Apakah Mangga Muda Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Melihat fenomena ibu hamil ngidam dan makan mangga muda, sebenarnya aman atau tidak, ya?

28 Mei 2022

Apakah Mangga Muda Aman Dikonsumsi Ibu Hamil
Pixabay/gamble34

Mangga muda adalah buah yang sangat populer di Asia. Buah yang satu ini, meskipun belum matang, ternyata punya banyak penggemar karena bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Di Indonesia, buah mangga muda bisa disulap menjadi rujak, pelengkap saus asam manis, hingga diolah menjadi sambal pencit yang disajikan dengan berbagai menu protein hewani yang digoreng.

Banyaknya menu yang diolah dari buah yang satu ini, membuat mangga muda menjadi favorit. Jadi, tak jarang ibu hamil tiba-tiba ingin mengonsumsi makanan asam dan kemudian memilih buah mangga muda.

Namun, apakah mangga muda aman dikonsumsi ibu hamil? Nah, agar tidak ketinggalan informasi terkininya, jangan lewatkan artikel dari Popmama.com yang satu ini, ya!

Editors' Picks

Manfaat Mengonsumsi Mangga Selama Masa Kehamilan

Manfaat Mengonsumsi Mangga Selama Masa Kehamilan

Seperti yang kita semua ketahui, secara umum buah mangga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Jadi, selain untuk memenuhi ngidam, mengonsumsi mangga juga punya segudang manfaat.

Satu cup buah mangga disebut mampu memenuhi 12 persen kebutuhan folat harian ibu hamil. Keberadaan asam folat ini penting untuk mendukung perkembangan sistem saraf janin.

Selain itu, mangga juga bisa menjadi sumber serat dan vitamin C yang baik untuk ibu hamil, serta mampu mencegah konstipasi. Jadi, buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi selama masa kehamilan.

Lalu, bagaimana dengan mangga muda, ya?

Mengonsumsi Mangga Muda di Masa Kehamilan

Mengonsumsi Mangga Muda Masa Kehamilan
Pixabay/LoggaWiggler

Seperti halnya berbagai jenis mangga lain yang biasa dimakan saat matang, mangga muda ternyata juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, ada dua catatan yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya.

Pertama, mangga muda ataupun mangga jenis lainnya harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Apalagi, beberapa jenis mangga bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Jadi, pastikan kulitnya bersih sebelum dikupas atau dipotong, ya.

Kedua, jangan membeli buah mangga potong atau buah potong lainnya dalam kemasan yang biasanya dijual di minimarket atau di supermarket. Sebab, tercampurnya buah bisa menyebabkan terkontaminasi satu sama lain.

Apakah Mengonsumsi Mangga Muda Akan Mempengaruhi Sistem Pencernaan?

Apakah Mengonsumsi Mangga Muda Akan Mempengaruhi Sistem Pencernaan
Freepik/nakaridore

Karena buah mangga muda belum matang, maka seratnya akan lebih keras dan lebih lama dicerna di dalam perut jika dibandingkan dengan buah mangga lain yang sudah matang. Selain itu, buah mangga muda tidak memberikan dampak tertentu pada sistem pencernaan.

Namun, jika ragu dan dirasa memiliki sistem pencernaan yang cukup sensitif, ibu hamil bisa mencoba mangga muda dalam porsi kecil terlebih dahulu.

Dengan mencicipi sedikit buah mangga muda, ibu hamil bisa mengetahui apakah tubuhnya memberikan reaksi atau justru baik-baik saja. Jika tidak ada reaksi tertentu, maka ibu hamil tetap bisa mengonsumsi mangga muda.

Nah, semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan Mama tentang apakah mangga muda aman dikonsumsi ibu hamil. Wah, sepertinya artikel kali ini membuat kita jadi ingin makan buah mangga muda juga, ya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk