Sedih, 11 Ibu Hamil Positif Covid-19 Tanpa Gejala di Yogyakarta

11 ibu hamil yang positif Covid-19 tanpa gejala mulai diisolasi di Rusunawa Bener Yogyakarta

24 September 2020

Sedih, 11 Ibu Hamil Positif Covid-19 Tanpa Gejala Yogyakarta
Freepik/Vgstockstudio

Penyebaran Covid-19 di Indonesia belakangan ini masih terus meningkat, bahkan kasusnya cukup signifikan karena adanya penularan antar anggota keluarga di rumah. 

Berdasarkan data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta dalam situs corona.jakarta.go.id hingga hari Rabu (23/9/2020) pukul 23.55 WIB tercatat sebanyak 257.388 kasus terkonfirmasi Covid-19 secara nasional. 

Ada sekitar 59.453 orang masih dirawat, 187.958 orang dinyatakan sembuh dan 9.977 orang lainnya meninggal dunia. Data kasus terkonfirmasi Covid-19 ini telah diumumkan secara resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 

Dari peningkatan kasus yang terjadi saat ini, paparan virus pun juga menyerang ibu hamil. Di Yogyakarta sendiri terdapat 11 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala

11 ibu hamil yang telah dinyatakan positif tersebut saat ini sudah menjalani isolasi di Rusunawa Bener Yogyakarta. 

Terkait kasus penyebaran virus yang terjadi pada ibu hamil di Yogyakarta, kali ini Popmama.com telah merangkum beritanya. 

Simak juga informasi mengenai apa yang harus dilakukan ketika positif Covid-19, namun tidak ada gejala!

Editors' Picks

1. Rusunawa Bener Yogyakarta memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang sedang melakukan isolasi

1. Rusunawa Bener Yogyakarta memberikan pelayanan terbaik pasien sedang melakukan isolasi
Unsplash/Martin Sanchez

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X sempat melakukan peninjauan terhadap kesiapan Rusunawa Bener di Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Penijauan ini dilakukan karena Rusunawa Bener akan digunakan sebagai tempat isolasi terkait pasien-pasien positif Covid-19 tanpa gejala. 

Rusunawa Bener sendiri memiliki 42 unit kamar, di mana masing-masing unit dapat menampung dua pasien. 

11 ibu hamil yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala akan dijemput untuk menuju Rusunawa Bener. Ini dilakukan agar pasien positif tidak melakukan banyak kontak kepada orang lain yang nantinya dapat meningkatkan penyebaran virus. 

Selama menjalani isolasi mandiri, para pasien juga akan mendapatkan pendampingan dari psikolog. Ini dilakukan agar mereka terhindar dari stres dan rasa bosan selama isolasi. 

Selain itu, pasien akan disibukkan dengan berbagai kegiatan olahraga agar imunitasnya tetap kuat. 

2. Apa yang harus dilakukan ketika positif Covid-19, namun tidak ada gejala?

2. Apa harus dilakukan ketika positif Covid-19, namun tidak ada gejala
Freepik/alexkoral

Jika setelah melakukan pemeriksaan hasilnya positif dan tidak ada gejala, maka menandakan bahwa tubuh masih dalam keadaan sehat serta memiliki sistem imun yang kuat. 

Hanya saja perlu kembali diingat bahwa dalam keadaan ini masih dapat menularkan virus ke orang lain. Sebaiknya langsung melakukan isolasi agar tidak terlibat kontak terhadap banyak orang. 

Pastikan untuk tetap memperbanyak makan makanan sehat bernutrisi dan mengandung vitamin, sesuai dengan anjuran dokter kandungan. 

3. Pola hidup yang sehat selama hamil mampu meningkatkan antibodi untuk melawan segala virus 

3. Pola hidup sehat selama hamil mampu meningkatkan antibodi melawan segala virus 
Freepik

Selain pola makan, pastikan untuk olahraga secara rutin, menjaga berat badan, menghindari stres, selalu menerapkan istirahat yang cukup dan dibantu dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin. 

Apabila sedang hamil, maka berkonsultasilah kepada dokter kandungan terkait suplemen atau multivitamin yang diperlukan. Perlu diingat bahwa setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga tak bisa disamakan. 

Terkait dengan makanan, Mama sekeluarga perlu mencari asupan dengan kandungan gizi terbaik mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Secara keseluruhan, ini dapat memberikan peran besar dalam mendukung sistem imun tubuh. 

Buah-buahan juga dapat menjadi asupan sehat yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal. Bijaklah dalam memilih berbagai aneka buah agar janin di dalam kandungan mendapatkan asupan terbaik. 

Dengan imunitas tubuh yang kuat, maka penyebaran infeksi Covid-19 masih bisa dilawan. 

Itulah informasi mengenai ibu hamil di Yogyakarta yang terinfeksi virus corona tanpa menunjukkan gejala. Ingat Ma, penting sekali untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan selama pandemi Covid-19 berlangsung!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.