POGI: Edaran Vaksinasi untuk Ibu Hamil Diharapkan Rilis Minggu Depan

Semakin meningkatnya jumlah ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19

1 Agustus 2021

POGI Edaran Vaksinasi Ibu Hamil Diharapkan Rilis Minggu Depan
Freepik

Sejak beberapa bulan terakhir, kasus ibu hamil yang terpapar Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Terbaru diketahui seorang tenaga kesehatan yang tengah hamil di Surabaya meninggal dunia lantaran Covid-19.

Meski sudah memberikan rekomendasi vaksinasi kepada ibu hamil, namun Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) masih tetap menunggu adanya edaran resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dalam konferensi pres secara daring pada Jumat (30/7/2021), Sekjen POGI, Prof Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K), berharap surat edaran vaksinasi untuk ibu hamil bisa dikeluarkan pemerintah pada pekan depan.

Prof Budi menyebutkan bahwa vaksinasi adalah kata kunci terpenting untuk mencegah kesakitan yang parah, serta kematian pada ibu hamil yang kian meningkat.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait edaran vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil, berikut Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama ketahui.

Editors' Picks

1. Data terakhir POGI terkait ibu hamil yang terpapar Covid-19

1. Data terakhir POGI terkait ibu hamil terpapar Covid-19
Freepik/snowing

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum POGI, Ari Kusuma Januarto, menyebutkan data terakhir yang POGI kumpulkan terdapat setidaknya 536 ibu hamil yang terpapar Covid-19. Adapun sebanyak 5,19 persen di antaranya merupakan orang tanpa gejala (OTG). 

Sebagai kelompok orang yang rentan terhadap penularan Covid-19, alasan inilah yang membuat POGI mengeluarkan rekomendasi pemberian vaksinasi kepada ibu hamil.

Dengan adanya vaksinasi pada ibu hamil, maka ini menjadi upaya dalam melindungi ibu hamil, orang sekitar, serta para tenaga kesehatan yang menangani.

"Untuk ibu hamil, vaksin ini merupakan salah satu upaya pencegahan selain protokol kesehatan. Vaksin ibu hamil sudah kami dorong hampir satu bulan ini. Insya Allah (edaran resminya) semua berproses," ujarnya.

2. POGI sediakan form pemantauan untuk ibu hamil

2. POGI sediakan form pemantauan ibu hamil
Freepik/Pvproduction

Meski sudah mengeluarkan rekomendasi vaksinasi untuk ibu hamil, namun sampai saat ini belum ada edaran resmi dari pemerintah yang dikeluarkan terkait hal tersebut. Itulah mengapa POGI berharap surat edaran vaksinasi ibu hamil ini bisa segera rilis per pekan depan.

Adapun sebelum melakukan vaksinasi, ibu hamil nantinya akan mendapat pemantauan dari dokter untuk memeriksa kondisi ibu hamil tidak mengalami tanda preklamsia berat.

Sebagai pemantauan lebih lanjut, POGI bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) saat ini sudah menyiapkan form pencatatan untuk memantau semua ibu hamil yang akan mendapatkan vaksinasi.

Prof Budi menyebutkan bahwa POGI telah menyelesaikan form pencatatan tersebut, termasuk kartu kendali pertanyaan saat pemeriksaan sebelum vaksin. Dengan begitu, diharapkan ibu hamil dapat lebih yakin untuk mendapatkan dosis vaksin.

"Setelah dilakukan vaksin tentu harus dilakukan pemantauan, dengan catatan bagaimana dengan perkembangan bayi selama kehamilan dan juga sampai dengan persalinan," ujar Prof Budi.

3. Semua jenis vaksin aman digunakan ibu hamil

3. Semua jenis vaksin aman digunakan ibu hamil
Pexels/Thirdman

Dalam pemaparannya, Prof Budi menjelaskan bahwa semua jenis vaksin Covid-19 sudah terbukti aman. Namun, untuk vaksin jenis Pfizer dan Moderna telah dilakukan penelitian lebih lanjut pada ibu hamil.

Prof Budi menyebutkan, "Untuk Pfizer dan Moderna ada tambahan dan kelebihan karena dia ada data (penguat) pada ibu hamil."

Meski demikian, apapun jenis vaksin yang akan diberikan pada ibu hamil umumnya aman digunakan. Bisa Sinovac maupun AstraZeneca. Hal ini kembali pada ketersediaan vaksin yang ada di Indonesia.

Sementara untuk jenis vaksin terbaru yakni Moderna, Prof Budi menyebutkan bahwa itu lebih diperuntukan bagi para tenaga kesehatan. Ia menjelaskan, "Paling banyak Sinovac (untuk ibu hamil). Kalau Moderna itu khusus untuk nakes dosis ketiga, itu juga kalau dia sudah dapat dua dosis Sinovac."

Nah itulah informasi terkait harapan agar edaran vaksinasi untuk ibu hamil bisa segera dirilis. Semoga program vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil bisa segera dilaksanakan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.