Dapat Mengurangi Depresi, Ketahui Manfaat Ikan Bawal untuk Ibu Hamil

Yuk Ma lihat manfaat apa saja yang ada di ikan bawal

9 Juni 2021

Dapat Mengurangi Depresi, Ketahui Manfaat Ikan Bawal Ibu Hamil
Pexels/Saveurs Secretes

Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan. Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Namun, tidak sedikit juga ibu hamil yang ragu untuk mengonsumsi ikan karena takut membahayakan kesehatan si Bayi. 

Ikan bawal merupakan salah satu ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena memberikan banyak manfaat dan pastinya kaya akan nutrisi. Ikan bawal memiliki nilai gizi tinggi yang memiliki efek positif pada kesehatan janin dan ibu hamil.

Apa saja manfaat ikan bawal untuk ibu hamil? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Yuk, disimak Ma!

1. Terdapat asam lemak omega-3

1. Terdapat asam lemak omega-3
Freepik/Bulygin

Hampir semua ikan mengandung asam lemak omega-3 yaitu DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid), termasuk ikan bawal ini. 

Kandungan tersebut membantu mengurangi tingkat kolesterol dan risiko serangan jantung serta membantu membuat memori lebih kuat. 

Selama kehamilan mengkonsumsi ikan bawal dianggap baik untuk kesehatan janin, namun tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar ya, Ma.

Editors' Picks

2. Mengurangi nyeri sendi

2. Mengurangi nyeri sendi
Freepik/yanalya

Membawa si Bayi di dalam perut pasti membuat badan terasa sangat pegal dan nyeri. Apalagi jika harus sambil mengerjakan pekerjaan rumah sehingga membuat ibu hamil menjadi harus selalu bergerak.

Ikan bawal ini dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Selain itu kandungan kalsium dan vitamin D di dalam ikan bawal dapat membantu tulang menjadi lebih kuat.

3. Mengurangi depresi

3. Mengurangi depresi
Freepik/Luis-molinero

Salah satu tantangan ibu hamil adalah tidak boleh stres ataupun sampai depresi. Hal tersebut harus dicegah karena akan berdampak pada janin yang ada di dalam kandungan. Ketika stres, tubuh ibu hamil akan mengeluarkan hormon katekolamin yaitu sekelompok hormon yang menjalar ke aliran darah sebagai bentuk respon stres emosional atau fisik. 

Untuk mengatasi atau mengurangi depresi saat hamil, ikan bawal bisa menjadi cara yang efektif. Penyebab depresi bisa karena rendahnya asupan asam lemak omega-3. Nah, dengan mengonsumsi ikan bawal asupan asam lemak omega-3 tersebut dapat terpenuhi.

4. Asupan asam lemak esensial untuk otak janin

4. Asupan asam lemak esensial otak janin
Pexabay/PublicDomainPictures

Asam lemak esensial merupakan bagian dari PUFA (Polyunsaturated Fatty Acid) yang terdiri dari asam linoleat dan asam alfa linolenat. Kedua zat gizi tersebut yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk pembentukan jaringan tubuh janin, khususnya pada otak dan mata.

Asam lemak esensial tidak dapat dibentuk secara alami di dalam tubuh, namun harus dipenuhi langsung dari asupan makanan. Ikan bawal menjadi pilihan untuk mendapatkan asupan asam lemak esensial tersebut. 

5. Mengurangsi risiko gangguan autoimun

5. Mengurangsi risiko gangguan autoimun
Pexels/AminaFIlkins

Gangguan autoimun juga dapat menyerang ibu hamil. Banyak dampak yang diberikan pada janin jika menderita penyakit autoimun, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, dan yang paling parah adalah keguguran. 

Untuk mengurangi risiko gangguan tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi ikan bawal. Karena ikan bawal mengandung asam lemak omega-3. 

Nah itu dia manfaat ikan bawal untuk ibu hamil. Banyak sekali ya, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu jaga kesehatan diri sendiri serta janin di dalam kandungan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.