TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Ibu Hamil

Pastikan menggunakan sabun mandi berbahan dasar alami, ya, Ma!

4 Oktober 2022

10 Rekomendasi Sabun Mandi Ibu Hamil
Pexels/Sarah Chai

Kondisi tubuh saat hamil akan mengalami banyak perubahan. Maka dari itu, Mama perlu memberikan perhatian dan perawatan khusus agar kulit tetap sehat saat hamil.

Perubahan hormon saat hamil menyebabkan kulit lebih sensitif dari biasanya. Oleh karena itu, Mama harus berhati-hati dengan kandungan sabun mandi yang digunakan selama kehamilan.

Kandungan bahan kimia seperti paraben dalam sabun mandi dapat menghambat perkembangan janin. Itulah mengapa Mama harus memilih sabun mandi yang aman.

Berikut Popmama.com rangkum 10 rekomendasi sabun mandi untuk ibu hamil. Apa saja?

1. Aveeno Skin Relief Body Wash

1. Aveeno Skin Relief Body Wash
Amazon/Aveeno Store

Mama mencari sabun mandi yang ramah untuk ibu hamil? Aveeno Skin Relief Body Wash bisa jasi salah satu pilihannya.

Sabun mandi ini terbuat dari bahan-bahan alami yang lembut, sehingga dapat membantu menutrisi kulit Mama. Produk ini aman untuk ibu hamil dengan kulit sensitif dan alergi.

2. Attitude

2. Attitude
Amazon/ATTITUDE Store

Attitude juga menjadi salah satu sabun mandi yang jadi pilihan ibu hamil. Attitude diklaim bebas dari paraben, berzyl alcohol, MIT, laurenth sulfate, dan Formaldehyde yang berbahaya untuk ibu hamil.

Selain itu, sabun mandi ini mengandung bahan alami seperti argan oil yang mampu membuat kulit tetap lembab dan dapat meningkatkan produksi kolagen.

3. Dove Body Wash

3. Dove Body Wash
Amazon/Dove Store

Dove Body Wash aman digunakan saat hamil karena sudah teruji secara klinis. Yang terpenting, sabun ini bisa melindungi kulit mama dari mikrobioma kulit.

Selain itu, terdapat kandungan manggo butter dan almond butter yang membuat kulit mama tetap terhidrasi dan mencegah timbulnya jerawat pada tubuh selama kehamilan.

4. Jellys Pure Soap

4. Jellys Pure Soap
Tokopedia/AEON Official Shop

Sabun mandi yang satu ini juga bisa jadi pilihan mama selama kehamilan. Jellys Pure Soap mengandung vitamin E, minyak kelapa, AHA, dan glutathione yang mampu menutrisi kulit, mengatasi jerawat di punggung, hingga menstimulasi perkembangan sel kulit baru.

Editors' Picks

5. Method Body Wash

5. Method Body Wash
Amazon/Method Store

Karena produk ini terbuat dari bahan-bahan alami, Mama bisa menggunakannya saat hamil tanpa perlu khawatir.

Adapun kandungan yang terdapat pada sabun mandi ini adalah seperti susu beras, kelapa, dan shea butter, yang dapat menutrisi kulit mama selama kehamilan.

6. OGX Body Wash

6. OGX Body Wash
Amazon/OGX Store

Salah satu bahan utama dari OGX Body Wash ini adalah minyak kelapa, Ma. Kandungan minyak kelapa dalam produk ini dapat melindungi kulit mama dari bakteri berbahaya karena memiliki sifat antimikroba.

Selain itu, sabun mandi ini juga bisa membantu kulit mama agar tampak lebih cerah dan tetap lembap. Sabun ini cocok untuk semua jenis kulit.

7. Sebamed Olive Face & Body Wash

7. Sebamed Olive Face & Body Wash
Amazon/SEBAMED Store

Selain berguna sebagai sabun mandi, Mama juga bisa menggunakan sabun ini sebagai facial wash. Produk ini dirancang khusus untuk mencegah keriput dan iritasi.

Sebamed Olive Face & Body Wash mengandung bahan alami seperti silk protein, aloe vera, inulin, dan olive oil yang dapat merawat dan melindungi kulit selama kehamilan.

8. Sensatia Botanicals Calming Body Wash

8. Sensatia Botanicals Calming Body Wash
Tokopedia/Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals Calming Body Wash diklaim sebagai produk sabun mandi yang bebas bahan kimia berbahaya seperti paraben, silikon, phthalate, dan sulfat.

Sabun ini juga dikenal dengan kandungan bahan alami di dalamnya seperti ekstrak calendula yang mampu mencegah penuaan dini dan melembabkan kulit.

9. The Body Shop Almond Milk & Honey

9. The Body Shop Almond Milk & Honey
Amazon/The Body Shop Store

Almond Milk & Honey dari The Body Shop ini termasuk sabun mandi yang untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan prodyk ini tidak mengandung SLS dan aman untuk kulit sensitif.

Sabun mandi ini berbahan dasar ekstrak minyak kelapa, sunflower oil, dan almond oil, yang dapat membersihkan kotoran dan menjaga kelembapan kulit mama selama kehamilan.

10. Vanicream Gentle Body Wash

10. Vanicream Gentle Body Wash
Amazon/Vanicream Store

Kulit kering dan gatal saat hamil dapat diatasi dengan menggunakan Vanicream Gentle Body Wash, Ma. Sabun mandi ini telah teruji secara klinis aman digunakan ibu hamil. 

Vanicream Gentle Body Wash juga diklaim bebas bahan kimia, tidak menyebabkan iritasi kulit dan cocok untuk kulit sensitif.

Itu tadi 10rekomendasi sabun mandi untuk ibu hamil. Apakah sabun mandi pilihan mama termasuk dalam daftar di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk