7 Manfaat Makan Ikan Nila untuk Ibu Hamil

Suka makan ikan? Ini manfaat makan nila untuk ibu hamil

11 September 2019

7 Manfaat Makan Ikan Nila Ibu Hamil
Freepik/topntp26

Banyak pro dan kontra makan ikan selama masa kehamilan—semua tentu demi kesehatan sang buah hati. Apa masalahnya sehingga makan ikan untuk ibu hamil menjadi perdebatan? Itu karena tingginya kadar merkuri yang ditemukan pada ikan tertentu.  

Merkuri bisa menyebabkan masalah pada perkembangan bayi dalam kandungan. Namun tidak semua ikan mengandung merkuri. Ikan yang mungkin perlu Mama jauhi seperti tuna, hiu, king mackerel, karena mengandung kadar merkuri tinggi.

Ikan nila menjadi salah satu jenis yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil, di samping salmon, lele, hingga udang. Bahkan ikan nila disebut-sebut kaya manfaat serta protein yang bagus buat nutrisi selama kehamilan.

Kali ini Popmama.com telah merangkum tujuh manfaat makan ikan nila untuk ibu hamil.

1. Rendah Merkuri

1. Rendah Merkuri
Freepik/lifeforstock

Salah satu manfaat kesehatan dari ikan nila adalah memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dibanding ikan lainnya (dalam banyak kasus kurang dari 1ppm). Bahkan ikan nila segar dari Meksiko atau ikan nila beku di Indonesia tidak mengandung merkuri sama sekali. Jadi, Mama tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya karena sangat aman dan kaya nutrisi buat ibu hamil.

2. Kaya Vitamin dan Mineral

2. Kaya Vitamin Mineral
Unsplash/Derick McKinney

Ikan nila kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk keseharan. Vitamin B12, Niacin, Selenium, Phosphorous, dan Magnesium, baik untuk otak serta tubuh. Vitamin tersebut juga membawa nutrisi baik untuk buah hati dalam kandungan.

3. Omega 3 Buat Perkembangan Bayi

3. Omega 3 Buat Perkembangan Bayi
Freepik/jcomp

Omega 3 bagus untuk tubuh dan otak. Tidak hanya untuk Mama tapi juga bayi dalam kandungan. Kandungan omega 3 membantu memperkuat sistem saraf yang penting dalam perkembangan bayi. Ikan nila kaya akan omega 3 yang bagus buat ibu hamil.

Editors' Picks

4. Kaya Protein

4. Kaya Protein
Pixabay/Dana Tentis

Studi menunjukkan kalau menjaga pola makan sehat selama masa kehamilan dengan mengonsumsi asupan yang kaya protein dapat membantu perkembangan bayi secara maksimal serta menjaga tubuh Mama tetap sehat.

Mengonsumsi ikan nila dapat meningkatkan sumber protein karena mengandung 21 gram protein per potongnya.

Tubuh menggunakan protein untuk memperkuat tulang dan otot, memindahkan oksigen ke seluruh tubuh, mencerna makanan, keseimbangan hormon, serta sebagai sumber kalsium.

5. Rendah Kalori

5. Rendah Kalori
Freepik/rawpixel.com

Tidak perlu takut semakin gemuk karena sering makan ikan nila selama hamil. Ikan nila termasuk rendah kalori hanya 90 kalori per potong. Ini bisa membantu meningkatkan nutrisi dan protein tanpa menambahkan asupan kalori yang besar.

6. Daya Tahan Tubuh

6. Daya Tahan Tubuh
Freepik/yanalya

Menjadi ibu hamil tidak jauh dari rasa ‘kelelahan’ karena perkembangan bayi dalam kandungan. Sebagai daya tahan tubuh, ikan nila bisa diandalkan.

Kandungan omega 3 dalam iklan nila membantu meningkatkan kesehatan jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Dilansir dari WebMD, ikan nila bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pertahanan terhadap kuman.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

7. Mengurangi Risiko Diabetes
Freepik

Penambahan jumlah makan dan gula selama hamil bisa meningkatkan risiko diabetes. Dengan mengonsumsi ikan nila, Mama bisa mengurangi risiko diabetes selama masa kehamilan.

Nila tinggi lemak omega-6s, berkat jagung yang menjadi makanannya. Omega 6s merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuhmu sendiri. Lemak ini yang membantu menjaga kolesterol terkendali.

Omega 6s juga mempersiapkan sel-sel otot merespon insulin (hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi). Itu manfaat besar terutama jika Mama sebelumnya menderita diabetes.

Setelah tahu manfaatnya yang kaya nutrisi, tak ada salahnya, Ma, menambahkan ikan nila sebagai alternatif protein sehari-hari selama hamil ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!