7 Jus Ini Membantu Kesehatan Janin dan Ibu Hamil

Ini rekomendasi jus yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan

29 Juli 2021

7 Jus Ini Membantu Kesehatan Janin Ibu Hamil
Unsplash/rawpixel

Asupan cairan sendiri memang dibutuhkan untuk tubuh apalagi disaat kondisi hamil ya, Ma. 

Selain dari air mineral, kebutuhan cairan bisa Mama dapatkan dari jus sehat. Sebelum membuat jus dari buah atau sayuran, Mama harus bisa memastikan bahan-bahan yang dipakai masih segar dan tentunya bersih ya. 

Untuk Mama yang mau mengetahui buah dan sayuran apa saja yang bernutrisi di saat-saat masa kehamilan. Berikut rekomendasi jus sehat untuk ibu hamil dari Popmama.com

1. Jus apel

1. Jus apel
Unplash/Krishnam Moosaddee

Buah apel menjadi salah satu buah yang bisa diolah menjadi minuman menyehatkan nih, Ma. 

Di awal-awal kehamilan, jus apel bisa menghindari Mama dari risiko mual. Kandungan di dalam buah apel sangat bagus untuk kesehatan si Kecil. Banyaknya kandungan vitamin C, vitamin A, kalium, dan serat di dalam buah ini membantu Mama dalam menjaga kesehatan fisik maupun psikis.  

Sebuah studi juga menunjukkan jika ibu hamil yang mengonsumsi buah apel secara teratur mampu meminimalkan risiko melahirkan anak dengan asma atau alergi. Selain itu, kandungan nilai gizi pada buah apel juga sangat baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Demi kesehatan si Kecil di dalam kandungan, Mama harus rutin mengonsumsi minuman sehat ya.

2. Jus alpukat

2. Jus alpukat
Freepik/dashu83

Siapa nih yang suka makan buah alpukat dicampur susu cokelat? 

Saat masa-masa kehamilan, Mama bisa membiasakan untuk mengolah buah yang satu ini menjadi jus. Kandungan di dalam buah yang satu ini cukup banyak seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, kolin, kalium, magnesium, zat besi hingga asam folat. 

Dengan beragam nutrisi di dalam buah alpukat, ini akan membantu Mama dalam mengatasi gejala mual hingga mengurangi kram kaki yang umumnya terjadi pada ibu hamil. 

Untuk menghindari risiko cacat tabung saraf dan kerusakan memori, Mama perlu mengonsumsi buah yang mengandung kolin seperti alpukat. Kalau sudah begini, buah yang satu ini sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan energi serta mengurangi gejala umum pada kehamilan. 

Editors' Picks

3. Jus buah naga

3. Jus buah naga
Unsplash/rawpixel

Sudah pernah dengar belum kalau buah naga itu mengandung banyak serat? 

Buah naga memberikan cukup manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh mama selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, Mama juga bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Selain bermanfaat untuk Mama, buah naga sendiri berguna bagi janin karena mampu membantu proses pertumbuhan tulang dan memberikan kebutuhan protein si Kecil saat masih di dalam kandungan. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa rutin mengonsumsi juh buah naga setiap satu hari sekali ya. 

4. Jus wortel

4. Jus wortel
Unsplash/Harshal S. Hirve

Mama pasti sudah tahu nih kalau wortel kaya akan vitamin A. Tak jarang orang sering melupakan kandungan lain di dalam wortel seperti vitamin B, zat besi, kalium, dan magnesium. 

Kandungan dari vitamin A sendiri mampu membantu Mama dalam memperbaiki kulit selama masa kehamilan. Apalagi ibu hamil terkadang mengalami perubahan kondisi kulit akibat efek samping dari kehamilannya. 

5. Jus jambu biji

5. Jus jambu biji
Freepik/jeswin

Jambu biji menjadi salah satu buah lainnya yang disarankan selama kehamilan nih, Ma. 

Demi kondisi tubuh dan kesehatan si Kecil dalam kandungan, buah jambu biji yang dibuat jus akan membantu memberikan asupan vitamin dan nutrisi. Kandungan buah jambu biji sendiri akan sangat baik untuk menjaga trombosit di dalam tubuh mama.

Tak hanya itu, kalau Mama mengonsumsi jus jambu biji secara rutin. Mama mampu mencegah gangguan pencernaan atau sembelit selama masa kehamilan. Seperti yang Mama ketahui nih kalau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang sering terjadi pada usia kehamilan 4-6 bulan. Dengan rutin mengonsumsi jus jambu biji, Mama akan terhindar dari gangguan sembelit.

6. Jus jeruk

6. Jus jeruk
Unsplash/Alexander Mils

Jeruk termasuk salah satu buah yang mengandung sumber asam folat. Asam folat sendiri termasuk salah satu jenis vitamin B yang membantu mencegah terjadinya kecacatan pada janin. Mulai dari kecacatan otak hingga tulang belakang. 

Selain kaya akan asam folat, jeruk juga memiliki sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik. Ini berguna sebagai penangkal radikal bebas yang berguna dalam menghambat terjadinya kerusakan sel.  

Bukan hanya itu, vitamin C dapat membantu tubuh mama selama masa kehamilan dalam menyerap zat besi secara lebih optimal. 

7. Jus pisang

7. Jus pisang
Unsplash/Mike Dorner

Pisang menjadi buah lain yang bisa Mama konsumsi selama masa kehamilan. 

Buah pisang termasuk buah yang kaya akan nutrisi berupa vitamin dan kalsium. Mama bisa membuat buah pisang menjadi jus dengan campuran madu, susu atau buah yang lainnya. Campuran bahan-bahan ini akan membantu Mama mendapatkan kandungan nustrisi lebih. 

Itulah beberapa jus untuk ibu hamil agar janin sehat dan kuat. 

Untuk menjaga kesehatan si Kecil dalam kandungan, Mama bisa mengonsumsi jus sebagai tambahan asupan nutrisi. Namun pastikan Mama tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam jus yang Mama buat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.