Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Minum Air Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Selain segar, air jeruk lemon juga punya banyak manfaat!

19 Desember 2019

10 Manfaat Minum Air Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Pexels/Julia Zolotova

Punya aroma dan rasa segar yang khas, jeruk lemon bisa memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Termasuk juga bagi ibu hamil.

Menurut buku Lemon Health Benefits yang ditulis oleh Chris Shaw, satu buah lemon mengandung niacin, kalsium, magnesium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan riboflavin. Air jeruk lemon pun jadi salah satu minuman yang baik diminum ibu hamil.

Yang terpenting, pilihlah air jeruk lemon dari buah segar dibandingkan dari kemasan, ya. Kandungan nutrisinya lebih terjamin dan lebih sehat. Selain itu, tetap batasi porsinya agar tidak berlebihan dan justru memicu sakit perut serta diare.

Apa saja manfaat sehat minum air jeruk lemon bagi ibu hamil? Dirangkum Popmama.com dari Mom Junction, berikut informasi lengkapnya:

1. Membantu mengatasi morning sickness

1. Membantu mengatasi morning sickness
Pexels/Lukas

Menurut American Pregnancy Association, lemon diketahui dapat meredakan mual yang berhubungan dengan morning sickness pada trimester pertama kehamilan. Konsumsi air jeruk lemon juga diyakini dapat mengurangi aliran empedu berlebih dan sisa endapan yang menumpuk di saluran pencernaan. Aroma lemon yang khas pun bisa menjadi penyegar alami, sehingga mengurangi mual dan muntah.

2. Menjaga kestabilan tekanan darah

2. Menjaga kestabilan tekanan darah
Pexels/Elle Hughes

Kandungan vitamin dalam lemon mampu memperkuat pembuluh darah dengan menjaganya tetap dan lentur. Seperti diketahui, kondisi pembuluh darah yang baik pun dapat berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Aliran darah yang lancar juga mampu mengurangi kadar kolesterol.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

3. Mengatasi gangguan pencernaan
Pexels/Jaymantri

Sangat wajar jika ibu hamil mengalami masalah pencernaan, terutama karena efek hormonal serta kondisi fisik lainnya. Nah, air jeruk lemon bisa menjadi obat alami menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan memastikan kerjanya tetap optimal selama kehamilan.

4. Meredakan sembelit

4. Meredakan sembelit
Pexels/Lisa Fotios

Sembelit adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh banyak perempuan selama kehamilan. Menurut Natural Pregnancy Cookbook oleh Sonali Ruder, mengonsumsi satu gelas air jeruk lemon setiap hari dapat membantu mencegah dan meredakan sembelit. Lemon mampu membantu kinerja organ hati dan meningkatkan gerakan peristaltik, sehingga merangsang usus untuk menghilangkan sisa pencernaan dari tubuh secara lebih efektif.

Editors' Picks

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels/Lisa Fotios

Air jeruk lemon membantu mencegah infeksi umum seperti pilek dan demam. Ini karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon mampu membantu meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh Mama, serta efektif memerangi bakteri dan virus.

6. Menjaga kesehatan tulang janin

6. Menjaga kesehatan tulang janin
Pexels/Lukas

Air jeruk lemon menjadi salah satu sumber magnesium dan kalsium, yang berperan meningkatkan kesehatan dan perkembangan tulang. Baik tulang Mama, maupun tulang janin. Ya, komponen kalsium dan magnesium dalam jeruk lemon dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral janin. Selain itu, lemon juga mengandung kalium yang membantu menyehatkan sel-sel otak dan saraf janin.

7. Mengobati kaki bengkak

7. Mengobati kaki bengkak
Pexels/Pixabay

Apakah Mama mengalami masalah kaki bengkak selama hamil? Jika ya, jangan lupa manfaatkan jeruk lemon, ya. Meskipun mungkin tidak fatal, masalah kaki bengkak juga bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil. Untuk mengobati kaki bengkak, Mama bisa mengonsumsi satu sendok air jeruk lemon dengan air hangat.

8. Memastikan kestabilan hidrasi tubuh

8. Memastikan kestabilan hidrasi tubuh
Pexels/Lukas

Salah satu manfaat ekstra konsumsi air jeruk lemon saat hamil adalah membantu tubuh Mama tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk mencegah komplikasi kehamilan seperti mual, sakit kepala, edema, kram, dan pusing.

9. Menjadi sumber antioksidan alami

9. Menjadi sumber antioksidan alami
Pexels/ Daria Shevtsova

Lemon dipercaya sebagai antioksidan alami bagi kesehatan, seperti disebutkan dalam buku Super Drinks For Pregnancy yang ditulis oleh Fiona Wilcock. Rutin mengonsumsi air jeruk lemon membantu menghilangkan racun dari tubuh dan melindungi Mama dari infeksi selama kehamilan.

10. Membantu melancarkan proses persalinan

10. Membantu melancarkan proses persalinan
Pexels/Rawpixel.com

Menjelang waktunya persalinan, cobalah untuk meminum air jeruk lemon dengan madu. Minuman ini akan membantu membuat tubuh Mama lebih fit. Namun selain itu, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan bergizi terutama jelang persalinan ya, Ma.

Demikian informasi tentang manfaat air jeruk lemon bagi ibu hamil. Apakah Mama rutin minum air jeruk lemon juga selama hamil?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk