3 Artis Ini Jalani Tes NIPT untuk Deteksi Masalah Kromosom Sejak Dini

Tes NIPT sedang banyak dilakukan para artis untuk mengetahui kesehatan anaknya

28 Februari 2019

3 Artis Ini Jalani Tes NIPT Deteksi Masalah Kromosom Sejak Dini
Instagram.com/tya_ariestya/aurakasih/tasyakamila

Di tahun 2019, sudah ada tiga artis yang sedang hamil menjalani tes NIPT. Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan tes yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom saat hamil. 

Perlu diketahui juga bahwa tes NIPT mampu mendekteksi beberapa kelainan kromosom yang sering terjadi seperti trisomi 13 (Patau Syndrome), trisomi 18 (Edward Syndrome), trisomi 21 (Down Syndrome), Klinifelter Syndrome hingga Turner Syndrome. Semua kelainan kromosom ini bisa dikenali keberadaannya sejak dari masa kehamilan menggunakan tes NIPT. 

Tes NIPT sudah bisa dilakukan sejak usia kehamilan menginjak 10 minggu. Sebelumnya beberapa artis sempat menjalani tes ini di sela-sela kehamilan seperti Marissa Nasution dan Nadya Mulya. Kini sudah banyak orang yang mulai menyadari pentingnya tes NIPT dan ingin mendeteksi kelainan kromosom sedini mungkin. 

Untuk Mama yang masih ragu untuk melakukan tes NIPT, berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai beberapa nama artis yang baru-baru baru menjalani pemeriksaan krosomom. 

1. Tasya Kamila

1. Tasya Kamila
Instagram.com/tasyakamila

Saat sedang menjalani trimester kedua, Tasya Kamila melakukan Prosafe NIPT (Non Invasive Prenatal Test) atau yang dikenal dengan tes NIPT. 

Istri dari Randi Bachtiar ini berusaha melakukan yang terbaik selama masa-masa kehamilannya, termasuk menjaga kesehatan si Kecil agar pertumbuhan serta perkembangannya bisa sesuai harapan. 

“Beberapa waktu lalu aku melakukan pemeriksaan yang menurutku penting dilakukan ibu hamil yaitu Prosafe NIPT (Non Invasive Prenatal Test). Ini adalah tes paling aman untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin, seperti down syndrome. Pemeriksaan ini bisa dilakukan sejak usia kandungan 10 minggu dan bisa menunjukkan jenis kelamin si baby juga! Sebenernya aku tuh takut buat diambil darah, tetapi waktu itu aku malah ngerasa nyaman banget,” tulis Tasya Kamila saat berbicara mengenai tes NIPT melalui Instagram pribadinya. 

Tasya Kamila juga menjelaskan bahwa pemeriksaan ini perlu dilakukan oleh agar bisa mendeteksi kelainan kromosom pada janin sejak dini. 

Kini pelantun lagu “Aku Anak Gembala” pun masih menikmati usia kehamilan saat berada di trimester kedua. Tasya Kamila juga sempat mengunggah foto saat sedang melakukan prenatal yoga yang bisa membantu dalam mengurangi rasa sakit-sakit pinggang dan punggung. 

Baca juga: Demi Jaga Kesehatan Anak Pertama, Tasya Kamila Melakukan Prosafe NIPT

Editors' Picks

2. Tya Ariestya 

2. Tya Ariestya 
Instagram.com/tya_ariestya

Selain Tasya Kamila, Tya Ariestya pun juga menjalani tes NIPT untuk kehamilan keduanya ini. Mama dari Kanaka ini menjelaskan di Instagram pribadinya bahwa tes NIPT dapat mendeteksi dini kelainan kromosom yang terjadi selama masa kehamilan. 

“Pada beberapa negara maju, ini jadi kewajiban karena di sana penting banget untuk tahu kelainan kromosom. Di indonesia ini bukan jadi kewajiban, hanya tambahan pilihan pemeriksaan,” jelas Tya Ariestya melalui Instagramnya. 

Saat melakukan pemeriksaan, dirinya diambil tes darah dan langsung diteliti. Hasil pemeriksaan pun akan keluar dalam waktu 2 minggu. 

Untuk masalah biaya, Tya Ariestya menghabiskan 8 juta. Namun, tidak biaya ini tidak menjadi masalah demi kesehatan dan perkembangan anak keduanya saat masih berada dalam perut. 

Dilansir dari What to Expect, tes NIPT termasuk skrining prenatal yang mampu melihat DNA dari plasenta bayi agar dapat mengidentifikasi adanya risiko tinggi melahirkan bayi dengan kelainan genetik. 

Melalui tes NIPT, setidaknya dapat membantu dalam menganalisis materi genetik bayi selama di kandungan. Materi genetik ini dapat dikumpulkan dari cairan amnion atau plasenta untuk mengetahui serta memastikan secara pasti apakah bayi memiliki kelainan kromosom.

Baca juga: 

3. Aura Kasih

3. Aura Kasih
Instagram.com/aurakasih

Seperti calon Mama yang lainnya, aku juga merasa khawatir tentang kesehatan kandunganku. Untungnya teknologi sekarang sudah makin berkembang, aku memilih untuk tes deteksi dini kelainan kromosom pada janinku dengan tes NIPT. Tes ini dapat mendeteksi kelainan kromosom seperti down syndrome dengan akurasi hingga 99%!

Calon Mama yang satu ini sangat peduli dengan kesehatan anaknya, Aura Kasih memulai ini semua dari masa-masa kehamilan. Belum lama ini, Aura Kasih melakukan tes NIPT untuk anak pertama.   

Aura Kasih pun mengatakan bahwa tes NIPT sangat penting dilakukan untuk seluruh calon Mama karena. Apalagi ada banyak jenis kelainan kromosom yang mungkin tidak terdeteksi di pemeriksaan kandungan biasa. 

Dilansir Web MD, tes kromosom juga sangat dianjurkan untuk Mama yang hamil di usia 35 ke atas. Usia ini cukup berisiko lebih tinggi dalam mengalami masalah kehamilan. 

Dari pengalaman Tasya Kamila, Tya Ariestya dan Aura Kasih semoga bisa memberikan inpirasi dan pengetahuan baru mengenai tes NIPT yang perlu dilakukan untuk mengetahui kesehatan si Kecil. 

Baca juga: 

Topic: