Plasenta Previa Saat Hamil, Rifky Balwel Panik Istrinya Pendarahan

Plasenta Previa yang membuat Biby dirawat di rumah sakit 5 hari

5 Agustus 2019

Plasenta Previa Saat Hamil, Rifky Balwel Panik Istri Pendarahan
Instagram.com/Rifkybalweel

Setelah 1 tahun menikah, kini pasangan Rifky Balweel dan Biby Alraen dikaruniai oleh anak laki-laki yang diketahui dari instagram Biby. Selama kehamilan Biby sempat mengalami gangguan kehamilan yang menyebabkan ia harus dirawat di rumah sakit.

"Kalau mual sampai muntah itu dari pertama hamil sampai sekarang malan belum pernah ngerasain muntah, ngga mual. nggak pernah sama sekali. Cuman kemarin sempat dirawat 5 hari di rumah sakit karena pendarahan. Pas di cek ternyata letak plasentanya itu di bawah banget. dekat mulut rahim," ujar Biby.

Biby diketahui sempat mengalami pendarahan karena posisi plasenta yang terlalu kebawah yang disebut dengan nama Placenta Previa. Placenta Previa sendiri adalah masalah kehamilan di mana plasenta tumbuh di bagian terendah rahim (uterus) dan menutupi seluruh atau sebagian dari pembukaan mulut rahim.

Kali ini Popmama.com merangkum tentang Placenta Previa dan kisah tentang periode trimester kedua kehamilan pertama Biby, yuk disimak!

1. Apa itu Plasenta Previa?

1. Apa itu Plasenta Previa
Commons.wikimedia.org

Sebagian besar kehamilan, plasenta menempel di bagian atas atau samping rahim. Salah satu permasalahan yang menyerang plasenta adalah Placenta PreviaPlacenta Previa tumbuh di bagian terendah rahim atau uterus yang menutupi seluruh atau sebagian pembukaan mulut rahim.

Selama masa kehamilan, plasenta bergerak saat rahim menjadi semakin melebar dan bertumbuh. Plasenta sangat rendah kandungannya di awal kehamilan. Tetapi saat usia kehamilan bertambah, plasenta bergerak ke bagian atas rahim. 

Saat memasuki trimester kedua dan ketiga, plasenta harus berada di dekat bagian atas rahim sehingga serviks terbuka untuk memudahkan persalinan. Namun, sebagian plasenta atau seluruhnya dapat menutupi daerah serviks yang disebut dengan Placenta Previa.

Placenta Previa dapat menyebabkan pendarahan hebat selama kehamilan dan persalinan hal ini yang dialami oleh Biby Alraen pada usia kandungan 4 bulan.

Editors' Picks

2. Penyebab Placenta Previa

2. Penyebab Placenta Previa
Freepik.com/Biancoblue

Placenta Previa termasuk permasalahan yang jarang terjadi karena hanya menyerang 1 dari 200 kemahilan. Permasalahan ini lebih sering terjadi pada perempuan yang memiliki bentuk rahim yang tidak normal, memiliki bekas luka pada lapisan rahim karena riwayat operasi atau operasi sesar, pernah mengalami banyak kehamilan, memiliki kehamilan ganda seperti kembar atau kembar tiga, dan ferlitisasi in vitro.

Menurut Biby, Placenta Previa yang dialaminya karena banyak kegiatan sehingga membuat dirinya mudah lelah sehingga sensitif untuk mengeluarkan darah. Pendarahan ini membuat Biby harus istirahat total dengan melakukan bedrest selama 5 hari berada di rumah sakit.

Walaupun sempat panik melihat darah, janin yang berada dalam kandungan Biby dikatakan aman oleh dokter kandungan. Menurutnya, kehamilan setiap orang berbeda-beda dan Placenta Privia yang dialami oleh Biby ini akibat dari kontraksi yang menyebabkan pendarahan.

3. Mengetahui jenis kelamin kandungan 3 bulan

3. Mengetahui jenis kelamin kandungan 3 bulan
Instagram.com/Bibyalraen13

Tanggal 25 Juli kemarin, Biby menunggah sebuah foto di instagramnya yang menyebutkan di caption fotonya bahwa iya mengandung anak laki-laki.

"Assalamuallaikum calon anak laki2 sholeh , sehat trus kuat terus sampe lahiran ya cintanya ayah sm bunda , makasih gak buat bundanya mual muntah , super nikmat makan apapun hayoo belum pernah muntah sekalipun selama hamil luarbisa km bayikkk, sampe naik trus timbangan bundanya hampir 4 bulan udah naik 4 kiloo" tulis Biby di caption Instagramnya.

Kehamilan pertamanya ini membuat Biby dan Rifky sangat bahagia mendapatkan anugerah, sebab selama setahun menikah, mereka telah menanti-nantikan hal ini.

4. Sudah menyiapkan nama bagi si bayi

4. Sudah menyiapkan nama bagi si bayi
Freepik.com

Saat mengetahui jenis kelamin Si Bayi dari usia kandungna 3 bulan, membuat pasangan ini semangat langsung mencarikan nama. Kemudian Biby mengaku sudah menemukan nama yang akan ia berikan pada anak laki-lakinya kelak.

Biby menceritakan hal spesial saat ia menemukan nama ini. Biby mendapatkan nama bagi calon bayi saat mengaji, secara tidak sengaja ia menemukan sebuah ayat di Alquran.

Saat mengaji, Biby menyebutkan 1 ayat yang tidak lancar saat dibaca, dan dalam ayat tersebut terdapat sebuah kata yang tidak sengaja disebutkan oleh Biby. Kemudian, ketika ia cari artinya memiliki arti yang sangat bagus dan langsung ia catat. 
 

5. Lebih menjaga kehamilan pertamanya

5. Lebih menjaga kehamilan pertamanya
Instagram.com/Bibyalraen13

Memasuki kehamilan pertamanya membuat Biby lebih menjaga kehamilannya dengan ekstra karena juga banyaknya aktivitas yang membuat ia lebih sibuk. Hal ini diceritakan di caption instagramnya.

"Aku harus ekstra jaga banget nih dikehamilan pertama ku yang super buat deg”an karna sebulan belakangan ini suka flek setiap banyak aktifitas. Panik lemes mikir aneh-aneh semua campur aduk gak bisa bgt kecapean sedikitpun," tulisnya di caption instagram.

Banyaknya aktivitas Biby, juga membuat Rifky lebih protektif agar Placenta Previa yang dialami oleh Biby tidak kembali pendarahan akibat kontraksi pada bagian plasentanya.

"Pasti lebih semakin mengingatkan jangan terlalu capek," kata Rifky.

Nah tadi adalah rangkuman cerita kehamilan Biby dan permasalahan Placenta Previa yang dialaminya. 

Apakah kamu sempat memiliki permasalahan pada plasenta? Yuk ceritakan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.