7 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Batuk saat Hamil dengan Aman

Cara alami ini aman bagi kehamilan, coba yuk Ma

23 September 2020

7 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Batuk saat Hamil Aman
Freepik/yanalya

Gejala flu seperti batuk dan pilek mungkin dianggap sebagai penyakit sederhana dan memiliki beragam jenis obat yang dapat menyembuhkannya. Tetapi bagaimana jika batuk dan pilek menyerang saat hamil? Apalagi tidak sembarang obat dapat dikonsumsi selama hamil.

Obat batuk untuk ibu hamil tak boleh dikonsumsi begitu saja tanpa resep dokter ya, Ma. Solusi aman untuk mengobati batuk saat tengah hamil adalah dengan menggunakan cara-cara alami.

Berikut ini Popmama.com merangkum tujuh obat batuk untuk ibu hamil alami atau herbal yang bisa Mama coba di rumah:

1. Bawang putih

1. Bawang putih
Freepik/evening_tao

Bawang putih merupakan salah satu senjata untuk melawan infeksi selama kehamilan. Dalam sebuah studi menyatakan, menambahkan konsumsi bawang putih dalam menu sehari-hari dapat mengurangi risiko terkena gejala batuk dan pilek hingga lebih dari 60 persen. Jika sudah terserang penyakit, bawang putih mampu membantu mempercepat penyembuhannya.

Selama hamil, Mama bisa mengonsumsi satu siung bawang putih mentah atau campurkan bawang putih pada makanan yang dikonsumsi. Jika mengalami gejala pilek yang sudah parah, Mama bisa tambahkan konsumsi bawang putih dengan cengkeh dan madu.

2. Madu

2. Madu
Freepik/welcomia

Madu bersifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik yang dapat melawan infeksi. Konsumsi madu dengan takaran satu sendok teh, sebanyak tiga kali dalam sehari untuk mengatasi batuk saat hamil.

3. Bawang merah

3. Bawang merah
Freepik/whatwolf

Bawang merah mengandung fitokimia yang membantu menjaga saluran pernapasan tetap terbuka. Campurkan bawang merah dalam menu masakan yang dibuat di rumah.

Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang juga ampuh untuk mengatasi batuk saat hamil.

Editors' Picks

4. Lemon

4. Lemon
Freepik/dashu83

Lemon juga merupakan bahan antibakteri bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sepanjang hari.

Mama bisa menambahkan perasan buah lemon dalam olahan jus atau meminum campuran air lemon. Caranya, campur air putih dengan perasan lemon, kemudian berikan 1 sendok makan madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata, dan minum.

Namun bagi Mama yang memiliki penyakit asam lambung perlu berhati-hati dalam mengonsumsi perasan lemon. Jangan terlalu banyak, ya, dan pastikan Mama mengonsumsinya setelah makan.

5. Makanan tinggi protein

5. Makanan tinggi protein
Freepik

Konsumsi ikan laut setidaknya dua kali dalam seminggu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan merupakan salah satu penguat sistem kekebalan dalam tubuh manusia. Asam lemak ini juga dapat mengurangi proses terjadinya infeksi dan meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri jahat.

Perbanyak konsumsi sumber protein yang dapat ditemukan pada telur, ayam, dan ikan. Jangan lupa makanlah sayuran setiap hari yang kaya akan kandungan vitamin D.

6. Minum lebih banyak air putih

6. Minum lebih banyak air putih
Freepik/yanalya

Air akan menghidrasi tubuh dan membersihkan racun. Disarankan dalam kondisi fisik apa pun, pastikan Mama memenuhi kebutuhan asupan cairan yang dibutuhkan. Hindari minuman kopi atau soda yang mengandung banyak pemanis buatan.

Cairan yang tercukupi juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Mandi air hangat

7. Mandi air hangat
Freepik

Mandi dengan air hangat dapat mengendurkan sekresi pada hidung dan mengurangi batuk berdahak karena suhu yang lembap. Mandi air hangat juga dapat mengobati batuk akibat alergi atau asma.

Keamanan Konsumsi Obat Batuk selama Kehamilan

Keamanan Konsumsi Obat Batuk selama Kehamilan
newkidscenter.com

Para ahli memang merekomendasikan bahan Tylenol untuk mengobati demam atau gejala batuk dan pilek. Namun, belakangan penggunaan Tylenol selama hamil dikaitkan dengan peningkatan risiko ADHD pada anak yang dilahirkan.

Maka, para pakar kesehatan sepakat bahwa penggunaan semua jenis obat batuk harus diminimalisir selama kehamilan, bahkan obat yang dianggap aman sekali pun. Pengobatan alami merupakan cara utama yang bisa dilakukan untuk menangani batuk dan pilek selama hamil.

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh selama Hamil

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh selama Hamil
Freepik/bearfotos

Agar terhindar dari ancaman penyakit seperti batuk dan pilek, Mama perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan berbagai cara sebelum terserang penyakit. Cara-cara tersebut di antaranya adalah:

  • Jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan sebelum makan dan setelah ke luar rumah.
  • Istirahatlah yang cukup. Memiliki waktu tidur yang baik terbukti mampu melawan berbagai risiko penyakit.  
  • Makanlah makanan yang sehat. Perbanyaklah sayuran, buah, protein dan lemak sehat.
  • Batasi takaran gula putih dan pemanis buatan.
  • Kurangi stres saat hamil. Rendahnya kadar hormon stres bisa menstimulasi sistem kekebalan tubuh mama.
  • Lakukan senam kehamilan! Olahraga selama hamil bukan hanya baik bagi tubuh mama, tetapi juga mampu meningkatkan kemampuan otak bayi yang dilahirkan nanti.

Itulah tujuh obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan ampuh. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi bahan yang mengandung zat kimia selama hamil untuk menurunkan risiko kesehatan yang bisa membahayakan bayi. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.