Legit dan Manis, Ini 7 Manfaat Buah Zuriat untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah-buahan saat hamil baik bagi kesehatan Mama dan janin

19 Juni 2019

Legit Manis, Ini 7 Manfaat Buah Zuriat Ibu Hamil
Tokopedia.com

Manfaat buah Zuriat kabarnya sangat baik untuk ibu hamil. Apakah Mama pernah menemukan buah lanka ini?

Saat hamil, konsumsi makanan bergizi menjadi salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh Mama dan juga janin. Nah, buah-buahan pun menjadi salah satu pilihan asupan yang tepat.

Beberapa jenis buah-buahan diketahui bisa memberikan manfaat tertentu bagi kehamilan. Misalnya memberikan energi tambahan, membantu menstabilkan gula darah, hingga mengenyangkan lebih lama.

Di antara berbagai jenis buah tersebut, ada satu buah yang juga baik untuk Mama konsumsi. Buah tersebut adalah buah zuriat.

Dilansir Science Direct, buah zuriat alias doum palms (Hyphaene thebaica) adalah salah satu jenis buah yang tumbuh subur di padang pasir. Buah ini berbentuk oval dan agak lebih besar dibandingkan kurma.

Diketahui buah zuriat banyak tumbuh juga di sepanjang sekitar sungai Nil, Mesir serta di Sudan. Buah ini memiliki rasa yang legit dan manis.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah doum memiliki banyak kandungan mineral esensial, seperti potasium, sodium, kalsium, magnesium, dan pospor.

Selain itu, buah doum mengandung vitamin B kompleks, serat dan karbohidrat. 

Sebenarnya apa saja ya manfaat dari konsumsi buah zuriat bagi ibu hamil? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Membantu menurunkan kolesterol

1. Membantu menurunkan kolesterol
Pixabay/Distel2610

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak buah zuriat dapat membantu menurunkan kadar lemak total dalam darah. Selain itu, buah ini juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Oleh sebab itu, konsumsi buah zuriat pun diyakini baik bagi ibu hamil karena dapat membantu menjaga stabilitas kolesterol. Sehingga kadar kolesterol dalam darah Mama lebih terkendali.

2. Mencegah diabetes

2. Mencegah diabetes
Freepik/Xb100

Diabetes gestasional alias diabetes yang menyerang ibu hamil menjadi salah satu masalah yang perlu dicegah. Jika tidak, kondisi ini bisa berlanjut pada berbagai komplikasi lain yang membahayakan kehamilan.

Mulai dari kelahiran prematur hingga berat badan bayi yang tumbuh berlebihan. Konsumsi buah zuriat pun diyakini bisa memberikan manfaat mencegah diabetes gestasional.

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa konsumsi buah zuriat dibarengi dengan pembatasan konsumsi gula dapat membantu menjaga kestabilan gula darah.

Dengan begitu, risiko Mama untuk mengalami diabetes gestasional pun menjadi menurun.

3. Menstabilkan tekanan darah

3. Menstabilkan tekanan darah
Freepik/Pressfoto

Selain diabetes, masalah kesehatan lain yang kerap mengganggu ibu hamil dan bisa membahayakan kehamilan adalah preeklampsia. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan tidak terkendali.

Jika Mama memiliki riwayat tekanan darah tinggi sejak sebelum hamil, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah zuriat.

Buah ini diyakini juga turut memberikan manfaat menjaga kesehatan ibu hamil, salah satunya menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Editors' Picks

4. Menguatkan rahim

4. Menguatkan rahim
Freepik/wavebreakmedia

Biasanya buah zuriat lebih dikenal dengan manfaatnya untuk program hamil, yakni untuk meningkatkan peluang Mama untuk bisa positif hamil.

Terkait dengan manfaat ini, buah zuriat disebut-sebut bisa membantu menguatkan rahim saat program hamil. Namun bukan berarti lantas saat sudah positif hamil Mama tidak boleh mengonsumsi buah ini, lho.

Salah satu manfaat lain dari konsumsi buah zuriat terkait penguatan rahim juga bisa didapat saat Mama sudah hamil. Rahim yang kuat dipercaya bisa membantu menjaga tumbuh kembang janin yang lebih optimal.

5. Mencegah infeksi bakteri

5. Mencegah infeksi bakteri
Freepik/Onlyyouqj

Buah zuriat memiliki sifat antibakteri, ini berarti konsumsi buah jenis ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil.

Ya, buah zuriat diyakini memiliki manfaat untuk meminimalkan terjadinya infeksi bakteri. Pun demikian jika ibu hamil mengalami luka, konsumsi buah ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan tidak berlanjut menjadi infeksi.

6. Membantu mengatasi sembelit

6. Membantu mengatasi sembelit
Freepik/pressfoto

Tumbuh kembang janin yang semakin besar dan menekan organ pencernaan, dibarengi dengan faktor hormonal, seringkali membuat ibu hamil menjadi lebih rentan mengalami masalah pencernaan.

Salah satunya seperti sembelit. Ini tentu akan membuat calon Mama menjadi tidak nyaman dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari, bukan?

Jika Mama juga mengalami masalah ini, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah zuriat. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit secara alami.

Agar manfaatnya lebih optimal, jangan lupa juga untuk minum air putih yang banyak ya, Ma.

7. Memberikan tambahan antioksidan alami

7. Memberikan tambahan antioksidan alami
Freepik/yanalya

Antioksidan sangat penting untuk dikonsumsi guna menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel pada tubuh. Termasuk bagi ibu hamil.

Nah, sumber antioksidan alami bisa Mama dapatkan dari berbagai jenis buah dan sayuran. Salah satunya adalah buah zuriat.

Untuk mengonsumsi buah zuriat, Mama bisa meminum air rebusan dari buah tersebut. Potong buah zuriat menjadi beberapa bagian, kemudian rebus bersama dengan kulitnya minimal 15 menit.

Selain dengan cara meminum air rebusannya, buah zuriat juga dikonsumsi dalam bentuk serbuk yang dijual di pasaran. Seduh serbuk ekstrak buah zuriat dengan air hangat, kemudian bisa langsung diminum.

Agar rasanya lebih enak, Mama bisa mengonsumsi seduhan ekstrak buah zuriat ini dengan sedikit madu.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan secara rutin ya, Ma. Pilihlah jenis buah yang menjadi favorit Mama agar sesi makan buah pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!