Daun Singkong untuk Ibu Hamil, Aman Dikonsumsi atau Tidak?

Bolehkah daun singkong dikonsumsi oleh ibu hamil?

16 Mei 2019

Daun Singkong Ibu Hamil, Aman Dikonsumsi atau Tidak
Flickr/Nelindah

Daun singkong merupakan salah satu jenis asupan yang baik dikonsumsi karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Berbagai olahan daun singkong pun kian populer.

Tak terkecuali bagi para ibu hamil. Daun singkong dianggap sebagai salah satu menu sayuran yang enak dikonsumsi dan memiliki cita rasa khas.

Namun sebenarnya apakah daun singkong aman dikonsumsi oleh ibu hamil atau tidak ya, Ma?

Yuk simak dulu seluk-beluk daun singkong, manfaatnya, serta efek samping konsumsinya secara berlebihan bagi ibu hamil.

Berikut Popmama.com sudah merangkum informasinya untuk Mama:

1. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam daun singkong

1. Kandungan nutrisi vitamin dalam daun singkong
Youtube.com/Dapur Bu Haji

Daun singkong mengandung berbagai macam protein atau asam amino esensial yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga atau energi. Sebab asam amino esensial ini akan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi untuk beraktivitas.

Selain itu, daun singkong juga mengandung banyak protein, khususnya sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya tinggi vitamin B ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pembentukan dan perbaikan sel.

Daun singkong pun menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, terutama dalam manfaat mencegah zat-zat radikal bebas berkembang. Seperti diketahui, radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya, kanker salah satunya.

Kandungan serat dalam daun singkong juga sangat baik bagi proses pencernaan, terutama bagi kesehatan usus besar.

2. Keamanan makan daun singkong bagi ibu hamil

2. Keamanan makan daun singkong bagi ibu hamil
Unsplash/chiara conti

Meski memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun konsumsi daun singkong juga sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, terutama bagi ibu hamil.

Sebab jika dikonsumsi terlalu sering dan terlalu banyak, daun singkong juga bisa memberikan efek yang justru tidak aman bagi kesehatan ibu hamil. Salah satunya adalah peningkatan tekanan darah, peningkatan kolesterol dan memicu rasa pusing.

Konsumsi daun singkong berlebihan juga bisa membuat asam lambung menjadi naik, terutama jika Mama memiliki riwayat dengan gangguan asam lambung. Oleh sebab itu, sebaiknya meskipun Mama menyukainya namun hindari dulu mengonsumsi daun singkong secara berlebihan.

Jadi, yang terpenting adalah pintar-pintar mengatur porsi dan mengolahnya secara tepat ya, Ma. Cukup konsumsi secukupnya saja.

Editors' Picks

3. Manfaat daun singkong untuk ibu hamil

3. Manfaat daun singkong ibu hamil
Freepik/prostooleh

Sebenarnya ada beberapa manfaat konsumsi daun singkong bagi ibu hamil jika dilakukan secara wajar lho, Ma. Manfaat ini tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Mama, tapi juga bagi kesehatan tumbuh kembang janin. Berikut manfaat lengkap dari daun singkong untuk ibu hamil:

  • Membantu proses pembentukan sistem antibodi

Antibodi alias sistem kekebalan tubuh diperlukan oleh tubuh untuk mencegah timbulnya penyakit, serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, konsumsi daun singkong juga mengandung protein untuk pembentukan antibodi pada ibu hamil

  • Melancarkan sistem pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, daun singkong memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kandungan serat ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindari dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau bahkan diare

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Daun singkong juga memiliki fosfor dan kalsium, yang keduanya diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil biasanya lebih rentan mengalami masalah pada tulang dan gigi karena kekurangan asupan kalsium

  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral janin

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan kandungan asam folat dan kalsium, selain itu juga tinggi kandungan mikronutrien seperti mangan, potassium, serat, zat besi dan vitamin untuk tumbuh kembang janin

Baca juga:

4. Efek makan daun singkong secara berlebihan

4. Efek makan daun singkong secara berlebihan
IDN Times

Ingat ya, Ma. Meskipun daun singkong dikenal memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang tinggi, namun bukan berarti daun singkong bisa dikonsumsi secara bebas.

Ibu hamil sebaiknya tetap membatasi dan mengatur porsi makan daun singkong supaya justru tidak memberikan efek samping.

Beberapa efek yang bisa muncul jika Mama mengonsumsi daun singkong secara berlebihan salah satunya yaitu sakit perut. Terutama jika Mama memiliki riwayat gangguan asam lambung.

Konsumsi daun singkong terlalu banyak dapat membuat dinding lambung mendapat tekanan dan bahkan terluka karena senyawa pada daun singkong yang bersifat sianida. Kandungan ini dapat menyebabkan sakit perut, mual serta muntah.

Selain itu, apabila Mama punya riwayat masalah pada kadar kolesterol serta asam urat, konsumsi daun singkong juga sebaiknya dibatasi. Ini karena daun singkong mengandung zat purin yang dapat meningkatkan asam urat, khususnya di persendian.

5. Cara aman mengonsumsi daun singkong saat hamil

5. Cara aman mengonsumsi daun singkong saat hamil
Cookpad/Mariam Reev

Agar lebih aman dan sehat saat mengonsumsi sayuran seperti daun singkong, pilihlah sayuran yang daunnya masih segar. Sebaliknya, hindari memilih sayuran yang daunnya sudah layu ya, Ma.

Jangan lupa cuci bersih dulu sebelum mengolahnya. Selain itu, saat mengolah pastikan benar-benar sudah matang. Hindari mengonsumsi sayuran yang masih mentah atau masih setengah matang, ini berisiko membuat bakteri yang masih ada masuk ke dalam tubuh Mama.

Jika sistem imun sedang tidak kuat, bakteri yang masuk ke dalam tubuh ini bisa menimbulkan infeksi dan berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Apabila Mama punya riwayat tekanan darah tinggi, lebih baik ganti daun singkong dengan alternatif lain seperti daun selada, labu siam, wortel atau buncis saja ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!