Tetap Stylish dan Tampil Menarik, Ini 10 Tips Fashion untuk Ibu Hamil

Lagi hamil bukan berarti Mama nggak bisa tampil menarik lho!

25 November 2020

Tetap Stylish Tampil Menarik, Ini 10 Tips Fashion Ibu Hamil
Pexels

Meski sedang hamil, tak ada salahnya Mama masih tetap memerhatikan penampilan lewat cara berpakaian. Siapa bilang Mama yang lagi hamil nggak bisa tampil stylish dan hanya cocok pakai daster saja? 

Bersama Popmama.com, yuk kita intip 10 tips fashion untuk ibu hamil, dilansir dari Savoir Flair:

1. Pakai blazer

1. Pakai blazer
Instagram.com/meiraniap

Untuk hari-hari di mana Mama ingin merasa nyaman, tapi otak mama merasa sebaliknya, blazer yang tepat dapat mengubah jeans dan t-shirt favorit mama, dari penampilan seperti bangun tidur menjadi Mama yang siap tampil keluar rumah.

Tips-nya, pakailah blazer atau jaket yang terbuka, untuk kenyamanan yang lebih maksimal. Atau mama bisa memilih oversized blazer yang juga keren saat dipadukan dengan jeans dan t-shirt.

2. Pilih dress yang lebih nyaman

2. Pilih dress lebih nyaman
Pexels/Daria Shevtsova

Slipdress sederhana adalah pilihan tepat saat Mama perlu pakaian untuk acara formal dan berdandan. Bahannya yang ringan, longgar, dan panjang, dengan jenis kain mewah seperti satin atau beludru akan memberikan kesan elegan pada penampilan mama.

Atau jika Mama ingin bepergian di siang hari, dress ini bisa dipadukan dengan kaos putih di dalamnya, atau dengan menambahkan cardigan di luar. Dijamin Mama masih terlihat cantik meski tampil casual.

3. Pakai baju oversized

3. Pakai baju oversized
Pexels/Elliot Ogbeiwi
Baju oversized memang selalu nyaman dipakai.

Mama bisa pakai baju-baju yang istilahnya 'borrowed from the boys' sepanjang masa kehamilan ini. Kaus kaki yang tampak kebesaran, sweater kasmir, atau t-shirt oversized milik Papa dengan kualitas kain yang bagus adalah cara terbaik untuk menghindari belanja baju berlebihan.

Pakaian oversized akan menambah rasa nyaman dan Mama akan menyukaiya untuk dipakai di hari-hari santai. Bahkan saking nyamannya, kadang akhirnya Mama keterusan pakai baju-baju longgar ini hingga setelah melahirkan, di waktu-waktu yang sibuk dengan si kecil.

4. Tambahkan ikat pinggang

4. Tambahkan ikat pinggang
Pexels/Tugay Aydin
Memadukan dress dengan ikat pinggang untuk membuat bentuk tubuh lebih terlihat.

Cara paling tepat untuk memberikan bentuk badan dari baju yang dipakai Mama, terutama di trimester ketiga, bisa dengan memilih gaun atau atasan empire line. Model tersebut bisa memberikan definisi tubuh dari bawah payudara, dan memungkinkan bagian bawah baju menutupi perut dengan longgar.

Wrap dresses juga cocok untuk memberikan bentuk pada tubuh mama yang sedang hamil. Beri ikat pinggang dengan posisi lebih tinggi, di atas perut, dan pastikan untuk memilih panjang gaun yang sesuai dengan perut mama yang sedang tumbuh.

Editors' Picks

5. Pakai bodycon dengan percaya diri

5. Pakai bodycon percaya diri
Unsplash/Camila Cordeiro

Baju berbahan rajut dengan aksen garis, jersey, dan viscose bisa jadi outfit yang kece untuk Mama. Kenakan dengan penuh percaya diri, jangan merasa bahwa baju mama terlalu ketat. Jika Mama merasa bahwa itu terlalu terbuka, coba lapisi dengan blazer seperti di poin pertama tadi.

6. Coats bisa jadi outfit terbaik

6. Coats bisa jadi outfit terbaik
Freepik

Mama mungkin tidak ingin menghabiskan uang untuk membeli celana jeans elastis atau pakaian dalam yang tidak akan dipakai dalam waktu sembilan bulan sepanjang masa kehamilan. Tapi mantel baru boleh dipertimbangkan! Menambahkan coat di atas pakaian dengan potongan sederhana bisa bikin Mama lebih percaya diri.

7. Pakai baju dengan motif ceria

7. Pakai baju motif ceria
Pexels
Printed dress bermotif bunga dengan warna cerah selalu bikin segar.

Memilih baju saat hamil tidak berarti harus kehilangan selera mama sehari-hari. Jika Mama adalah tipe penyuka warna cerah dan motif yang ceria, tetap pilihlah pakaian seperti yang Mama suka itu. 

Baju dengan corak ceria di seluruh bagian kain jadi pilihan kece jika Mama ingin menambahkan kesan siluet yang sangat sederhana. Coba padukan dengan sepatu kets untuk hasil yang lebih maksimal.

8. Mainkan layer

8. Mainkan layer
Unsplash/laprometida

Di trimester kedua, perut mama baru mulai akan terlihat bentuk kehamilannya. Terkadang malah masih banyak yang ragu, apakah Mama sedang hamil atau hanya sekadar terlalu banyak makan hari ini. Di masa ini, Mama bisa mencoba proporsi baru dalam berpakaian.

Coba kenakan rok atau celana longgar yang lebih tinggi dari biasanya. Padukan dengan siluet berdetail lucu di bagian atas, seperti ruffles atau garis leher yang menarik. Tumpuk dua jenis pakaian ini dengan posisi bagian bawah ada di luar.

9. Pilih shift dress siluet untuk bepergian

9. Pilih shift dress siluet bepergian
Unsplash/JoaoVictorFonseca

Jika Mama punya tubuh kecil meski sedang hamil, maka shift dress adalah penyelamat untuk dikenakan bepergian di sore hari. Model ini akan menutup baby bump dengan baik. Dan meskipun mini, tetap akan tampak seksi tanpa merasa terlalu terbuka.

10. Nyamankan diri

10. Nyamankan diri
Freepik

Legging, hoodies, dan kaos papa bisa jadi pilihan outfit sehari-hari. Pakaian ini seolah menjadi pakaian wajib sepanjang proses kehamilan mama nanti. Dan yang terpenting, beri waktu istirahat tubuh dan diri mama dari kebingungan mencari baju yang tepat.

Nah, dari tips fashion untuk ibu hamil ini, cobalah beberapa atau bahkan semuanya, and thank us later. Selamat bersenang-senang, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.