7 Gejala Kehamilan Paling Memalukan

Gejala kehamilan di tiap orang berbeda-beda, kadang menunjukkan gejala agak memalukan

23 Oktober 2019

7 Gejala Kehamilan Paling Memalukan
Pixabay/Profile

Ma, kehamian mengubah hidup dan juga tubuh Mama. Perut akan semakin besar dan hari-hari akan terasa lebih lelah dari biasanya. Biasanya beberapa perubahan fisik juga terjadi berbeda-beda setiap orang.

Obgyn Michele M. Hakakha, MD, penulis buku Expecting 411: Clear Answers & Smart Advice for Your Pregnancy, mengatakan bahwa banyak hal yang terjadi pada Ibu hamil seperti tumbuh rambut di perut, sering sendawa, sembelit, keputihan, dan wasir. Dan kebanyakan wanita enggan untuk membicarakannya karena agak memalukan.

Meskipun begitu, Mama jangan malu untuk membicarakannya ke dokter kandungan Mama, ya.

Dokter kamu butuh tahu apa yang terjadi pada kehamilan mama dan memberi tahu apakah itu hal yang wajar atau tidak.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum 7 gejala kehamilan yang paling memalukan.

1. Sering kentut

1. Sering kentut
Pixabay/Grayerbaby

Ibu hamil biasanya sering kentut karena kehamilan membawa lonjakan hormon yang dapat memperlambat saluran pencernaan. Kadang mengeluarkan gas bisa dikontrol, tapi jika berlebihan akan susah dikontrol.

Mama bisa berolahraga untuk mempercepat proses metabolisme dan mengurangi gas dalam tubuh.

Pastikan olahraga juga melatih area punggung, panggul, perut dan kedua kaki agar metabolisme benar-benar terjadi dengan baik.

2. Inkontinensia

2. Inkontinensia
Pixabay/ConexaoCabeca

Pernah dengar saat Ibu hamil bersin lalu secara tidak sengaja mengosongkan kandung kemih mereka? Pastinya hal ini sangat memalukan apalagi saat di depan umum.

Oleh karena itu, dokter sering menyarankan untuk menggunakan panty liner saat Mama hamil untuk menghindari hal-hal seperti ini terjadi.

3. Tumbuhnya rambut di wajah

3. Tumbuh rambut wajah
pixabay/Boris Gonzalez

Hamil artinya perubahan hormon. Hormon juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut di tempat yang tidak diinginkan, seperti wajah. Bahkan, ada Ibu hamil yang mengalami pertumbuhan rambut di tempat yang tidak biasa, seperti di perut.

Baca juga: Ini Kata Dokter Tentang Mewarnai Rambut Saat Hamil!

Editors' Picks

4. Bau badan

4. Bau badan
pixabay/ sohyun park

Beberapa Ibu hamil mengeluarkan beberapa hormon yang berlebih. Seperti hormon yang memproduksi bau. Bahkan bau tersebut muncul di vagina atau ketiak.

Hubungi dokter kandungan kamu untuk mengetahui cara mengusirnya. Karena biasanya ia membawa bakteri atau jamur yang tidak baik untuk tubuh.

Baca juga:

5. Wasir

5. Wasir
Freepik/Dragana-gordic

Konstipasi atau gangguan pencernaan sering terjadi pada Ibu hamil. Tidak jarang juga dengan wasir. Kamu bisa mengatasinya dengan minum air yang banyak, makan serat tambahan dan protein yang baik.

6. Jerawat

6. Jerawat
Freepik/Nestea06
joker with card

Jerawat adalah wabah yang tak sedap dipandang mata dan umum terjadi pada Ibu hamil, apalagi trisemester ketiga karena hormon tambahan mulai mengalir pada tubuh kamu.

Kamu boleh menggunakan obat jerawat asal konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar kandungannya aman.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

7. Masalah keintiman

7. Masalah keintiman
Freepik

Pada saat hamil fisik Mama semakin bertambah besar, kadang Mama merasa tidak menarik lagi. Jangan biarkan hal itu mengarah pada masalah komunikasi dan keintiman ya, Ma.

Pembengkakan vulva dan keputihan berlebih juga membuat Mama tidak percaya diri untuk berhubungan, padahal itu adalah hal yang wajar.

Bicarakan pada Papa agar Papa mengerti masalah Mama ya.

Itu dia tadi gejala kehamilan yang agak memalukan. Kadang bisa disiasati dengan berbagai cara, tapi juga kadang kebablasan. Nah, apakah Mama pernah mengalami salah satunya, atau punya pengalaman tersendiri?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!