Montgomery, Berbahayakan Tumbuh Benjolan di Payudara Saat Hamil?

Ketahui dulu penyebabnya, Ma!

18 Maret 2019

Montgomery, Berbahayakan Tumbuh Benjolan Payudara Saat Hamil
Unsplash/Nomina Farias

Montgomery adalah sebuah perubahan yang umum terjadi, biasanya berupa tumbuh benjolan di payudara saat hamil dan menyusui. Kehamilan diketahui akan mengubah banyak hal pada bentuk tubuh perempuan termasuk jaringan dan kadar lemak di dalam tubuh. 

Perubahan yang terjadi sering kali terkait dengan kondisi hormon yang berubah selama kehamilan. Jangan panik, ketahui penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

1. Apa itu tuberkel montgomery?

1. Apa itu tuberkel montgomery
unsplash.com

Tuberkel Montgomery adalah benjolan kecil pada puting susu dan areola, ini merupakan area gelap yang melingkar di sekitaran puting pada bagian payudara. Benjolan kecil yang tumbuh ini wajar terjadi pada saat kehamilan dan menyusui. Kelenjar ini bertugas untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi masa menyusui.

Kelenjar Montgomery bertugas mengeluarkan kelenjar minyak (sebasea) yang membantu melumasi aerola dan puting susu selama kehamilan dan menyusui. 

Editors' Picks

2. Tanda Montgomery

2. Tanda Montgomery
Unsplash/Chayene Rafaela

Kamu bisa mengenali tuberkel Montgomery dengan mencari benjolan di payudara yang kecil dan timbul di sekitar areola. Namun, benjolan kecil ini juga bisa muncul di puting susu. Benjolan biasanya terlihat seperti beruntusan.

Benjolan kecil ini akan menghilang dengan sendiri tanpa perlu ada penanganan khusus. Tapi hati-hati, jika kamu sudah melahirkan dan sedang menyusui maka jangan sampai mastitis dan mengalami payudara bengkak. 

Bagi ibu hamil atau menyusui jika benjolan tampak meradang atau terasa nyeri, bisa jadi disebabkan kelenjar ini mengalami infeksi atau mengalami penyumbatan. 

Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penangan atau obat yang tepat.

Baca juga: Cara Mengobati Milk Blister, Jerawat Payudara Ibu Menyusui

3. Penyebab Montgomery

3. Penyebab Montgomery
parents.com

Ibu hamil dan ibu menyusui perlu memperlakukan payudara dengan baik, termasuk menjaga kelembapannya dan jangan sampai kulit sekitarnya terlalu kering.

Penyebab montgomery yang umum terjadi meliputi:

  • Stres berlebihan.
  • Perubahan fisik dan berat badan yang drastis.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Kadar hormon tidak seimbang.
  • Kanker payudara.
  • Stimulasi puting susu.
  • Menggunakan pakaian atau bra yang ketat.

Tidak semua ibu hamil mengalami benjolan payudara atau tuberkel Montgomery. Mereka yang tidak mengalami ini mungkin tidak memiliki keluhan dengan payudaranya. Jadi jangan khawatir kalau kamu belum melihat adanya benjolan di payudara pada saat hamil.

Baca juga: 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!