5 Tanda Kondisi Ibu Hamil yang Aman dan Diperbolehkan untuk Berpuasa

Supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang, yuk perhatikan 5 tanda berikut ini

6 Mei 2019

5 Tanda Kondisi Ibu Hamil Aman Diperbolehkan Berpuasa
Freepik

Mama, jika saat ini kamu sedang hamil maka sebelum berpuasa tentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. Mintalah saran dari dokter kandungan Mama untuk menilai apakah kondisi kehamilan Mama aman untuk ikut berpuasa.

Apabila kehamilannya disertai faktor penyulit, maka ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa. Ibu hamil yang memerlukan atau menjalani pengobatan tertentu juga pantang berpuasa.

Nah, berikut ini adalah penjelasan dari dr. Feby SpOG dari RS Evasari Awal Bros mengenai tanda-tanda kondisi ibu hamil yang dinyatakan aman dan diperbolehkan untuk ikut berpuasa ketika diwawancarai Popmama.com.

1. Ibu hamil tidak mengalami gangguan serius

1. Ibu hamil tidak mengalami gangguan serius
pixabay.com/Dacreativo

Menurut penjelasan dr. Feby, "Ibu hamil tidak mengalami mual muntah dan gangguan berat lainnya misalkan gangguan kesehatan seperti diare. Ibu hamil dalam keadaan sehat."

Ini sangat mudah dikenali, saat tubuh tetap merasa nyaman dan aktivitas bisa terus dilanjutkan maka ibu hamil dalam keadaan sehat.

2. Tumbuh kembang janin baik

2. Tumbuh kembang janin baik
Freepik

Untuk mengetahui tumbuh kembang janin dalam keadaan baik-baik saja, Mama bisa memeriksakan secara rutin ke dokter kandungan mama.

"Tumbuh kembang janin dalam keadaan baik yang biasanya dilihat dari hasil USG. Apakah berat badan janin sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan atau sesuai dengan usia kehamilan atau tidak, kata dr. Feby.

Baca juga:

Editors' Picks

3. Tidak menggalami kontraksi selama berpuasa

3. Tidak menggalami kontraksi selama berpuasa
Studio55.fi

Kadang lapar dan haus membuat ibu hamil dehidrasi. Sementara kekurangan cairan bisa membuat perut mengencang atau seperti kontraksi palsu.

"Diperbolehkan puasa jika ibu hamil tidak mengalami kontraksi atau kencang kencang selama berpuasa," demikian yang disampaikan dr. Feby.

4. Berat badan tidak menurun

4. Berat badan tidak menurun
Freepik/onlyyouqj

Idealnya berat badan ibu hamil selalu mengalami kenaikan seiring jalannya waktu. Begitupun berat badan janin di dalam kandungan.

"Tidak mengalami penurunan berat badan ibu yang drastis, bahkan berat badan nya naik sesuai BMI."

5. Tidak pusing

5. Tidak pusing
somtom.com

Pusing seringkali mengindikasikan sesuatu seperti tensi tidak normal atau mungkin kamu kelelahan. Ibu hamil bisa aman berpuasa jika tidak memiliki keluhan pusing.

Seperti yang dikatakan dr. Feby, "Tidak mengalami keluhan pusing, mata berkunang kunang ataupun lemas yang menjadi pertanda hipoglikemia ataupun pertanda kekurangan gizi."

Itulah 5 tanda ibu hamil dinyatakan aman untuk ikut berpuasa. Jika Mama mengalami keluhan di atas, sebaiknya cari tahu terlebih dulu penyebab dari keluhannya dan konsultasikan lagi dengan dokter kandungan mama.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;