5 Cara Mengatasi Ampuh Varises Saat Kehamilan Trimester Kedua

Varises tidak hanya mempengaruhi penampilan, bila dibiarkan bisa mengurangi kualitas hidup Mama

20 Januari 2020

5 Cara Mengatasi Ampuh Varises Saat Kehamilan Trimester Kedua
Unsplash/Frank Vex

Merasa terganggu dengan munculnya varises di permukaan kulit mama? Varises biasanya mulai muncul saat kehamilan trimester kedua.

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah.

Mungkin varises tidak selalu memberikan rasa sakit, tapi Mama tentu tidak menyukainya karena ini bisa mengganggu penampilan. Pembuluh vena yang terlihat menonjol keluar, biasanya berwarna ungu atau biru.

Selain karena faktor keturunan, biasanya orang yang mengalami varises adalah orang yang bekerja menggunakan tenaga, ibu hamil, obesitas, dan yang berusia tua. Kali ini Popmama.com akan membahas lebih jauh mengenai varises saat hamil.

Penyebab Varises Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Varises Saat Hamil Cara Mengatasinya
Pixabay/KManzela

Lemah atau rusaknya fungsi katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Kemudian penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Pembuluh darah yang bertumpuk seperti pilinan itulah yang menjadi varises yang nampak di permukaan kulit. Ketahui cara mengatasi varises dan pencegahannya sebelum keadaannya semakin parah.

1. Menggunakan stoking antivarises

1. Menggunakan stoking antivarises
profusionrehab.com

Mama bisa menggunakan stoking antivarises, biasanya disebut dengan bebat kompresi. Tapi sebagian ibu hamil malah tidak nyaman menggunakan stoking antivarises ini karena malah menyebabkan kulit gatal-gatal.

Namun, stoking ini memang bisa benar-benar mencegah varises. Cara kerja stoking ini adalah dengan memberi tekanan ke pembuluh kaki sehingga mencegahnya melebar. 

2. Memperbaiki posisi duduk

2. Memperbaiki posisi duduk
sandralondino.com

Jika Mama duduk di kursi, ukur tinggi kursi sesuai dengan tinggi kaki. Jangan sampai kaki menggantung selama duduk.

Jika duduk di lantai, usahakan kaki bisa diluruskan dan ditinggikan sedikit. Jangan lupa siapkan penyangga yang bisa membuat kaki merasa nyaman.

Duduk dengan kaki menggantung membuat darah bertumpuk di bagian kaki. Jika demikian, pembuluh darah bisa melebar dan menjadi varises.

Editors' Picks

3. Berhenti menggunakan high heels saat hamil

3. Berhenti menggunakan high heels saat hamil
weheartit.com

Ini dia yang bahaya bagi ibu hamil. Menggunakan high heels memberi efek pembuluh vena tertekan dan memicu terjadinya varises. Selain itu juga kaki Mama akan mudah merasa lelah.

4. Hindari memijat bagian tubuh yang kena varises

4. Hindari memijat bagian tubuh kena varises
topdoctors.com

Menekan atau memijat bagian tubuh yang varises bisa memperparah keadaan pembuluh vena. Sebab pembuluh darah bisa semakin melebar dan menjadi pecah.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi penutupan pembuluh vena jika ini dianggap solusi bagi kesehatan Mama.

5. Tetap melakukan olahraga saat hamil untuk mencegah varises

5. Tetap melakukan olahraga saat hamil mencegah varises
Freepik/yanalya

Sejak awal kehamilan, sebaiknya lakukan latihan secara rutin. Yoga atau senam kehamilan bisa melenturkan organ tubuh ibu hamil. Perubahan yang terjadi selama kehamilan akan berjalan lebih natural. Termasuk penambahan berat badan secara drastis yang bisa mempengaruhi vena.

Itulah cara mencegah atau mengatasi varises saat hamil. Jangan lupa, jaga kenaikan berat badan mama agar tidak hamil dengan keadaan obesitas.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!