Kimchi Sebagai Makanan Fermentasi, Amankah Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Ada yang ngidam kimchi selama hamil?

24 September 2019

Kimchi Sebagai Makanan Fermentasi, Amankah Dikonsumsi Ibu Hamil
Pixabay/bourree

Saat menonton drama Korea untuk mengisi waktu luang selama masa kehamilan tak jarang ibu hamil justru ngidam kimchi. Apalagi ketika para pemain di series tersebut sedang berada di restoran dan asik mengonsumsi kimchi. 

Kimchi sebagai salah satu makanan tradisional Korea termasuk jenis asinan sayuran hasil fermentasi. Olahan kimchi pun memiliki berbagai macam sayuran mulai dari wortel, lobak, sawi putih, bawang bombai hingga daun kucai. 

Jika kimchi dikonsumsi, maka ada banyak cita rasa yang akan terjadi di dalam mulut seperti asam, pedas, asin hingga sedikit manis.

Secara umum, makanan fermentasi seperti kimchi terbilang aman untuk ibu hamil. Bahkan ahli Gizi bernama Natalie Allen dari Biomedical Sciences Department Missouri State University mengatakan bahwa makanan fermentasi seperti kimchi terbilang aman dikonsumsi selama hamil. 

Meskipun aman dikonsumsi, namun ibu hamil yang memakan kimchi perlu tetap menggunakan prinsip untuk tidak mengonsumsinya sescara berlebihan dan perlu memastikan semua asupan higienis. 

Jika Mama ingin mengetahui manfaat positif dari kimchi untuk ibu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Disimak yuk!

1. Memperlancar sistem pencernaan selama masa kehamilan

1. Memperlancar sistem pencernaan selama masa kehamilan
Pixabay/allybally4b

Sembelit menjadi salah satu masalah sistem pencernaan yang seringkali terjadi pada ibu hamil. Perubahan pola makan yang buruk sekaligus hormon yang sewaktu-waktu bisa berubah mampu menganggu aktivitas keseharian karena mengalami sembelit. 

Dilansir dari Mama Natural, jika ibu hamil ingin memperlancar sistem pencernaannya perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi yakni kimchi. 

Kimchi sebagai sayuran fermentasi mengandung probiotik sebagai bakteri baik yang berperan menjaga kesehatan saluran pencernaan dan terhindar dari sembelit. 

Perlu Mama ingat bahwa bakteri probiotik yang terkandung dalam makanan mampu membantu proses pencernaan, sehingga banyak nutrisi baik yang menyerap ke dalam tubuh secara efektif.  

2. Mengurangi dampak buruk gula pada kehamilan

2. Mengurangi dampak buruk gula kehamilan
Pixabay/imissyou

Ibu hamil sering sekali sulit mengontrol pola makan terlebih saat sudah mengalami fase-fase ngidam. Jika sudah ngidam, tak jarang banyak ibu hamil yang berusaha mengonsumsi makanan dengan gula tinggi seperti pasta, biskuit hingga roti. 

Mama harus tahu kalau diet gula selama masa kehamilan perlu dilakukan agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan serta minuman dengan gula alami maupun buatan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. 

Jika Mama sudah terlalu banyak mengonsumsi gula selama hamil, maka perlu dinetralisir dengan makanan fermentasi seperti kimchi. Makanan fermentasi tidak hanya bisa dipilih sebagai menu sehat dan aman untuk ibu hamil, namun memberikan manfaat lebih. 

Bakteri yang terkandung di dalam kimchi dapat membantu mengurangi dampak buruk gula selama masa kehamilan. Ibu hamil tak perlu khawatir karena bakteri yang ada pada kimchi mampu merombak gula dan lemak dengan baik. 

Baca juga: 10 Dampak Buruk jika Mama Konsumsi Gula Berlebihan Saat Hamil

Editors' Picks

3. Menjaga berat badan ibu hamil menjadi lebih ideal

3. Menjaga berat badan ibu hamil menjadi lebih ideal
Pixabay/daecheonnet

Dilansir dari Live Strong melalui sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine, asupan probiotik yang terdapat dalam kimchi selama masa kehamilan menjaga berat badan menjadi lebih ideal. 

Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang mengonsumsi berbagai asupan probiotik mampu mengurangi risiko penambahan berat badan berlebih. Probiotik sebagai bakteri baik yang juga ada di dalam kimchi mampu membantu tubuh lebih cepat untuk menyerap nutrisi. 

Tak hanya itu kandungannya yang baik untuk tubuh bisa mengubah makanan menjadi energi nih, Ma. 

4. Menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit

4. Menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit
Pixabay/cengoh

Sebuah penelitian dari Biomedical Sciences Department Missouri State University mengatakan kalau makanan fermentasi seperti kimchi memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Kimchi memiliki sumber bakteri yang menguntungkan, sehingga mampu menjaga kesehatan selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Kimchi yang mengandung probiotik mampu mengurangi risiko diabetes gestasional hingga menekan preeklampsia pada ibu hamil. Gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada usia kandungan berapapun ini dapat dicegah dengan kehadiran probiotik. 

Baca juga: Demi Nutrisi Ibu Hamil, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

5. Membantu meningkatan imun tubuh ibu hamil

5. Membantu meningkatan imun tubuh ibu hamil
Pixabay/jinhokim

Perlu Mama ketahui bahwa makanan fermentasi yang dikonsumsi selama hamil mampu meningkatkan kadar nutrisi, sehingga janin di dalam kandungan pun mendapatkan gizi. Kimchi sendiri sebagai makanan fermentasi memiliki kadar serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga baik untuk pencernaan. 

Kimchi mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 hingga zat besi. Sayur-sayuran yang ada di dalam kimchi mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mengingat ibu hamil perlu meningkatkan imun tubuhnya, maka asupan nutrisi dengan kandungan probiotik sangat memberikan manfaat selama menjalani kehamilan. Meskipun begitu, Mama perlu memastikan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kimchi karena akan memicy masalah pencernaan. 

Konsumsi kimchi dalam porsi yang wajar saja ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!