Ini Dia Manfaat Ikan Sarden untuk Ibu Hamil, Mencegah Penyakit Jantung

Meski kecil, ikan sarden mempunyai manfaat yang besar

16 Juni 2021

Ini Dia Manfaat Ikan Sarden Ibu Hamil, Mencegah Penyakit Jantung
Freepik/racool_studio

Mengonsumsi ikan ketika hamil sangat dianjurkan. Kandungan yang ada di dalam ikan sangat banyak, seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin, kalsium, selenium, zat besi, dan zinc yang baik untuk tubuh ibu hamil serta pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Ada banyak sekali ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah ikan sarden. Ikan sarden memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat banyak serta kandungan merkurinya yang rendah. 

Dilansir dari Heatlhline, ikan sarden ini direkomendasikan untuk ibu hamil karena mengandung kalsium dan nutrisi penting lainnya yaitu asam lemak omega-3, vitamin B12, vitamin D, mineral, dan protein.

Yuk, Ma ketahui apa saja manfaat ikan sarden untuk ibu hamil. Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

1. Sebagai sumber kalsium

1. Sebagai sumber kalsium
Pexels/freestocks.org

Dilansir dari Healthline, ikan sarden adalah sumber kalsium yang sangat baik. Pada dasarnya, ibu hamil dan janin membutuhkan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal ini karena ibu hamil membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulangnya, sedangkan untuk janin berguna pada pertumbuhan tulang dan bakal gigi pada janin. 

Editors' Picks

2. Menjaga daya tahan tubuh

2. Menjaga daya tahan tubuh
Freepik/wayhomestudio

Kandungan vitamin D yang ada di dalam ikan sarden mampu membantu menjaga daya tahan ibu hamil. Selain itu, vitamin D juga membantu meningkatkan sistem imun dan menjaga fungsi kerja otot pada janin.

Daya tahan tubuh yang bagus akan menjauhkan Mama dari berbagai infeksi virus dan bakteri saat hamil. Menjaga kesehatan tubuh mama sama saja dengan menjaga kesehatan tubuh janin.

3. Mendukung kesehatan sistem tiroid

3. Mendukung kesehatan sistem tiroid
Freepik/bearfotos

Selain kalsium dan vitamin D, ikan sarden juga mengandung selenium. Selenium sangat penting untuk ibu hamil karena dapat mendukung kesehatan sistem tiroid. Ibu hamil yang kekurangan zat yodium bisa menderita penyakit gondok dan menyebabkan kelainan hormon.

Mengonsumsi ikan sarden secara rutin adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan sistem tiroid ini. 

4. Mencegah penyakit jantung

4. Mencegah penyakit jantung
Pixabay/Regina Zulauf

Dilansir dari Healthline, asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan sarden membantu mencegah penyakit jantung karena sifat anti-inflamasinya. 

Selain itu, juga dapat mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan membantu melindungi jika pernah mengalami serangan jantung sebelumnya. 

5. Membantu proses tumbuh kembang janin

5. Membantu proses tumbuh kembang janin
Freepik/gpointstudio

Kandungan DHA dan EPA yang ada di dalam ikan sarden dapat membantu proses tumbuh kembang janin. Kandungan DHA dalam ikan sarden dapat mendukung perkembangan mata, otak, dan sistem saraf pusat, sedangkan EPA untuk mendukung jantung, dan sistem kekebalan tubuh janin.

Itu dia kelima manfaat ikan sarden untuk ibu hamil yang harus Mama ketahui. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.