Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Susu rendah lemak menurunkan risiko komplikasi kehamilan akibat berat badan berlebih

28 November 2022

5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak Ibu Hamil
Freepik/Tonefotografia

Sesuai namanya, susu rendah lemak merupakan susu dengan kadar lemak yang cenderung rendah dibandingkan dengan susu pada umumnya.

Susu ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni susu dengan persentase kadar lemak 0% (0 gram lemak) yang disebut susu skim, 1% (2,5 gram lemak), dan 2% (4,5 gram lemak).

Selain kadar lemaknya yang rendah, ketiga varian susu ini juga memiliki kadar kolesterol cenderung rendah, dengan rata-rata 5 mg kolesterol dalam segelasnya. Sehingga baik dikonsumsi bagi para bumil yang dianjurkan dokter untuk menjaga berat badan.

Kali ini Popmama.com telah rangkum 5 rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil yang bisa Mama coba. Apa saja mereknya? Yuk, langsung saja cek daftar selengkapnya!

Manfaat Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Manfaat Susu Rendah Lemak Ibu Hamil
Freepik/Suranualpradid

Tak jarang ibu hamil mendapat anjuran dari dokternya untuk menjaga berat badan agar tidak overweight. Hal ini umumnya bertujuan untuk mencegah komplikasi kehamilan yang membahayakan ibu dan janin.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Mama dapatkan dari meminum susu jenis ini saat hamil, seperti berikut ini:

  • Menurunkan risiko diabetes. Diabetes gestasional merupakan kondisi yang tak bisa disepelekan. Terkadang ibu hamil tak menyadari bahwa perubahan hormon selama hamil bisa menyebabkan gula darah melonjak. 

  • Menurunkan risiko stroke dan tekanan darah tinggi. Ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi disarankan untuk beralih ke susu rendah lemak untuk mengurangi risiko stroke. 

  • Menurunkan risiko obesitas pada bayi. Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang meminum susu rendah lemak cenderung melahirkan bayi dengan berat badan yang lebih stabil.

Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Susu Rendah Lemak Ibu Hamil
Unsplash/Kim Gorga

Susu rendah lemak yang beredar di pasaran memiliki beragam manfaat, namun tak semua mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Untuk menambah asupan gizi harian mama, berikut beberapa rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil yang bisa Mama coba: 

Editors' Picks

1. Anmum Materna

1. Anmum Materna
Anmum.com

Anmum Materna adalah susu ibu hamil dengan kadar lemak yang rendah, yakni hanya sekitar 3 gram untuk rasa vanila, dan 4,5 gram untuk varian rasa cokelat per persentase Angka Kebutuhan Gizi (AKG).

Susu ini tinggi akan kandungan asam folat yang baik bagi perkembangan janin. Serta protein, asam amino, dan asam lemak yang penting bagi pembentukan sistem saraf janin.

Untuk mendapatkan produk ini, Mama bisa membelinya di berbagai toko swalayan dan e-commerce dengan kisaran harga sekitar Rp 75.000,00 untuk ukuran 400 gram. 

2. Bellamy's Organic Pregnancy Formula

2. Bellamy's Organic Pregnancy Formula
Tokopedia.com

Bellamy's Organic Pregnancy Formula merupakan merek susu ibu hamil organik yang kadar lemak totalnya hanya sekitar 3,3 gram per sajian.

Susu ini diproses tanpa melibatkan bahan sintetis dan diperah dari sapi yang dipelihara tanpa asupan bahan kimia. Bellamy's Organic diperkaya dengan asam folat yang baik untuk kekebalan janin, serta DHA, FOS & GOS.

Untuk mendapatkan produk ini, Mama bisa membelinya di berbagai e-commerce dengan kisaran harga sekitar Rp 545.000,00 untuk ukuran 900 gram. 

3. Frisomum Gold

3. Frisomum Gold
Tokopedia.com

Frisomum Gold merupakan susu ibu hamil dengan kandungan kadar lemak total yang cukup rendah, yakni sekitar 4 gram per persentase Angka Kebutuhan Gizi (AKG).

Susu ini diperkaya dengan asam folat, zat besi, kalsium, serat, serta DHA dan AA yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan kebutuhan gizi yang meningkat selama kehamilan, serta memberikan nutrisi yang tepat bagi perkembangan janin.

Untuk mendapatkan produk susu ini, Mama bisa membelinya melalui berbagai e-commerce dengan kisaran harga Rp 88.000,00 untuk ukuran kaleng 400 gram. 

4. Lactamil

4. Lactamil
Shopee.com

Lactamil merupakan susu ibu hamil dengan kandungan lemak yang rendah, yakni hanya sekitar 2 gram per persentase Angka Kebutuhan Gizi (AKG).

Formulanya diperkaya dengan ACTIDuobio+ yang baik untuk mempersiapkan kehamilan, terutama di tahap awal, dengan fungsinya yang membantu kekebalan tubuh ibu hamil dan menjaga tumbuh kembang janin.

Untuk mendapatkan produk susu ini, Mama bisa membelinya di berbagai toko swalayan dan e-commerce dengan kisaran harga Rp 85.000,00 untuk ukuran 400 gram. 

5. Similac Mum

5. Similac Mum
Shopee.com

Similac Mum merupakan susu ibu hamil yang memiliki kandungan lemak cenderung sangat rendah, yakni hanya sekitar 1 gram per 100 gram sajiannya. 

Susu ini diperkaya dengan Eye-Q Nutrition System, Natural Vitamin E, dan Lutein yang dapat mencegah proses oksidasi kandungan DHA pada susu. Kandungannya memenuhi nutrisi harian ibu hamil dan janin secara seimbang.

Untuk mendapatkan produk susu ini, Mama bisa membelinya di berbagai e-commerce dengan kisaran harga sekitar Rp 560.000,00 untuk ukuran kaleng 900 gram. 

Itu tadi rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil yang bantu penuhi kebutuhan gizi mama dan calon buah hati dengan tetap menjaga berat badan yang sehat. Selamat mencoba, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk