Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Mimpi yang Sering Dialami saat Hamil Trimester Kedua Beserta Artinya

Pernahkah Mama mengalami salah satu dari mimpi ini?

26 November 2022

5 Mimpi Sering Dialami saat Hamil Trimester Kedua Beserta Artinya
Freepik/bearfotos

Mulai memasuki trimester kedua kehamilan, merupakan hal yang umum bagi ibu hamil untuk mengalami mimpi-mimpi yang terkesan aneh saat tidur.

Menurut laman Baby Centre, hal ini normal sebab di trimester kedua terjadi perubahan bentuk tubuh dan berat badan yang cukup signifikan pada ibu hamil.

Selain itu, perubahan hormon dan faktor luar juga bisa memengaruhi mimpi yang dialami selama kehamilan trimester kedua. Namun, ternyata mimpi-mimpi ini memiliki arti yang bisa dijelaskan secara medis, Ma. 

Berikut telah Popmama.com rangkum 5 mimpi yang sering dialami saat hamil trimester kedua beserta artinya. Langsung saja disimak selengkapnya, yuk, Ma!

1. Mimpi yang berkaitan dengan hewan

1. Mimpi berkaitan hewan
Freepik/wayhomestudio

Memimpikan hewan maupun hewan peliharaan saat hamil trimester kedua merupakam hal yang normal, sebab secara psikis, Mama tengah mempersiapkan diri untuk menjadi ibu yang merawat bayinya.

Jika di dalam mimpi tersebut hewan-hewan yang muncul terlihat lucu dan menyenangkan, seperti anak ayam, kucing, dan anjing peliharaan, hal ini bisa mengindikasikan kesiapan mama untuk segera bertemu si Kecil.

Sebaliknya, jika hewan yang muncul justru merupakan jenis yang berbahaya atau menakutkan, hal ini bisa menggambarkan rasa kecemasan mama dalam menghadapi fase baru dalam kehidupan, yakni menjadi ibu. 

Tenang, Ma, hal ini juga masih dalam taraf normal selama tidak mengganggu waktu tidur dan kesehatan fisik mama. 

Editors' Picks

2. Mimpi erotis

2. Mimpi erotis
Pexels/cottonbro

Memasuki trimester kedua, mual-mual dan pusing yang mendominasi trimester pertama kini berkurang, digantikan dengan kondisi payudara dan vagina yang lebih sensitif.

Kondisi ini dapat mempengaruhi mimpi yang menjadi lebih erotis, bahkan jika pasangan di dalam mimpi bukan merupakan suami mama, atau merupakan orang asing.

Jika pasangan yang muncul di dalam mimpi merupakan seseorang yang mama kenal di masa lalu, hal ini bisa berarti bahwa Mama tengah menutup pintu masa lalu dan lebih mempersiapkan diri menjadi ibu.

Sementara jika pasangan di dalam mimpi adalah suami sendiri atau orang yang dikenal, ini bisa mengartikan rasa insecure mama terhadap perubahan bentuk tubuh dan berat badan, serta berkurangnya frekuensi seks saat hamil.

3. Mimpi menjatuhkan bayi

3. Mimpi menjatuhkan bayi
Pexels/RODNAE Productions

Mimpi menempatkan calon bayi dalam posisi yang berbahaya merupakan hal yang cukup umum dialami oleh para ibu hamil. Terutama di trimester kedua saat kehadiran bayi semakin jelas dengan munculnya baby bump.

Mimpi membahayakan bayi seperti menjatuhkannya, atau meninggalkannya sendirian, bisa mengindikasikan rasa khawatir terhadap peran baru mama.

Perasaan takut akan menjadi ibu yang buruk juga bisa muncul melalui mimpi ini. Namun tak hanya itu, hal ini juga bisa menandakan rasa sayang dan peduli mama pada si Kecil sehingga selalu ingin berhati-hati. 

4. Mimpi pasangan berselingkuh

4. Mimpi pasangan berselingkuh
Freepik/Jcomp

Pada saat hamil, termasuk di trimester kedua, tentunya Mama jadi lebih bergantung pada dukungan dan bantuan orang lain dibanding sebelumnya, terutama pada pasangan. 

Di saat yang bersamaan, Mama mungkin merasa insecure karena perubahan tubuh dan faktor eksternal lainnya yang dapat berujung pada rasa takut kehilangan rasa cinta dari pasangan. 

Rasa cemas ini dapat bermanifestasi melalui mimpi, termasuk mimpi pasangan berselingkuh saat Mama tengah hamil. Untuk itu, komunikasi dengan pasangan sangatlah penting jika ada perasaan tertentu yang membuat tak nyaman. 

5. Mengalami vivid dream

5. Mengalami vivid dream
Pexels/Miriam Alonso

Vivid dream merupakan mimpi yang terasa sangat nyata, hingga seseorang bisa merasa seakan bisa menentukan pilihannya sendiri selama berada di dalam mimpi.

Bagi ibu hamil, mengalami vivid dream yang berkaitan dengan orang asing yang misterius, monster, hingga mimpi mengalami kejadian semacam paranormal experience.

Hal ini bisa mengindikasikan perubahan-perubahan drastis selama kehamilan yang terkadang terasa seperti 'misteri' dan seringkali membuat bingung atau panik. 

Itu tadi 5 mimpi yang sering dialami saat hamil trimester kedua beserta artinya. Jika mimpi sudah sampai mengganggu kualitas tidur dan membuat lelah di pagi harinya, konsultasi dengan bidan atau tenaga medis mungkin diperlukan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk