Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Otak Janin

Yuk Ma simak manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan ibu hamil

13 April 2021

Manfaat Vitamin B Kompleks Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Otak Janin
Pexels/cottonbro

Untuk ibu hamil menyeimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat perlu, agar kesehatan mama dan si Kecil dapat terlindungi.

Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah vitamin B kompleks, terutama vitamin B6, B9 dan B12. Vitamin B kompleks merupakan sebutan untuk delapan jenis vitamin B. Kedelapan jenis vitamin B ini memiliki manfaat yang berbeda-beda, Ma.

Berikut Popmama.com berikan informasi terkait manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil.

1. Vitamin B1 untuk perkembangan otak bayi

1. Vitamin B1 perkembangan otak bayi
Pexels/suzy-hazelwood

Vitamin B1 atau tiamin, dibutuhkan ibu hamil karena berfungsi untuk membantu mengubah kabohidrat menjadi energi. Timain juga membantu dalam perkembangan otak, sistem saraf, otot, serta jantung janin.

Sumber vitamin B1 alami terdapat pada ragi dan beras merah.

Editors' Picks

2. Vitamin B2 dan vitamin B3

2. Vitamin B2 vitamin B3
Pexels/cats-coming

Vitamin B2 atau ribloflavin memiliki fungsi untuk memproduksi energi, juga meningkatkan kesehatan mata dan kulit mama selama kehamilan. Selain itu, vitamin B2 juga dapat menghambat penuaan, Ma.

Ibu hamil diharuskan mengonsumsi ribloflavin sebanyak 1,4 mg per hari. Beberapa sumber vitamin B2 yang umum adalah kalkun, ayam. ikan, sayuran hijau, produk susu dan telur.

Vitamin B kompleks lainnya yaitu vitamin B3 atau niacit yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme nutrisi dan pencernaan, Ma.

Selain itu vitamin B3 berfungsi untuk menyehatkan kulit, saraf, dan saluran pencernaan selama masa kehamilan.

Vitamin B3 sebaiknya dikonsumsi sebanyak 18 miligram per hari selama kehamilan. Vitamin ini ditemukan pada makanan yang tinggi protein, sereal, roti, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu. 

3. Vitamin B6 berperan untuk otak dan saraf bayi

3. Vitamin B6 berperan otak saraf bayi
Pexels/ella-olsson

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu juga akan membantu Mama mengurangi morning sickness. Vitamin B6 berperan penting pada pembentukan otak janin dan meningkatkan metabolisme.

Vitamin ini bisa diperoleh melalui beras merah, ikan, ayam, wortel, bayam, bawang putih, ubi, kol, brokoli, pisang, dan melon. 

4. Vitamin B9 asam folat yang penting untuk bayi

4. Vitamin B9 asam folat penting bayi
Pexels/daria-shevtsova

Vitamin B9 atau folat menghasilkan bentuk sintesis yaitu asam folat yang berguna untuk membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, Ma.

Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram (mcg) setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung vitamin B9 diantaranya jeruk bali, jeruk, brokoli dan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan asparagus.

5. Vitamin B12 menjaga sistem saraf ibu hamil

5. Vitamin B12 menjaga sistem saraf ibu hamil
Pexels/valeria-boltneva

Vitamin B12 penting dikonsumsi untuk mencegah kelainan pada sumsum tulang belakang bayi, Ma.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2,6 mcg vitamin B12 per hari. Ikan, unggas, dan susu merupakan salah satu sumber Vitamin B12 yang baik.

Itulah informasi mengenai manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil. Mama bisa mendapatkannya dari konsumsi makanan dan tambahan suplemen. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.