Lewat The Sims 4, Raditya Dika Umumkan Kehamilan Kedua Sang Istri

Raditya Dika sudah memikirkan proses persalinan di tengah pandemi

28 April 2020

Lewat The Sims 4, Raditya Dika Umumkan Kehamilan Kedua Sang Istri
Instagram.com/raditya_dika

Kabar bahagia di tengah pandemi Covid-19 kembali dibagikan, usai beberapa artis telah mengumumkan kehamilan mereka melalui media sosial masing-masing. Kini pasangan Anissa Aziza dan Raditya Dika pun mengumumkan bahwa keduanya akan segera memiliki anak kedua. 

Usai Alinea Ava Nasution yang lahir pada bulan Mei 2019 lalu, kini Anissa sudah kembali hamil. Di dalam dunia nyata, kehamilan Anissa sudah memasuki bulan ke-4 alias trimester kedua. 

Lewat hashtag #AleaJadiKakak, Radit mengumumkan kehamilan kedua istrinya. Radit yang mengisi waktu luang selama berada di rumah dengan bermain The Sims 4, memiliki cara yang unik ketika mengumumkan kehamilan Anissa. 

Pasangan ini membuat sebuah karakter Anissa dalam permainan The Sims 4 terlihat sedang hamil dengan perut yang membesar. 

Kabar tersebut pun dihujani komentar beragam doa dan harapan karena kehamilan Anissa kali ini harus dilewati di tengah pandemi. 

Jika Mama ingin mengetahui kabar bahagia dari keluarga kecil Anissa Aziza dan Raditya Dika, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Awalnya Anissa tak percaya bahwa dirinya kembali hamil

1. Awal Anissa tak percaya bahwa diri kembali hamil
Youtube.com/Raditya Dika

Tak hanya di Instagram, Radit dan Anissa pun berbagi cerita mengenai kabar bahagia ini di channel YouTube. 

Sebuah video berdurasi 23 menit 42 detik dengan judul "Istri Hamil (Lagi)" ini menjelaskan berbagai sisi mengenai kehamilan kedua dari Anissa.

Awalnya Anissa tak percaya bahwa dirinya kembali hamil, meskipun ketika itu ia sudah merasakan telat menstruasi satu bulan lebih.

Anissa diminta untuk melakukan test pack oleh salah satu temannya. Awalnya Anissa sempat tidak percaya karena menganggap ini hanya siklus menstruasi saja yang tidak menentu dan mulai sering jajan. 

Namun, ia pun akhirnya tergerak untuk melakukan test pack setelah berkonsultasi bersama sang Suami. 

Ketika melakukan test pack di malam hari, Anissa akhirnya mengetahui bahwa hasil test pack memperlihatkan dua garis biru. 

Tak hanya Anissa saja yang terkejut, begitu juga dengan Radit sebagai kepala rumah tangga. Saat pandemi Covid-19, dirinya begitu fokus untuk mempersiapkan cara melindungi diri dari virus hingga perencanaan dana darurat di keluarga. 

"Tiba-tiba diberikanlah oleh Tuhan, adiknya Alea. Cuma buat aku pribadi, anak itu rezeki. Hanya saja yang tidak disangka yaitu waktunya," ucap Radit. 

2. Raditya Dika sudah mulai merancang tentang proses persalinan anak keduanya 

2. Raditya Dika sudah mulai merancang tentang proses persalinan anak keduanya 
Youtube.com/Raditya Dika

Saat diberitahu oleh Anissa mengenai hasil test pack, Radit sebagai seseorang yang visioner sudah mulai membayangkan proses kelahiran sang Istri di tengah pandemi Covid-19. 

"Saat diberitahu, aku sudah mulai merangkai hari kelahiran dia. Sebagai seorang yang senang memikirkan beberapa langkah ke depan, begitu Anissa bilang aku hamil sudah ada pemikiran tentang kelahiran," ucap Radit. 

Sebagai seorang Papa, Radit sudah mulai membayangkan persalinan kelahiran anaknya yang kedua. Ada beragam pertanyaan yang muncul dibenaknya ketika itu, mulai dari proses persalinan di klinik atau justru memilih menggunakan bidan untuk melahirkan di rumah.

Pemikiran tersebut muncul karena rasa ketakutan terhadap penyebaran virus yang terjadi di Indonesia masih berlangsung. Apalagi Radit harus melindungi Anissa dan si Kecil yang nantinya bisa saja lahir saat pandemi masih berlangsung. 

Radit dan Anissa pun telah berdiskusi dengan doula serta membuat skenario-skenario ke depan ketika proses persalinan tersebut tiba. 

Berbagai rancangan ini dilakukan oleh Radit agar semua dapat terancang dengan baik, bahkan di kondisi buruk sekalipun.

3. Apa yang perlu diwaspadai ketika jarak yang terlalu dekat? 

3. Apa perlu diwaspadai ketika jarak terlalu dekat 
Freepik

Kehamilan memang sudah menjadi rencana sang Pencipta sekaligus anugerah terindah di dalam sebuah keluarga. 

Hanya saja, jarak antara kehamilan sebelumnya juga perlu diperhatikan karena ini akan memengaruhi kesehatan ibu hami dan janin dalam kandungan. 

Perlu Mama ketahui bahwa jarak yang terlalu dekat dapat menimbulkan komplikasi serius pada kehamilan maupun proses kelahiran. Apalagi World Health Organization (WHO) dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) juga telah menyatakan bahwa jarak antar kehamilan sebaiknya 2 hingga 3 tahun.

Dengan adanya jarak, maka akan membantu dalam menurunkan risiko buruk yang terjadi saat kehamilan, kelahiran, maupun gangguan proses tumbuh kembang anak. 

ASI eksklusif pada anak yang lahir sebelumnya juga menjadi perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi kecukupan gizinya. 

Meskipun begitu semoga sehat terus untuk keluarga kecil Raditya Dika dan Anissa Aziza. 

Doa terbaik untuk kehamilan kedua dari Anissa hingga proses persalinan nanti!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.