3 Kemungkinan Penyebab Kelelahan Mama di Trimester Kedua Kehamilan

Bisa jadi karena Mama kurang olahraga juga

5 Agustus 2021

3 Kemungkinan Penyebab Kelelahan Mama Trimester Kedua Kehamilan
Freepik/dragana-gordic

Mama mungkin bertanya-tanya, kenapa kok kelelahan berlebih yang dirasakan pada trimester pertama kehamilan, masih juga terasa meski sudah memasuki trimester kedua? Memang setiap ibu hamil akan mengalami gejala dan waktu yang berbeda dalam setiap fasenya.

Rasa lelah yang berlebih bisa jadi Mama rasakan sejak awal kehamilan, bahkan hingga memasuki bulan ketiga. Namun lain halnya dengan ibu hamil di sekitar mama, yang sudah tidak mengalami kelelahan ketika memasuki minggu ke-11.

Lantas, apa sih penyebab kelelahan di trimester kedua kehamilan ini? Berikut Popmama.com merangkum beberapa faktor yang mungkin bisa jadi pertimbangan mama.

Editors' Picks

1. Apakah asupan makanan mama cukup?

1. Apakah asupan makanan mama cukup
Pexels/ponyo-sakana

Ketika bayi di dalam kandungan semakin mebesar, dia pun ikut merasa lapar dan butuh asupan makanan dari Mama. Karenanya, perlu untuk menambah takaran makan dengan perhitungan yang tepat. Mama bisa mencoba solusi diet khusus, tentunya dengan konsultasi dokter gizi.

Untuk menambah asupan makanan, Mama bisa mengonsumsi makanan kecil dan camilan sehat, yang dapat menjaga kadar gula darah dan tingkat energi mama tetap tinggi. Perlu diingat untuk tidak mengonsumsi gula dan kafein yang hanya bisa bikin Mama bangun sebentar, dan segera mengantuk lagi setelahnya.

Mama juga perlu konsumsi makanan dengan protein, zat besi, dan biji-bijian. Mama bisa mencoba olahan daging merah, unggas, makanan laut, sayuran hijau, sereal gandum utuh yang kaya zat besi, serta kacang-kacangan. Bahan bakar energi yang cukup dari makanan ini tidak akan membuat Mama kelelahan lagi.

2. Apakah tidur mama sudah cukup?

2. Apakah tidur mama sudah cukup
Pexels/Andrea Piacquadio

Ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup, tidak kurang, tapi tidak juga berlebihan. Pada umumnya, para Mama membutuhkan setidakknya tujuh jam untuk menutup mata tiap malam. Pastikan apakah Mama sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup, karena ini juga salah satu faktor penyebab kelelahan saat hamil.

Cukupnya istirahat ini, selain untuk menghindari kelelahan, juga untuk menjaga perasaan Mama jadi lebih baik di hari berikutnya. Hindari istirahat berlebihan, karena terlalu banyak tidur juga bisa bikin badan jadi lelah.

Jangan merasa bersalah jika mengmabil waktu istirahat yang lebih banyak daripada sebelum hamil. Mama juga sedang membawa manusia lain di dalam perut, yang juga butuh waktu tenang.

3. Cukupkah olahraga yang Mama lakukan?

3. Cukupkah olahraga Mama lakukan
Pexels/Ketut Subiyanto

Kelelahan biasanya juga bisa terjadi karena kurang gerak atau olahraga. Maka Mama juga perlu memperhatikan apakah olahraga yang dilakukan sudah cukup setiap harinya.

Konsultasikan dulu dengan dokter, olahraga seperti apa yang bisa Mama lakukan dalam kondisi kehamilan Mama. Selama dokter memberi lampu hijau, Mama bisa melakukan olahraga secara tertur agar badan jadi lebih segar.

Olahraga bukan harus selalu berada di gym selama satu jam. Mama bisa melakukan olahraga hanya dengan berjalan cepat di sekitar rumah agar lebih mudah pulang jika merasa sudah kelelahan atau butuh istirahat.

Nah, itu tadi tiga faktor penyebab kelelahan Mama di semester kedua kehamilan. Coba Mama cek, apakah ada salah satunya yang Mama relate dengan kondisi Mama saat ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.