7 Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Mudah Ditemukan

Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih obat

27 Juli 2021

7 Rekomendasi Obat Flu Ibu Hamil Mudah Ditemukan
Pexels/Andrea Piacquadio

Sudah menjaga kesehatan, namun tetap terkena flu, ini adalah keadaan yang sering terjadi pada setiap orang tak terkecuali ibu hamil. Apalagi saat musim pancaroba atau pergantian cuaca dan kondisi badan kurang sehat memungkinkan Mama untuk mudah terkena flu.

Untuk mengatasinya, ibu hamil memang diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua obat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab dapat berpengaruh pada perkembangan janin. 

Berikut ini Popmama.com telah merekomendasikan obat flu untuk ibu hamil yang dapat dijangkau dengan mudah.
 

1. Laserin

1. Laserin
Tokopedia.com

Obat flu Laserin ini merupakan obat herbal yang berbahan dasar dari bahan-bahan alami, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan. 

Obat ini membantu meredakan batuk, masuk angin, muntah, dan melegakan pernapasan. Laserin memiliki rasa yang khas yakni manis dan memberikan sensasi hangat pada tenggorokan. 

Laserin cukup mudah ditemukan di apotek dan untuk harganya sekitar Rp 10.000. 
 

2. Nutrimax C&C

2. Nutrimax C&C
Tokopedia.com

Nutrimax C&C (Cough and Cold) merupakan obat herbal yang mengandung extract alami (Ivy Leaf, Thyme, Licorice Elderberry) berbentuk sirup. Obat ini diperkaya dengan rasa madu, tidak mengandung alkohol dan tidak menyebabkan ngantuk.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, meredakan demam dan pilek, serta meredakan flu. 

Nutrimax C&C Syrup ini juga berfungsi sebagai antivirus, antibakteri alami, dan antiseptik saluran pernapasan yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Dengan harga Rp 120.000 - Rp 200.000 obat ini bisa Mama coba ketika sedang hamil.
 

Editors' Picks

3. Panadol Cold & Flu

3. Panadol Cold & Flu
Tokopedia.com

Berbeda dari yang lain, jika sebelumnya adalah berbentuk sirup obat ini berbentuk tablet berwarna putih yaitu Panadol Cold & Flu. 

Panadol termasuk salah satu obat yang mengandung paracetamol dan berguna untuk membantu meredakan gejala pilek, flu, dan batuk. Selain itu, juga dapat menurunkan panas akibat demam dan membantu melegakan pernapasan akibat flu. 

Hal ini karena adanya kandungan pseudoephedrine dan dextromethorphan yang dapat melegakan hidung tersumbat sekaligus membantu mengencerkan ingus. Sehingga, cairan lendir berlebih yang membuat tidak nyaman dapat segera keluar. 

Seperti yang Mama ketahui, jenis panadol berbeda-beda kegunaannya serta warna kemasan yang menandakan perbedaannya. Maka dari itu Mama perlu teliti ketika membeli. Untuk harganya dijual sekitar Rp 9.000.
 

4. QnC Jelly Gamat

4. QnC Jelly Gamat
Tokopedia.com

Jelly gamat adalah obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan, seperti ekstrak teripang emas serta memiliki berbagai macam manfaat. Salah satunya untuk mengobati flu. 

Tidak hanya flu, namun juga menjaga imunitas tubuh dan aman baik untuk perkembangan janin. Terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk ibu hamil.

Untuk membelinya, harga QnC Jelly Gamat dijual dengan harga sekitar Rp 155.000. 

5. Rhinos SR

5. Rhinos SR
k24klik.com

Obat flu lainnya yang bisa ibu hamil coba adalah Rhinos SR. Obat ini mengandung loratadine dan pseudoephedrine. Kedua kandungan ini berguna untuk mengatasi gejala-gejala rhinitis alergi, seperti pilek, hidung tersubat, bersin-bersin, dan sesak napas. 

Mama bisa mendapatkan obat ini di apotek terdekat dengan harga  Rp 8.000 per kaplet. 
 

6. Siladex Mulcolytic & Expectoran

6. Siladex Mulcolytic & Expectoran
Tokopedia.com

Obat flu untuk ibu hamil jenis sirup selanjutnya adalah Siladex Mulcolytic & Expectoran. Obat flu ini mengandung zat aktif bromhexine. Di mana kandungan ini dapat membantu mengencerkan ingus dan lendir dalam hidung. Sehingga pernapasan akan terasa lebih lega dan flu juga mereda. 

Siladex ini juga mampu meredakan jenis batuk berdahak karena berguna sebagai agen mukolitik dan ekspektoran. Untuk mendapatkan obat ini sangat mudah ditemukan di apotek terdekat rumah mama. Untuk harganya dimulai dari Rp 14.000. 
 

7. Silex 

7. Silex 
Tokopedia.com

Obat flu untuk ibu hamil terakhir yang direkomendasikan adalah Silex. Obat ini termasuk obat flu herbal yang cocok untuk ibu hamil ketika flu disertai dengan batuk-batuk. 

Silex mengandung ekstrak thyme, primulae, althaea, droserae, seroyli, eucalyptus oil, anise oil, menthol oil, dan juga saccharin. Semua kandungan ini membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan. 

Jika Mama ingin membelinya, harga obat ini dijual sekitar Rp 59.000.

Nah itulah tujuh rekomendasi obat flu untuk ibu hamil. Hal yang paling utama adalah jangan lupa sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pastikan Mama juga rajin minum air putih untuk meredakan flu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.