Eksklusif: Atur Gaya Hidup, Shandy Aulia Berharap Bisa Lahiran Normal

Doakan semoga Shandy Aulia bisa menjalani persalinan normal ya, Ma!

10 Oktober 2019

Eksklusif Atur Gaya Hidup, Shandy Aulia Berharap Bisa Lahiran Normal
Instagram.com/shandyaulia

Shandy Aulia dan David Herbowo masih harus sabar menunggu kehadiran anak pertamanya yang akan lahir di tahun 2020 nanti. Sama seperti ibu hamil lainnya, kehamilan pertama Shandy ini pun memiliki banyak cerita menarik apalagi usia kandungannya sudah masuk minggu ke-22. 

“Usia kandungan aku sudah 22 minggu menuju ke 6 bulan. Sekarang sudah sering sekali tendang-tendang dan sangat aktif sekali di dalam perut. Seiring bertambahnya usia kehamilanku, jadi semakin tidak sabar untuk bertemu,” kata Shandy ketika melakukan media visit di kantor IDN Media untuk promo film Cinta itu Buta

Sama seperti ibu hamil lainnya, Shandy banyak bercerita mengenai kehamilan kepada Popmama.com saat diwawancarai secara eksklusif. 

Jika Mama penasaran dan mengetahui cerita dari Shandy Aulia, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Interaksi bersama si Kecil, dilakukan Shandy Aulia sejak dalam kandungan

1. Interaksi bersama si Kecil, dilakukan Shandy Aulia sejak dalam kandungan
Instagram.com/shandyaulia

Shandy mengatakan kalau interaksi bersama si Kecil sejak di dalam kandungan perlu dibangun sedini mungkin sebagai sebuah awal bonding. Saat diajak berbicara 

"Dari awal kehamilan, saya sudah banyak ngobrol dan sharing sama dia. Apalagi kalau mau ada rutinitas selalu memberitahu ke dia terlebih dahulu agar dalam satu hari tersebut semua bisa berjalan lancar," ucap Shandy. 

Kepada Popmama.com, Shandy bercerita kalau setiap kali ingin workout seperti pilates akan ada diskusi dengan si Kecil sekaligus menjelaskan kalau kegiatan ini sehat. Adanya diskusi yang terkesan sederhana ini secara tidak langsung mampu meningkatkan bonding selama masa-masa kehamilan. 

Meskipun disibukan dengan rutinitas promo film berjudul Cinta itu Buta, Shandy tetap berusaha untuk fokus terhadap kesehatannya selama hamil. 

Wah, sehat-sehat terus untuk Shandy!

2. Shandy Aulia selalu bersyukur selama menjalani kehamilan

2. Shandy Aulia selalu bersyukur selama menjalani kehamilan
Instagram.com/paularudollf

Selama masa kehamilan, ibu hamil secara alami akan mengalami berbagai keluhan yang cukup beragam begitu juga dengan Shandy Aulia. 

"Keluhan selama hamil terjadi di awal-awal kehamilan saja. Jadi ketika memasuki kehamilan minggu ke-8 hingga 9, saya mengalami mual, enek dan sedikit pusing karena ini bisa dibilang adaptasi karena ada sesuatu yang berubah di dalam tubuhku. Tapi setelah 3 bulan ke atas, saya bersyukur semua hilang seiring berjalannya waktu," ucap Shandy. 

Selama masa-masa kehamilan, Shandy menceritakan kalau ia berusaha tidak memanjakan diri sendiri untuk mengikuti berbagai suasana hati. Tidak hanya bermanja-manja di atas tempat tidur, dirinya tetap menjalani aktivitas sehari-hari termasuk berolahraga sehingga membantu sirkulasi darahnya tetap lancar. 

"Saat makan, saya bersyukur sekali nggak sampai muntah. Saya satu kali pun nggak pernah muntah," tambahnya. 

Hamil yang tidak merepotkan alias banyak keluhan tentu menjadi idaman banyak perempuan ya, Ma. 

Editors' Picks

3. Tak ambil pusing dengan pro kontra ketika melakukan olahraga pilates

3. Tak ambil pusing pro kontra ketika melakukan olahraga pilates
Instagram.com/shandyaulia

"Hamil itu satu kehidupan yang baru, bukan penyakit. Jadi justru ibu hamil harus bisa lebih sehat dan kuat karena dia sekarang bukan lagi menopang diri sendiri, tetapi harus bisa menopang dua orang dalam satu tubuh," kata Shandy. 

Menurut Shandy untuk menciptakan kehamilan yang sehat, maka usahakan tidak hanya makan dan tidur saja tetapi justru ibu hamil perlu banyak melatih tubuh dengan berbagai jenis olahraga. Bahkan kalau perlu juga butuh pendampingan orang yang sudah profesional.  

Selama menjalani masa-masa kehamilan pertamanya, Shandy menjaga kesehatan tubuhnya dengan melakukan olahraga pilates untuk ibu hamil. Beberapa unggahan foto di Instagram pribadinya yang sedang melakukan pilates pun menuai banyak komentar dari warganet, ada yang pro dan kontra. 

"Kalau ada yang pro kontra dengan olahraga pilates dari segi pengetahuan saja sih, mungkin masih belum mengerti dan Indonesia cukup segmented sekali studio pilates. Saya tidak terlalu ambil pusing, justru ingin sekali kita bisa sama-sama saling belajar supaya sebagai ibu hamil mendapatkan manfaatnya. Jadi nggak hanya terpatok karena mitos padahal saat sedang hamil," ucap Shandy. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa ada beberapa manfaat dari olahraga pilates untuk ibu hamil, seperti: 

  • Memperkuat otot. 
  • Mengontrol berat badan. 
  • Mengatasi sakit pinggang.
  • Membuat tidur lebih lelap.
  • Menjaga mood selama hamil agar tetap baik.
  • Mampu mencegah varises, kaki bengkak hingga kram.

Meskipun begitu, pastikan olahraga selama hamil masih tahap ringan serta perlu tetap menjaga kesehatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pro Kontra Shandy Aulia Pilates Saat Hamil, Apa Manfaat & Bahayanya?

4. Shandy Aulia ingin menjalani persalinan secara normal 

4. Shandy Aulia ingin menjalani persalinan secara normal 
Instagram.com/shandyaulia

Banyak ibu hamil yang ingin melakukan persalinan secara normal karena proses pemulihannya terbilang cepat, begitu pun dengan Shandy Aulia. Dirinya sudah mulai menyiapkan diri dengan niat kuat, olahraga serta mengatur pola hidup serta makannya secara lebih terjaga. 

"Persalinan normal atau caesar itu sebenarnya pilihan. Kalau saya pribadi, Tuhan sudah punya rencana untuk setiap ibu hamil dalam memilih melakukan persalinan normal atau caesar," ucap Shandy. 

Meskipun mengikuti rencana pemberian dari sang Pencipta, Shandy ingin kalau anak pertamanya bisa terlahir secara normal karena ingin proses pemulihannya lebih cepat. 

"Kalau aku sendiri lebih inginnya normal karena saya termasuk orang yang tidak bisa lama-lama berdiam dan kalau caesar butuh waktu yang lama pemulihannya. Karena itulah, saya ingin yang pemulihan dan sembuhnya cepat. Ketika persalinan normal pun akan lebih cepat dan mudah untuk beraktivitas kembali," tutupnya. 

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa cara cepat dalam pemulihan pasca persalinan normal mulai dari makan teratur, cukup istirahat, senam kegel hingga menjalani proses menyusui secara eksklusif. 

Nah, itu dia beberapa cerita dari Shandy Aulia ketika diwawancarai oleh Popmama.com saat promo film terbarunya. 

Semoga kehamilan Shandy bisa terus sehat hingga proses persalinan nanti ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!