Ma, Kenali Perkembangan Janin di Fase Trimester Kedua Kehamilan

Trimester kedua banyak perubahan yang menakjubkan nih, Ma!

22 Mei 2019

Ma, Kenali Perkembangan Janin Fase Trimester Kedua Kehamilan
webmd.com

Setiap ibu hamil yang melewati masa kehamilan di trimester pertama dengan baik tentu menjadi prestasi tersendiri ya, Ma. Apalagi menjaga kehamilan agar terus sehat tidaklah mudah dan membutuhkan banyak perjuangan. 

Saat memasuki kehamilan trimester kedua akan banyak perubahan yang dirasakan terhitung sejak memasuki bulan keempat hingga keenam. Setiap bulannya, janin akan terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan. 

Seperti yang diketahui bahwa trimester kedua, Mama akan mulai mengetahui jenis kelamin si Kecil. Tak hanya pergerakan janin saja yang mulai semakin aktif, bahkan di trimester kedua ini akan banyak perkembangan baru yang terlihat saat melakukan USG.  

Dikutip dari WebMD, kali ini Popmama.com telah merangkum berbagai perkembangan yang bisa terjadi selama fase kehamilan di trimester kedua. 

Untuk Mama yang penasaran, jangan sampai terlewatkan ya!

1. Bulan keempat, janin akan mulai tumbuh lebih baik dari trimester pertama

1. Bulan keempat, janin akan mulai tumbuh lebih baik dari trimester pertama
Pixabay/sbtlneet

Saat memasuki usia trimester kedua tepatnya di bulan keempat, maka janin akan semakin berkembang karena alis, bulu mata, kelopak mata, kuku hingga rambutnya akan pelan-pelan mulai terbentuk. 

Jika sebelumnya gigi dan tulang di trimester pertama masih lunak, maka bertambahnya usia kehamilan dapat membentuk bagian tubuh menjadi lebih padat dari sebelumnya. 

Mama harus mengetahui bahwa alat kelamin bayi juga sudah mulai berkembang di awal trimester kedua. Untuk janin laki-laki biasanya sudah mulai memiliki prostat, sementara janin perempuan sudah mulai menampakkan folikel dalam ovarium. Itu berarti ketika mulai melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi, maka sudah jenis kelaminnya sudah mulai terlihat.  

Tidak hanya itu, janin di trimester kedua khususnya di bulan keempat juga banyak perkembangan seperti: 

  • Janin akan mulai terbentuk dengan lebih jelas, meskipun ukurannya masih kecil yaitu panjang 15,24 cm dan berat sekitar 113 gram.
  • Sistem saraf mulai berfungsi dengan baik. 
  • Janin akan sudah mulai bisa bernapas karena detak jantung dapat didengar. 
  • Janin sudah mulai bisa menguap, membuat wajah saat masih berada di dalam kandungan hingga mengisap jempol sendiri.
  • Bagian jari-jari tangan dan kaki sudah teridentifikasi dengan lebih baik. 

Baca juga: 7 Penyebab Keguguran pada Kehamilan Trimester Kedua

Editors' Picks

2. Bulan kelima, janin memberikan kejutan baru karena mulai aktif bergerak

2. Bulan kelima, janin memberikan kejutan baru karena mulai aktif bergerak
himamaus.com

Semakin tua kehamilan, maka perkembangan yang janin di dalam kandungan akan terus terjadi. Janin akan perlahan-lahan tumbuh sempurna hingga nanti dilahirkan. 

Pada bulan kelima di trimester kedua, janin akan terlihat terselimuti dengan sebuah lapisan putih yang disebut dengan vernix caseosa. Lapisan ini sangat berguna karena dapat melindungi janin dari cairan air ketuban yang bisa lepas sewaktu-waktu, bahkan saat sebelum janin lahir. Perlu diketahui bahwa kondisi ini bukanlah tanda bahaya, melainkan wajar terjadi selama masa kehamilan.  

Selain itu, janin di trimester kedua khususnya di bulan kelima juga banyak perkembangan dibandingkan saat bulan keempat seperti: 

  • Punggung dan bahu bayi akan mulai ditumbuhi dengan rambut-rambut halus. Namun, rambut ini akan hilang ketika menjelang minggu kedua pasca bayi dilahirkan. 
  • Janin akan mulai aktif bergerak. Di fase bulan kelima kehamilan, tak jarang banyak yang terkejut dan merasa terharu karena bisa merasakan sosok makhluk hidup di dalam perut. Pergerakan ini juga membantunya dalam melatih otot. 
  • Ukuran panjang janin sudah sekitar 25 cm dengan berat badan kurang lebih 300 hingga 500 gram. 
  • Alat kelamin akan tumbuh menjadi lebih sempurna dari sebelumnya. 

Baca juga: 

3. Bulan keenam, janin akan mulai tumbuh sempurna

3. Bulan keenam, janin akan mulai tumbuh sempurna
samen-zwanger.nl

Saat Mama sudah sampai di bulan keenam, maka ini menjadi akhir dari kehamilan pada trimester kedua. Umumnya pada fase ini, perkembangan janin akan lebih banyak perubahan karena akan memasuki trimester akhir hingga menuju persalinan. 

Pada bulan keenam perlu diketahui bahwa kelopak mata janin sudah semakin terbentuk jelas hingga dirinya sudah bisa membuka mata sendiri. Selain itu, kulit-kulit janin sudah bisa melihat dari pembuluh vena apalagi kulitnya sudah mulai terlihat kemerahan dan terlihat tipis dengan sedikit keriput. 

Janin di trimester kedua pada bulan keenam akan memperlihatkan jari tangan dan kaki yang semakin terbentuk jelas. Tak hanya itu, ada perkembangan lainnya yang perlu diketahui seperti: 

  • Ukuran panjang janin sudah sekitar 30 cm dengan berat badan mencapai 750 gram hingga 1 kilo gram. 
  • Janin akan bergerak jauh lebih aktif. Kondisi ini tidak terlepas karena janin akan mulai mengenal siklus tidur dan bangun, sehingga akan mulai terasa konsisten. 
  • Mulai bisa menanggani suara melalui sebuah gerakan atau meningkatkan denyut nadinya. Bahkan Mama akan mulai menyadari bahwa ada gerakan seperti menyentak saat mengalami cegukan. 

Itulah beberapa pengetahuan baru mengenai fase kehamilan yang akan dirasakan pada bulan keempat, kelima dan keenam selama menjalani trimester kedua. 

Sehat-sehat terus hingga proses persalinan dan tetap semangat ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;