Deretan Artis yang Cat Rambut saat Hamil, Ada Shandy Aulia

Kehamilan bukan menjadi penghalang bagi deretan artis ini untuk mewarnai rambutnya

19 Januari 2022

Deretan Artis Cat Rambut saat Hamil, Ada Shandy Aulia
Instagram.com/celine_evangelista & Instagram.com/septriasaacha

Sebagian besar ibu hamil ingin tetap tampil menawan di masa kehamilannya. Berbagai perawatan kecantikan pun dilakukan demi tetap terlihat cantik meski sedang mengandung buah hatinya. 

Tak sedikit juga ibu hamil yang tetap memerhatikan penampilan rambutnya di masa kehamilan. Tak terkecuali para artis ini yang rela melakukan pewarnaan rambut agar penampilannya tetap menarik. 

Lantas, siapa sajaartis yang cat rambut saat hamil? Apakah aman mewarnai rambut saat sedang hamil?

Nah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak rangkuman Popmama.com berikut ini ya, Ma!

1. Nikita Mirzani

1. Nikita Mirzani
Instagram.com/nikitamirzanimawardi_172

Artis yang cat rambut saat hamil pertama adalah Nikita Mirzani. Siapa yang tak kenal Nikita Mirzani? Mama dari tiga anak ini sangat populer dengan penampilannya yang sering menyita perhatian publik. 

Nikita Mirzani kerap kali mengubah penampilannya, termasuk soal rambut yang sering diwarnai, dari pirang hingga warna yang mencolok sekalipun. Bahkan, saat sedang mengandung, Nikita Mirzani tak ragu untuk menggonta-ganti warna rambutnya.

Pada saat itu, Nikita merasa tidak khawatir karena ia mengecat rambutnya di usia kehamilan yang sudah di atas enam bulan. Menurutnya, mengecat rambut boleh saja dilakukan asal usia kandungan sudah cukup, yaitu di atas enam bulan.

2. Acha Septriasa

2. Acha Septriasa
Instagram.com/septriasaacha

Artis selanjutnya yang mengecat rambutnya saat sedang hamil adalah Acha Septriasa. Aktris pemeran film 99 Cahaya di Langit Eropa ini sempat mewarnai rambutnya saat mengandung anak pertama di tahun 2017 silam.

Acha Septriasa mewarnai rambutnya untuk mempersiapkan penampilannya menjelang kelahiran sang buah hati.

Namun, Acha sempat menuai banyak pertanyaan dari warganet mengenai amankah mengecat rambut saat sedang hamil.

Acha pun menanggapi pertanyaan tersebut dengan jawaban dari dokter kandungannya. "Hahaha kalau kata dokter sini selama usia kehamilan di atas 33 minggu itu aman," kata Acha, menjawab pertanyaan yang dilontarkan warganet kepadanya.

Editors' Picks

3. Shandy Aulia

3. Shandy Aulia
Instagram.com/shandyaulia

Shandy Aulia kini tengah menikmati perannya sebagai seorang Mama. Pernikahannya dengan David Herbowo kini semakin lengkap dengan hadirnya sang buah hati, Claire Herbowo yang lahir pada 12 Februari 2020 lalu. 

Ingin tetap tampil menawan saat hari persalinannya, Shandy Aulia sempat mewarnai rambutnya saat sedang mengandung Claire. Perempuan berusia 34 tahun itu mewarnai rambutnya saat usia kehamilannya telah memasuki delapan bulan.

Shandy Aulia mengecat rambutnya di salon menjadi warna cokelat dengan sedikit highlight berwarna cokelat terang yang membuat penampilannya tampak semakin fresh saat menjelang persalinannya.

4. Celine Evangelista

4. Celine Evangelista
Instagram.com/celine_evangelista

Artis yang cat rambut saat hamil selanjutnya adalah Celine Evangelista. Celine sempat mewarnai rambutnya saat hamil anak keempatnya yang bernama Baby Koa.

Saat itu, Celine mengecat rambutnya menjadi warna cokelat terang. Ia bahkan sempat menanyakan pendapat warganet mengenai penampilan rambut barunya. 

"Kemarin aku baru potong rambut dan warnain rambut. Menurut kalian gimana?," tulis Celine.

Unggahannya tersebut dibanjiri oleh pujian warganet yang menyebutkan bahwa penampilan Celine sangat menawan.

Apakah Aman Cat Rambut saat Hamil?

Apakah Aman Cat Rambut saat Hamil
Freepik/freepik

Mengecat rambut memang sudah lama menjadi tren, terutama di kalangan para artis. Tak heran jika para artis tersebut tetap memerhatikan penampilannya dengan mewarnai rambut, bahkan saat sedang hamil. 

Namun, masih banyak menjadi pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil mengecat rambut. Apalagi tak sedikit produk pewarnaan rambut yang mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya jika dipakai saat hamil.

Hingga saat ini, masih belum ada penelitian yang membuktikan secara pasti seberapa amankah pewarnaan rambut saat hamil.

Namun, dilansir dari Cleveland Clinic, kulit kepala bisa menjadi penghalang kuat untuk mencegah pewarna rambut masuk ke dalam tubuh.

Jadi, kemungkinan bahan kimia dalam pewarna rambut terserap ke dalam tubuh sangat kecil jika Mama memiliki kulit kepala yang sehat. 

Selain itu, jika ingin mewarnai rambut, sebaiknya Mama menunggu setidaknya sampai memasuki usia kehamilan trimester kedua atau ketiga.

Usia tersebut dianggap lebih aman dari kehamilan trimester pertama. Namun, jika Mama ragu, tunggulah sampai masa kehamilan berakhir.

Hal yang Wajib Diperhatikan jika Ingin Cat Rambut saat Hamil

Hal Wajib Diperhatikan jika Ingin Cat Rambut saat Hamil
Freepik/rawpixel.com

Sebenarnya, perawatan rambut seperti mengecat rambut dianggap aman dilakukan saat kehamilan. Namun, ada beberapa hal yang wajib Mama perhatikan sebelum melakukannya, di antaranya adalah:

  • Hindari kontak langsung antara kulit kepala dan bahan kimia dari pewarna rambut untuk mengurangi risiko yang bisa membahayakan janin.

  • Tunggu setidaknya sampai memasuki usia kehamilan trimester kedua atau ketiga.

  • Jika ingin mewarnai rambut sendiri, gunakan sarung tangan untuk mengurangi kontak langsung antara bahan kimia dengan kulit tangan.

  • Periksa kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam produk perwarna rambut yang digunakkan. 

  • Pilih pewarna rambut alami yang lebih aman, misalnya henna yang terbuat dari tumbuhan.

  • Sebelum mewarnai seluruh rambut, lakukan tes alergi untuk mencegah iritasi pada kulit.

  • Ikuti petunjuk penggunaan cat rambut dan jangan biarkan bahan kimia menempel di rambut terlalu lama.

Nah, itulah informasi deretan artis yang cat rambut saat hamil. Jika Mama berniat untuk mengecat rambut saat sedang mengandung, sebaiknya perhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas ya, Ma.

Selain itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk