Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Tuna?

Ini dia manfaat ikan tuna bagi ibu hamil

16 Februari 2020

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Tuna
Freepik/topntp26

Tuna adalah salah satu pilihan ikan yang sering ada di western food termasuk jadi topping pizza. Sering kali tuna disajikan hanya melalui cara pengolahan steam saja, alhasil warnanya tetap pucat.

Namun, para pecinta tuna yang sedang hamil pasti jadi galau karena memikirkan tentang apakah boleh atau tidak makan ikan tuna untuk memuaskan keinginan mereka ini.

Siapa nih yang suka banget makan tuna?

Tuna selalu menarik baik dengan olahan benar-benar matang atau pun tidak, apakah ini dapat membahayakan kesehatan ibu hamil atau janin?

Kalau saat ini kamu jadi bertanya-tanya saat ingin makan ikan tuna, maka kamu perlu ketahui penjelasan berikut ini. 

1. Pengaruh merkuri di ikan tuna untuk ibu hamil

1. Pengaruh merkuri ikan tuna ibu hamil
Freepik/mrsiraphol

Semua ikan mengandung bekas toksin metil merkuri, sebagai pengingat saja jika kamu lupa. Kandungannya lebih dari unggas atau hewan yang lain.

Sayangnya, kadar merkuri yang tinggi di aliran darah yang masuk ke dalam janin di kandungan Mama dan anak kecil dapat membahayakan sistem saraf mereka. Ternyata, ada risiko dibalik kenikmatan yang Mama rasakan.

Editors' Picks

2. Takaran asupan ikan yang aman

2. Takaran asupan ikan aman
acibademinternational.com

FDA telah merilis panduan sebelumnya tentang asupan ikan yang aman untuk Ibu hamil, namun rekomendasi terakhir akhirnya membahas takaran aman dalam mengkonsumsi tuna. Perempuan usia subur, perempuan hamil dan menyusui, dan anak-anak dapat:

Makan sampai 12 ons ikan tuna kalengan tuna dan ikan rendah merkuri lainnya, seperti salmon, udang, lele, pollock, dan tangkai ikan.

Makan sampai 6 ons tuna albacore segar atau kalengan. Mereka memiliki lebih banyak merkuri daripada tuna ringan.

Makan sampai 6 ons ikan tangkapan lokal.

Hindari ikan besar, seperti hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish, yang memiliki merkuri paling banyak. Informasi terkait kesehatan ibu hamil ini awalnya diterbitkan di majalah American Baby, Juni 2004.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini Tanda Bayi Sehat Dalam Kandungan

Baca Juga: Penyakit Membahayakan yang Mungkin Terjadi Pada Ibu Hamil

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Selektif Memilih Obat, Jangan yang Bahaya Bagi Jani

Kalau Mama benar-benar ingin makan tuna semasa kehamilan trimester kedua, silakan pilih tuna albacore. Pilih cara pengolahan yang benar-benar matang. Selain itu hindari makanan kalengan karena mengandung pengawet.

3. Manfaat makan ikan tuna bagi ibu hamil

3. Manfaat makan ikan tuna bagi ibu hamil
Freepik/jcstudio

Dalam satu porsi ikan tuna atau sama dengan  6 sendok makan, mengandung asam lemak omega 3 hingga sebanyak 300 miligram. Manfaat ikan tuna beromega 3 pun bisa dirasakan bahkan sebelum kita dilahirkan.

Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan benar.

Asam lemak omega 3 dalam ikan tuna memiliki efek antiinflamasi.

Hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat trigliserida, mengurangi pembekuan darah dan detak jantung yang tidak teratur, serta menurunkan risiko stroke dan gagal jantung.

Mengurangi risiko persalinan prematur. Menurut satu penelitian di tahun 2003, mengonsumsi telur yang diperkaya dengan omega 3 diduga mengurangi risiko persalinan prematur pada ibu hamil.

Nah, jangan ragu lagi untuk makan ikan tuna ya Ma.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.