Terjatuh Saat Benyanyi, Radhini Buka Suara Mengenai Kehamilannya

Ada kemungkinan Radhini juga terkena heatstroke

5 Maret 2019

Terjatuh Saat Benyanyi, Radhini Buka Suara Mengenai Kehamilannya
Instagram.com/radhini_

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Java Jazz Festival 2019 menghadirkan banyak musisi lokal salah satunya Radhini Aprilya. 

Radhini sempat mengisi salah satu panggung di hari kedua yaitu Sabtu (2/3/2019). Di hari itu, Radhini memang tampil dua kali dengan panggung berbeda. 

Penyanyi kelahiran 1988 ini sempat mengalami insiden kecil saat tampil malam itu, setelah menyanyikan beberapa lagu barunya. Usai selesai menyanyikan satu buah lagu, Radhini tidak sengaja menabrak speaker yang berada di atas panggung. 

Sempat blank dan panik mikir "gue lagi di mana sh?" Pas nengok kanan "WHAT! DI PANGGUNG JAVA JAZZ" Sempat mikir juga nggak bisa lanjutin show nggak akan bisa nyanyi lagi karena sakit dan panik.

Saat insiden itu terjadi Radhini yang sempat terjatuh kembali bangkit dan bernyanyi di atas kursi. Di sela-sela sebelum mengajak penonton bernyanyi lagi, Radhini pun seolah memberikan sebuah kabar baik sekaligus pengakuan kalau dirinya sedang hamil. 

"Maaf ya, sekalian pengakuan saya sebenarnya sedang hamil," katanya.

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa informasi lengkap pasca insiden yang terjadi oleh Radhini. Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya!

1. Radhini merasa beruntung didukung oleh penontonnya

1. Radhini merasa beruntung didukung oleh penontonnya
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Biarpun kemarin di show kedua sempat ada insiden, tetapi beruntung banget dapat audience yang supportive and love me for the way i am.

Each one of yout are the reason why i kept going! All of you! Your guys are the best audience! Thank you for listening to my music, for your energy last night and your support!

Walau penonton sempat terdiam dengan insiden yang terjadi pada Radhini di atas panggung. Aura positif dari para penonton memberikan semangat untuk Radhini untuk tetap menghibur dan benyanyi kembali.  

And yes, Alhamdulillah i'm pregnant. Terima kasih banyak doa-doa baiknya. Selesai nyanyi langsung cek ke RS, bayinya insyaallah sehat. Alhamdulillah nggak kenapa-kenapa. Mohon doanya supaya sehat selalu ya!

Selain menuliskan kata-kata terima kasih untuk seluruh semangat yang diberikan kepadanya, Radhini juga sempat membenarkan kalau dirinya sedang hamil melalui InstaStory. 

2. Banyak doa dan dukungan untuk kehamilan Radhini

2. Banyak doa dukungan kehamilan Radhini
Instagram.com/andienaisyah

"GOOD TO BE BACK sama bumil perkasa ini, denger ceritanya setelah manggung ini Radhini jatoh di panggung karena black out lagi hamil 4 bulan, tetapi nggak menyurutkan semangatnya bernyanyi. Peluk Dhini, sehat-sehat terus ya kamu," tulis Andien di Instagram pribadinya yang berusaha memberikan dukungan kepada Radhini.

Melalui unggahan dari Andien seolah semakin memperjelas kalau Radhini sedang hamil 4 bulan. 

Tak hanya Andien yang begitu mengenal baik Radhini, beberapa penonton yang melihat insiden di panggung tersebut seolah memberikan dukungan dan doa-doa agar kandungan istri dari Angga ini tetap dalam keadaan sehat. 

"Bumilnya jatuh! Gue belum pernah hamil sih, tapi ini lihatnya aja ngilu. Tapi sungguh kusalut ketika mbaknya tetap profesional dengan minta izin, 'Saya duduk pakai kursi boleh, ya?' Huhuhu sehat-sehat ya, Radhini!" - Tiara. 

"Din, gue kagum sama semangat lo menghibur orang! Sehat-sehat ya, Dini dan dek bayinya. Untuk teman-teman semua, Dini ini ngingetin kita sama perjuangan seorang ibu. Biar lagi hamil tetap ngamen cari nafkah nggak kenal lelah sampai pakai jatoh lagi. Gaes sayangilah ibu kalian karena setiap ibu adalah pejuang." - Bella Fawzi.

"Thankyou for beautiful perfomance, for that beautiful yet powerful voice and really hope. All the best thing for you and your pregnancy. Yang nonton pada khawatir tadi. Sukses buat single barunya, sekali lagi makasih." - Arif Ferdian. 

Itulah beberapa doa yang diberikan teman dan warganet lainnya untuk Radhini. Doakan yang terbaik ya, Ma!

Editors' Picks

3. Penanganan Radhini pasca terjatuh di atas panggung

3. Penanganan Radhini pasca terjatuh atas panggung
Instagram.com/radhini_

"Jadi, malam-malam abis JJF langsung ke IGD untuk cek bayi dan dengkul. Bayi Alhamdulillah aman (tadi pun ke Obgyn untuk periksa lanjut, Alhamdulillah banget aman). Nah, untuk dengkul nggak bisa jalan sama sekali tuh turun panggung," curhat Radhini untuk melanjutkan ceritanya mengenai penanganan pasca insiden di atas panggung. 

Untuk bagian dengkul yang tidak bisa cukup sakit, sehingga tidak bisa berjalan. Radhini sempat melakukan fisioterapi. 

Seperti yang diketahui bahwa terapi ini dapat membantu masalah kesehatan yang menyerang seperti tulang, sendi hingga jaringan halus. Sakit leher, sakit pundak dan cedera pun bisa diatasi menggunakan fisioterapi.

Ketika menjalani fisioterapi, Radhini mendapatkan penjelasan mengenai banyak hal, mulai dari anatomi tubuh hingga treatment yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Resmi Positif Hamil, Medina Zein Mulai Mengurangi Rutinitas

4. Radhini kemungkinan terkena heatstroke

4. Radhini kemungkinan terkena heatstroke
Instagram.com/radhini_

Radhini sempat melakukan pemeriksaan Obgyn, menurut dokter dirinya ada kemungkinan terkena heatstroke. 

"Intinya karena kepanasan. Jadi emang kalau ada teman-teman yang lagi hamil, musti concern banget," tulis Radhini. Padahal melalui InstaStory sebelumnya, Radhini mengaku kalau lampu saat dirinya di atas panggung emang panas banget. Padahal sebelum naik panggung untuk menghibur para penonton, pelantun lagu "Sampai Nanti" ini  sudah makan dan minum banyak. 

5. Apa itu heatstroke?

5. Apa itu heatstroke
Pixabay/1041483

Heatstroke adalah kondisi di mana suhu tubuh dapat mencapai lebih dari 40°C atau bahkan lebih. Heatstroke bisa terjadi karena peningkatan suhu lingkungan, atau aktivitas tinggi yang memicu suhu tubuh meningkat dalam waktu singkat. Gejala serangan heatstroke antara lain mengalami mual, kejang, kebingungan, disorientasi, dan kadang-kadang kehilangan kesadaran atau koma. 

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter kandungan cukup beragam, seperti: 

  • Memantau kondisi janin secara rutin menggunakan tes USG. 
  • Memeriksa masalah yang umum terjadi selama kehamilan mulai dari tekanan darah tinggi, risiko infeksi, diabetes dan kelainan genetik.  
  • Memberikan saran mengenai tips sehat, menu makanan hingga olahraga yang perlu dilakukan saat hamil. 
  • Berusaha mengatasi morning sickness, sakit puggung hingga pendarahan. 

Sementara heatstroke perlu diwaspadai oleh ibu hamil, termasuk cuaca panas karena dapat berakibat fatal terhadap kehamian. Umumnya, heatstroke bisa disebabkan oleh paparan terhadap suhu panas di luar tubuh apalagi dalam jangka waktu yang lama. 

Selain itu, heatstroke dapat disebabkan oleh aktivitas fisik atau olahraga terlalu berat saat cuaca sedang panas. Heatstroke yang terlalu sering terjadi selama masa-masa kehamilan juga dapat mengakibatkan keguguran nih, Ma. 

Mari doakan yang terbaik untuk kehamilan pertama dari Radhini. Semoga bisa terus sehat hingga masa persalinan nanti. Semangat terus untuk Radhini dan semua ibu hamil lainnya!

Baca juga: 

Topic: