TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Vitamin untuk Meredakan Sindrom Restless Leg pada Ibu Hamil

Sindrom restless legs merupakan sindrom kaki gelisah

5 Oktober 2022

5 Vitamin Meredakan Sindrom Restless Leg Ibu Hamil
Pexel/catscoming

1 dari 3 perempuan mengalami sindrom restless leg selama masa kehamilannya, dan umumnya dirasakan di trimester ketiga.

Saat mengalaminya, kaki mama terasa terdorong untuk terus bergerak dan justru tak nyaman saat diistirahatkan, terutama di malam hari.

Gangguan sensorik ini bisa terjadi karena kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan dopamin, perubahan hormon, genetik, serta gaya hidup tak sehat.

Namun, jangan khawatir! Ternyata ada salah satu cara yang mudah untuk mengatasinya, yakni dengan mengonsumsi vitamin.

Di bawah ini Popmama.com telah rangkum 5 vitamin untuk meredakan sindrom restless legs pada ibu hamil. Apa saja?

1. Vitamin E

1. Vitamin E
Pixabay/ H. Hach

Menurut hasil sebuah penelitian, 7 dari 9 orang yang mengonsumsi vitamin E sebanyak 400-800 IU per harinya memiliki sindrom restless legs yang jauh lebih terkontrol.

Selain itu, mengonsumsi vitamin ini juga dapat membantu mengurangi rasa kram di kaki, yang umum dialami oleh ibu hamil, terutama di trimester akhir.

Sumber vitamin E di dalam makanan di antaranya tedapat pada labu, kacang-kacangan (termasuk kacang almond), selai kacang, paprika, dan biji bunga matahari.

Editors' Picks

2. Vitamin D

2. Vitamin D
Freepik/Racool Studio

Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak seperti vitamin lainnya, vitamin D berfungsi seperti hormon, dan banyak dari sel tubuh memiliki reseptor untuknya.

Artinya, tubuh bisa menghasilkan vitamin D dari kolesterol, saat tubuh terpapar sinar matahari.

Vitamin D juga bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti ikan yang berlemak, sereal yang difortifikasi, kuning telur, yoghurt dan hati sapi.

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi vitamin D, dapat meringankan sindrom kaki gelisah.

3. Vitamin B12

3. Vitamin B12
Pixabay/PDPhotos

Menurut Dr. William Anderson, seorang ahli farmasi di Florida, konsumsi vitamin B12 juga dapat berpengaruh untuk meredakan sindrom restless legs.

Mama bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dalam sejumlah makanan seperti daging sapi, ikan sarden, kerang, dan makanan yang terbuat dari susu.

Melansir dari Harvard Medical School, mengonsumsi 1000 mcg vitamin B12 pada malam hari membantu mengurangi sindrom ini. Namun, pastikan Mama berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya, ya!

4. Vitamin C

4. Vitamin C
Unsplash/Monika Grabkowska

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab sindrom restless legs.

Mengonsumsi vitamin C dapat meringankan sindrom restless legs, terutama karena dapat membantu dalam penyerapan zat besi dengan lebih baik.

Vitamin C dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, di antaranya buah-buahan seperti buah sitrus (jeruk, lemon), stroberi, kentang, brokoli dan lada.

Mama dapat mengombinasikannya dengan vitamin E. Mengombinasikan kedua vitamin ini juga dinyatakan dapat membantu sindrom restless legs pada ibu hamil dengan gangguan fungsi ginjal.

5. Vitamin B9

5. Vitamin B9
Unsplash/Louis Hansel

Vitamin B9 atau folat merupakan salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi selama kehamilan.

Vitamin ini ternyata juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah dan mengurangi perasaan gelisah pada kaki di malam hari. 

Vitamin B9 dalam bentuk makanan bisa didapatkan melalui sayuran seperti bayam, dan kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang lentil.

Nah, itu tadi 5 vitamin untuk meredakan sindrom restless legs pada ibu hamil. Mama bisa mengonsumsinya melalui makanan yang disebutkan, maupun suplementasi. Namun, pastikan Mama telah mendapat anjuran dari dokter sebelum mencoba suplemen tertentu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk