuan dengan anorexia ataupun bulimia bisa hamil. Sayangnya, kedua gangguan makan ini bisa berdampak buruk pada kehamilan, meningat asupan nutrisi saat hamil sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Berikut adalah beberapa dampak biruk yang diakibatkan dari kelainan makan di masa kehamilan:

  • Bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Kelahiran bayi prematur
  • Kematian janin
  • Keguguran
  • Gestational diabetes
  • Perkembangan janin yang terhambat
  • Preeklampsia
  • Kematian ibu hamil

Apakah Ibu Hamil dengan Gangguan Makan Bisa Melahirkan Bayi Sehat?

Apakah Ibu Hamil Gangguan Makan Bisa Melahirkan Bayi Sehat
istockphoto.com
Minimalist pregnancy

Jawabannya bisa, namun Mama memerlukan bantuan psikolog dan nutrisionis agar nutrisi harian mama saat hamil terpenuhi dengan baik.

Setelah mampu beradaptasi dengan pola makan dan menu makanan baru yang cocok untuk Mama, maka Mama tetap harus mempertahankannya hingga masa persalinan dan menyusui tiba.

Akan lebih baik jika hal tersebut bisa terus berlanjut seumur hidup mama, atau dengan kata lain Mama sudah terbebas dari gangguan makan yang dulu Mama derita.

Jadi, ibu hamil dengan gangguan makan tetap bisa melahirkan bayi sehat asalkan ia bisa memastikan asupan nutrisi hariannya terpenuhi dengan baik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk