Super Sehat! Ini 5 Manfaat Buah Ara untuk Ibu Hamil

Membuat berat badan ibu hamil lebih seimbang

14 Januari 2020

Super Sehat Ini 5 Manfaat Buah Ara Ibu Hamil
Pixabay.com/stux

Buah ara atau juga dikenal dengan sebutan tin ialah jenis buah yang berasal dari Asia Barat. Mungkin bagi sebagian Mama masih asing dengan buah ara yang sebenarnya memiliki khasiat baik bagi ibu hamil dan janin.

Buah ara diketahui baik untuk membantu urusan pencernaan manusia. Terlebih bagi ibu hamil yang sudah memasuki kehamilan yang semakin besar. Maka kondisi usus untuk mencerna makanan juga menjadi lebih lambat.

Lambatnya kondisi usus dalam mencerna makanan ini dipengaruhi oleh hormon kehamilan dan juga semakin besarnya ukuran janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi buah ara yang mengandung serat sangat tinggi ini dipercaya sangat baik membantu proses pencernaan seorang ibu hamil.

Selain khasiat yang baik untuk pencernaan, berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat lainnya dari buah ara yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Disimak yuk, Ma!

1. Mencukupi kebutuhan kalsium

1. Mencukupi kebutuhan kalsium
Freepik/onlyyouqj

Kalsium merupakan jenis mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin sehingga normal serta sehat.

Buah ara ternyata memiliki kalsium yang baik untuk tubuh sehingga bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan kalsium hariannya. Sebab tidak hanya untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin, ibu hamil yang mencukupi kalsiumnya juga tidak akan terkena osteoporosis setelah melahirkan. 

Editors' Picks

2. Membuat berat badan ibu hamil seimbang

2. Membuat berat badan ibu hamil seimbang
Parenting.firstcry.com

Berat badan ibu hamil adalah hal yang harus menjadi pertimbangan serius. Ibu hami yang kekurangan berat badan sesuai usianya tentu menjadi pertanda adanya masalah pada perkembangan bayi.

Tidak hanya kekurangan, kelebihan berat badan saat hamil pun bisa berbahaya karena bisa terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil. Untuk membuat berat badan seimbang ketika hamil dan tercukupi kandungan mineral serta gizinya, Mama bisa mengonsumsi buah ara yang mengandung tingkat basa yang tinggi memang sangat baik untuk ibu dan janin.

3. Dapat mengurangi morning sickness

3. Dapat mengurangi morning sickness
Freepik

Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa ibu hamil pada trimester awal kehamilan. Memang ada beberapa ibu hamil yang mengalami morning sickness yang sangat parah.

Kondisi seperti ini bisa berbahaya karena ibu hamil dan janin bisa saja kekurangan nutrisi. Jika janin tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya maka bisa membuat gagalnya perkembangan janin sehingga berdampak kematian atau cacat bawaan.

Buah ara dipercaya mengandung tingkat vitamin B6 yang sangat tinggi, jenis vitamin inilah yang bisa Mama manfaatkan untuk membantu mengurangi morning sickness secara alami. Sehingga nutrisi bisa tetap didapat bagi Mama dan janin yang dikandung.

4. Mencukupi kandungan zat besi

4. Mencukupi kandungan zat besi
Freepik/bearfotos

Tubuh manusia membutuhkan zat besi yang cukup, terlebih bagi ibu hamil yang membutuhkannya lebih tinggi. Ketika hamil, zat besi menjadi sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi persediaan darah tambahan bagi Mama dan janin yang dikandung.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ara bisa Mama manfaatkan untuk mengatasi permasalahan ini. Sebab buah ara memiliki zat besi yang cukup agar Mama tidak kekurangan darah atau terkena anemia selama kehamilan.

5. Membantu menurunkan resiko kanker payudara

5. Membantu menurunkan resiko kanker payudara
Freepik/jcomp

Melakukan cara menyusi yang tepat dipercaya bisa membantu melindungi kanker payudara pada perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi karena adanya pengaruh genetik dan gaya hidup yang buruk.

Untuk membantu mencegah kanker payudara, Mama bisa mengonsumsi buah ara ketika hamil. Buah ara memiliki kandungan senyawa yang bersifat seperti benzaldehide atau senyawa yang bisa merusak sel tumor dan menghilangkannya. Buah ara juga penting untuk mencegah infeksi bakteri.

Nah itulah semua manfaat buah ara yang baik untuk ibu hamil dan janin sehingga ibu sehat dan janin lahir dalam kondisi yang sehat. Tetapi mengonsumsi buah ara tetap harus dibatasi karena bisa memicu reaksi alergi yang justru akan berdampak buruk pada ibu hamil dan janin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.