5 Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Mood Mama

Jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, akan baik untuk Mama dan janin

1 April 2021

5 Manfaat Sawi Hijau Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Mood Mama
Pixabay/WikimediaImages

Sebagai mama yang tengah mengandung buah hati tercinta, tentu Mama akan menjaga kandungan dengan sepenuh hati. Salah satunya dengan memerhatikan kesehatan mqama dan janin yang dikandung.

Memerhatikan kesehatan selama masa kehamilan bisa dimulai dengan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang janin. Salah satunya dengan mengonsumsi sayur sawi yang memiliki ragam manfaat untuk ibu hamil.

Sawi hijau sendiri mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, mineral, serta antioksidan. Jika Mama mengonsumsinya secara teratur dan dalam batas wajar, maka manfaat sayur sawi hijau pun bisa Mama rasakan untuk kesehatan mama dan juga tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Lantas, apa saja sih manfaat sawi hijau yang bisa Mama rasakan selama masa kehamilan?

Yuk, simak informasi selengkapnya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Meningkatkan mood selama masa kehamilan

1. Meningkatkan mood selama masa kehamilan
Pixabay/sasint

Selama kehamilan, tentu kondisi suasana hati atau mood mama ikut terpengaruh. Dengan kandungan kolin dan folat dalam sawi hijau, Mama dapat merasakan manfaatnya untuk membantu atasi depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan di dalam tubuh.

Kelebihan homosistein sendiri akan sangat menganggu bagi produksi hormon serotonin yang membuat perasaan bahagia. Jadi, konsumsi sawi hijau selama kehamilan akan membantu Mama tingkatkan mood menjadi lebih baik lagi, Ma.

Editors' Picks

2. Membantu proses pembekuan darah

2. Membantu proses pembekuan darah
Pexels/Rawpixel.com

Vitamin K menjadi salah satu jenis vitamin yang dianjurkan bagi ibu hamil. Sebab kandungan vitamin K sangat dibutuhkan oleh janin yang dikandung untuk mempermudah proses pembekuan darah mereka saat proses persalinan nanti.

Sawi hijau sendiri menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin K yang bisa Mama manfaatkan. Sebagaimana diketahui, satu cangkir rebus sawi hijau akan memberikan 770 mikrogram vitamin K, atau lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan, Ma.

3. Menjaga kadar gula selama hamil

3. Menjaga kadar gula selama hamil
Freepik/jcomp

Kondisi yang rentan dialami ibu hamil adalah terserang diabetes. Untuk itu, dibutuhkan perhatian ekstra dalam pemilihan jenis asupan nustri guna menghindari terjadinya diabetes pada Mama atau janin yang dikandung.

Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi sawi hijau. Dalam sawi hijau sendiri mengandung antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid. Kandungan ini telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah pada ibu hamil.

4. Meningkatkan imun tubuh

4. Meningkatkan imun tubuh
Freepik

Di kondisi pandemi yang belum kunjung usai, Mama yang tengah mengandung buah hati tentu perlu membekali tubuh dengan asupan yang baik untuk imunitas yang lebih kuat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayur sawi hijau, Ma.

Dalam 56 gram sawi hijau mentah yang dikonsumsi, Mama sudah memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Ketika kebutuhan vitamin C terpenuhi, maka imun tubuh pun akan semakin kuat dan tidak mudah sakit selama kehamilan mama.

5. Meningkatkan kualitas tidur

5. Meningkatkan kualitas tidur
Pexels/ketut-subiyanto

Memasuki hamil trimester kedua dan ketiga, kebanyakan ibu hamil mengalami gangguan tidur karena postur tubuh yang semakin berubah setiap harinya. Kondisi ini terjadi karena sendi yang merenggang dan membuat Mama kesulitan bergerak.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan kandungan kolin yang cukup setiap harinya. Mama bisa memanfaatkan sayur sawi hijau yang mengandung kolin untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jadi, nggak hanya meningkatkan mood saja, tetapi juga mampu membantu tingkatkan kualitas tidur mama.

Nah, itu dia manfaat sawi hijau untuk ibu hamil. Konsumsi sawi hijau secara rutin dan tidak berlebihan akan membantu Mama merasakan manfaat seperti di atas. Mama sudah merasakannya?

Semoga informasnya bermanfaat dan sehat selalu sampai waktu persalinan nanti ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.