TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Bergerigi?

Bolehkah pakai kondom bergerigi saat istri sedang hamil? Simak penjelasannya di sini, yuk!

1 September 2022

Berhubungan Seks saat Hamil, Bolehkah Suami Pakai Kondom Bergerigi
itspleazure.com

Saat sedang hamil, sebagian besar perempuan akan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Termasuk juga saat melakukan aktivitas seksual bersama suami.

Sebagian besar pasangan suami istri memilih untuk melakukan hubungan seksual dengan kondom apabila sang istri tengah hamil. Pasalnya, kondom dapat menahan sperma yang dapat menyebabkan kontraksi atau risiko lain yang bisa memengaruhi kondisi janin di dalam rahim.

Namun, ada berbagai jenis kondom dengan berbagai bahan, tekstur, bahkan aroma yang berbeda-beda. Salah satu jenis kondom yang dijual adalah kondom bergerigi, yakni kondom yang memiliki tekstur, baik berupa totol-totol atau menyerupai duri, yang dipercaya mampu meningkatkan kenikmatan hubungan seksual.

Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah seks saat hamil, bolehkah suami pakai kondom bergerigi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum jawabannya.

1. Bolehkah suami menggunakan kondom saat istri sedang hamil?

1. Bolehkah suami menggunakan kondom saat istri sedang hamil
Unsplash/CDC

Pada dasarnya, suami diperbolehkan menggunakan kondom saat berhubungan seksual dengan istrinya yang sedang hamil. Sebagian besar penggunaan kondom tidak memengaruhi kondisi ibu hamil maupun janin dalam kandungan. 

Bahkan, penggunaan kondom saat sang istri sedang hamil dapat mengurangi risiko terjadinya kontraksi yang disebabkan oleh kandungan protein dalam sperma.

Selain itu, penggunaan kondom juga bisa berfungsi untuk mencegah penularan penyakit kelamin atau penyakit menular seksual yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Editors' Picks

2. Bolehkah suami menggunakan kondom yang bergerigi saat istri sedang hamil?

2. Bolehkah suami menggunakan kondom bergerigi saat istri sedang hamil
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Penggunaan kondom bergerigi saat berhubungan seksual dengan istri yang sedang hamil sebenarnya boleh saja selama ibu hamil merasa nyaman dan tak terbebani. Pasalnya, posisi bayi tidak berada di dekat vagina sehingga kecil kemungkinan bisa memengaruhi kondisinya.

Meskipun begitu, Mama tetap harus berhati-hati saat berhubungan seksual selama kehamilan. Pasalnya, ada beberapa jenis kondom yang mengandung bahan kimia yang bisa masuk ke rahim dan bisa membahayakan kondisi janin.

3. Memilih jenis kondom yang aman saat berhubungan seksual dengan istri yang sedang hamil

3. Memilih jenis kondom aman saat berhubungan seksual istri sedang hamil
Unsplash/Reproductive Health Supplies Coalition

Dilansir dari Baby Center, jenis kondom yang terbilang aman dan nyaman untuk digunakan saat berhubungan seksual dengan istri yang sedang hamil adalah kondom lateks.

Namun, bagi yang sensitif terhadap lateks, suami bisa menggunakan kondom polyurethane. Kelebihan dari kondom ini adalah bahannya yang tipis, namun mungkin cenderung lebih rentan untuk bocor daripada kondom lateks.

Selain itu, pastikan juga kondom yang digunakan belum melewati tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Pasalnya, kondom yang sudah kadaluarsa fungsinya akan menurun, bahkan bisa menyebabkan iritasi.

4. Konsultasikan kepada dokter mengenai jenis kondom yang digunakan

4. Konsultasikan kepada dokter mengenai jenis kondom digunakan
Freepik/freepik

Jika suami harus menggunakan kondom saat istri sedang hamil, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis kondom yang digunakan. Pastikan merek kondom yang dipilih aman dan disetujui oleh dokter, serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Pasalnya, banyak jenis kondom yang mengandung berbagai bahan kimia yang bisa berisiko pada kesehatan janin.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun bayi tidak berada di dekat vagina, namun bahan kimia yang terdapat pada kondom masih bisa masuk ke dalam rahim.

5. Tips memilih kondom bergerigi yang aman

5. Tips memilih kondom bergerigi aman
adultproductsindia.com

Saat memutuskan untuk menggunakan kondom bergerigi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih maupun menggunakan kondom gerigi secara aman, yaitu:

  • Pastikan kondom yang digunakan sudah sesuai dengan standar keamanan dan mampu mencegah penularan penyakit menular seksual.

  • Periksa tanggal kadaluarsa kondom pada kemasannya. 

  • Pilih bahan kondom bergerigi yang cocok dengan kulit.

  • Hentikan penggunaan kondom apabila ibu hamil mengalami luka di area kelamin atau perdarahan.

  • Hindari penggunaan kondom bergerigi apabila ibu hamil memiliki kondisi yang rentan, seperti leher rahim lemah, memiliki riwayat keguguran, atau sedang hamil anak kembar.

  • Kondom tidak boleh digunakan kembali untuk menghindari paparan bakteri maupun kondisi kondom yang rentan robek.

Nah, itu dia informasi mengenai seks saat hamil, suami pakai kondom bergerigi. Dapat disimpulkan bahwa kondom bergerigi boleh digunakan oleh suami saat istri sedang hamil, selama bumil sendiri merasa nyaman dan tidak menyebabkan iritasi.

Namun, jika ragu, Mama dan Papa dapat berkonsultasi terlebih dahulu perihal penggunaan kondom bergerigi ini ke dokter kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk