5 Tips Memilih Underwear untuk Ibu Hamil

Pilihlah yang bahannya adem, ya

4 Mei 2019

5 Tips Memilih Underwear Ibu Hamil
Freepik/Bearfotos

Masa kehamilan merupakan masa yang paling menyenangkan bagi sebagian besar perempuan. Di mana ada banyak sekali persiapan yang Mama lakukan.

Mulai dari perlengkapan bayi sampai mempersiapkan kebutuhan Mama selama masa kehamilan seperti celana dalam ibu hamil.

Tentunya memakai celana dalam haruslah senyaman mungkin dengan keadaan perut yang semakin membesar. Berikut ada 5 tips dalam pemilihan underwear bagi ibu hamil yang sudah dirangkum oleh Popmama.com:

1. Beli celana dalam yang bahannya adem

1. Beli celana dalam bahan adem
Pexels/Tofros.com

Bagi sebagian ibu hamil, seuah underwear merupakan fashion item wajib untuk pakaian dalam harian yang harus nyaman saat dipakai. Akan tetapi, saat hamil tidak semua celana dapat digunakan oleh ibu hamil.

Sebab semakin hari perut Mama akan membesar, celana dalam pun dapat menekan perut hingga membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Oleh karenanya Mama harus memilih celana yang tepat dan nyaman.

Material celana dalam adalah hal penting untuk memastikan pakaian dalam yang Mama gunakan benar-benar nyaman dan adem. Pastikan Mama memiliki underwear yang bersifat lentur dan menyerap keringat dengan baik agar tidak kegerahan seperti berbahan katun.

2. Motif dan warna

2. Motif warna
Freepik/phduet

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka Mama akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Tentunya memilih pakaian dalam tidak bisa disamakan dengan baju pakaian biasa.

Memakai celana dalam perlu menyesuaikan usia kehamilan agar tidak mengganggu janin yang ada dalam kandungan Mama.

Jangan biarkan Mama merasa bahwa kehamilan menjadi penghambat untuk tampil modis meski hanya sebuah underwear. Sesuaikanlah dengan selera Mama kala memilih celana dalam di masa kehamilan. Mama bisa memilih celana dengan motif serta warna yang sesuai dengan apa yang Mama sukai, hal ini bertujuan guna memberi suasana nyaman sepanjang harinya.

Editors' Picks

3. Pertimbangkan usia kandungan

3. Pertimbangkan usia kandungan
Freepik/Yanalya

Ketika Mama akan memilih celana dalam selama kehamilan, maka sebaiknya harus memerhatikan usia kehamilan sebelum menjatuhkan pilihan.

Ada baiknya Mama bisa mengganti ukuran celana dalam di setiap pergantian trimester, hal ini dikarenakan ukuran perut Mama yang semakin berubah.

Nah, Mama dapat memilih celana dalam untuk kandungan di trimester kedua yang kondisi perut Mama yang mulai membesar. Begitu juga memasuki trimester ketiga, ibu hamil perlu membeli celana hamil kembali.

4. Pilih tipe celana dalam yang sesuai kenyamanan

4. Pilih tipe celana dalam sesuai kenyamanan
Freepik

Tahukah Ma? Bahwa ada dua jenis celana hamil, yaitu celana high waist dan hipster. 

Untuk tipe high waist sangat nyaman dipakai, karena menyangga seluruh perut maupun sebagian punggung ibu hamil. Kelebihan dari celana dalam ini tidak akan menekan perut saat Mama duduk dan mampu menjaga perut ibu hamil tetap hangat.

Sementara celana dalam hipster sangat cocok dikenakan untuk semua fase kehamilan, terutama pada usia kehamilan di trimester ketiga hingga pemulihan pasca persalinan. Karet pinggang celananya tidak akan menyakitkan bagian perut Mama.

Tapi ada baiknya sebelum memilih, maka cobalah membeli kedua celana ini untuk menentukan mana yang lebih nyaman Mama gunakan. 

5. Ukuran

5. Ukuran
Freepik/Yanalya

Saat hamil, bayi dalam kandungan terus tumbuh dan berkembang akan memberikan perubahan fisik yang signifikan pada Mama. Khususnya bagian perut, bokong dan paha.

Jadi jangan salah dalam memilih celana hamil. 

Ukuran celana dalam merupakan salah satu hal utama yang penting untuk Mama perhatikan ketika memilihnya. Sebaiknya membeli celana dalam ibu hamil yang ukurannya lebih lebar, yakni dengan ukuran satu nomor di atas agar tetap ada ruang untuk bernafas bagi kandungan.

Hal terpenting, sebaiknya memilih celana dalam haruslah senyaman mungkin saat dikenakan selama masa kehamilan dan belilah underwear yang bahannya lebih lembut.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;