5 Tips Aman Memilih Sunblock bagi Ibu Hamil

Gunakan secara rutin agar kulit tetap sehat saat hamil

9 September 2018

5 Tips Aman Memilih Sunblock bagi Ibu Hamil
Pixabay/Egor105

Saat bepergian di siang hari keluar rumah, ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan sunblock atau tabir surya. Ini supaya kesehatan kulit Mama tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dari Klinik C(E)K Kulit dan Kelamin, Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK. Menurut dr Eddy, pemakaian sunblock penting guna mencegah timbulnya flek.

Joanne Stone, MD dari The Mount Sinai Hospital, New York City, menuturkan hal serupa. Bagi ibu hamil, perubahan hormonal dan pigmentasi membuat kulit menjadi rentan mengalami perubahan warna.

Nah, bagaimana ya cara memilih sunblock yang aman untuk ibu hamil? Berikut informasi lengkapnya untuk Mama:

1. Pilih kandungan SPF yang sesuai

1. Pilih kandungan SPF sesuai
Freepik/Freepic.diller

Sunblock memiliki kandungan Sun Protector Factor (SPF) yang berbeda-beda. Tiap angkanya memiliki ketahanan masing-masing terhadap sinar matahari.

Misalnya pada SPF 15, Skin Cancer Foundation menyebutkan ia memiliki kemampuan menahan 93 persen sengatan sinar UVB. Sementara SPF 30 mampu menahan 97 persen sengatan sinar UVB dan SPF 50 menahan 98 persen sinar UVB.

Untuk Mama yang ingin melakukan aktivitas di luar ruangan, SPF 30 dianggap sudah cukup. Gunakan secukupnya dua jam sekali, atau lebih jika Mama menggunakannya untuk berenang.

Stone menyebutkan dibandingkan ukuran SPF-nya, yang tak kalah penting adalah pemakaian ulang sunblock agar kemampuannya menahan sinar UVB tak menghilang, Ma.

Editors' Picks

2. Cek tanggal kedaluwarsa

2. Cek tanggal kedaluwarsa
Pixabay/Kaboompics

Salah satu hal yang tak kalah penting bagi ibu hamil saat memilih sunblock adalah perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Bukan cuma makanan yang memiliki tanggal kedaluwarsa, produk kosmetik juga memiliki daya tahan sendiri.

Sayangnya, tak sedikit orang yang justru mengabaikan tanggal kedaluwarsa saat membeli produk kosmetik. Padahal produk yang sudah kedaluwarsa bisa membahayakan kulit, lho, Ma.

3. Perhatikan kandungan bahan kimia

3. Perhatikan kandungan bahan kimia
Pexels/Moose Photos

Saat memilih sunblock, pastikan Mama mengecek komposisinya juga, ya. Pilihlah sunblock yang tidak mengandung oxybenzone.

Bahan kimia ini diketahui mudah menyerap ke kulit, dan sering dikaitkan dengan risiko berat lahir rendah pada bayi.

Bayi dengan berat lahir yang rendah memiliki faktor risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya.

Selain itu, bahan kimia ini juga dikenal dapat mengganggu hormon tubuh, sehingga memicu masalah perkembangan pada bayi yang belum lahir.

4. Pilih yang bebas minyak

4. Pilih bebas minyak
Freepik/Yanalya

Perubahan kadar hormon secara alami dalam tubuh membuat kulit ibu hamil seringkali menjadi lebih berminyak. Nah, penggunaan sunblock yang mengandung minyak pun dapat membuat Mama berisiko jadi jerawatan.

Penggunaan sunblock bebas minyak pun dianjurkan Stone karena akan membantu mengurangi terjadinya penyumbatan di pori-pori kulit.

Jadi, apabila Mama ingin secara teratur menggunakan sunblock saat hamil, pastikan Mama memilih yang kandungannya bebas minyak alias oil-free, ya!

5. Sesuaikan tekstur

5. Sesuaikan tekstur
Pixabay/Chezbeate

Demi kesehatan Mama dan si Kecil dalam kandungan, Mama dianjurkan untuk mencoba tekstur sunblock di kulit sebelum membelinya. Rasakan apakah sunblock tersebut mudah diserap kulit atau tidak.

Apabila teksturnya berminyak dan lengket, sebaiknya jangan dibeli ya, Ma. Ini berarti kulit Mama tidak cocok dengan tekstur sunblock tersebut. Nanti penggunaannya pun tidak akan jadi maksimal.

Agar lebih efektif dan mudah diserap kulit, Mama bisa memilih sunblock yang semi-matte.

Apabila kulit Mama tipe berminyak, Mama juga bisa mencoba memilih sunblock dengan tekstur gel. Tekstur ini lebih ringan dan bisa bekerja dengan baik pada kulit berminyak Mama.

Namun jika kulit Mama kering, usahakan untuk tidak memilih sunblock dengan bentuk semprot atau spray, ya. Sunblock dengan tekstur semprot umumnya mengandung alkohol, sehingga justru bisa membuat kulit Mama semakin kering.

Apapun sunblock yang Mama pilih, pastikan aman dan cocok dengan kulit Mama. Gunakan sesuai kebutuhan agar kulit Mama senantiasa sehat, ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.