Emosi Lebih Stabil, Ini Manfaat Bacaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, membaca Alquran bisa meningkatkan kecerdasan emosi janin

16 September 2020

Emosi Lebih Stabil, Ini Manfaat Bacaan Surat Maryam Ibu Hamil
Unsplash/Lexi T

Pada dasarnya membaca ayat suci Alquran sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Lantas, katanya dengan membaca surat tertentu bisa bemanfaat untuk sang Janin maupun ibu hamil sendiri.

Salah satunya adalah surat Maryam. Surat ke-19 dalam Alquran ini terdiri dari 98 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah.

Surat Maryam berisi tentang perjuangan Maryam binti Imran saat melahirkan Isa Alaihisalam. Di Indonesia, surat Maryam kerap dibaca ibu hamil lho.

Apa manfaat dari membaca surat Maryam untuk ibu hamil? Berikut Popmama.com rangkum informasinya.

1. Bermakna ikhtiar seorang ibu hamil

1. Bermakna ikhtiar seorang ibu hamil
Freepik

Mengingat surat Maryam bercerita tentang sosok Maryam yang kuat, ketika dikutip beberapa ayatnya surat ini juga merupakan makna agar ibu hamil berikhtiar kepada Allah SWT.

Hal ini terkandung dalam ayat 4-5 dalam surat Maryam. Bisa disimpulkan agar seorang ibu hamil senantiasa melakukan berbagai amalan, usaha dan berdoa demi kelancaran persalinan.

قَالَ رَبِّ إِنِّى وَهَنَ ٱلْعَظْمُ مِنِّى وَٱشْتَعَلَ ٱلرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنۢ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا
وَإِنِّى خِفْتُ ٱلْمَوَٰلِىَ مِن وَرَآءِى وَكَانَتِ ٱمْرَأَتِى عَاقِرًا فَهَبْ لِى مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا

Artinya: Dia berkata, Ya Tuhanku, sungguh tulang ku telah lemah dan kepala ku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepadaMu. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabat sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahi aku seorang anak dari sisi-Mu. (QS Maryam: 4-5)

Editors' Picks

2. Bentuk doa agar anak menjadi pribadi sholeh/sholehah

2. Bentuk doa agar anak menjadi pribadi sholeh/sholehah
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Selain bentuk ikhtiar agar persalinan lancar, surat Maryam juga mengandung banyak doa untuk ibu hamil kepada anaknya.

Salah satunya adalah surat Maryam ayat ke-14 yang merupakan bentuk doa dari ibu hamil agar anak yang dikandungnya bisa menjadi anak yang sholeh/sholehah.

وَبَرًّۢا بِوَٰلِدَيْهِ وَلَمْ يَكُن جَبَّارًا عَصِيًّا

Artinya: Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka. (QS Maryam : 14)

3. Lebih tenang saat akan bersalin

3. Lebih tenang saat akan bersalin
Pixabay/Sanjasy

Selain hanya membaca ayatnya, akan lebih baik juga memahami dan mendalami kisah perjuangan Maryam sendiri. Dalam surat ini juga ada hal penting yang perlu ibu hamil ingat yakni percaya kepada ketentuan Allah SWT.

Dengan berbaik sangka kepada Allah SWT, hati akan jadi lebih tenang terutama saat akan menghadapi persalinan.

Dalam surat Maryam, sosok Maryam diceritakan bahwa sebelum pertolongan Allah SWT sempat putus asa sebab rasa sakit selama persalinan.

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا

فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Artinya: Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Maryam berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Kemudian, Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. (QS Maryam: 23-25)

4. Emosi ibu hamil jadi lebih stabil

4. Emosi ibu hamil jadi lebih stabil
Freepik/bearfotos

Ibu hamil memiliki kondisi hormon yang berubah. Hal ini akan berpengaruh kepada psikologisnya. Dengan membaca surat Maryam, Mama bisa lebih mengenal perjuangan Maryam sehingga kondisi psikologis Mama bisa lebih tenang.

Saat hamil Isa Alaihisalam, Maryam harus menghadapi kehamilan seorang diri dengan izin Allah SWT, maka terbangun rasa percaya diri saat harus menghadapi momen kehamilan yang tidak selalu berjalan lancar.

Momen ibu hamil memang tidak selalu lancar. Ada yang merasakan sakit hingga nafsu makan hilang, perdarahan, dan sebagainya. Hal itu membuat ibu hamil merasa berat menjalani proses hingga melahirkan.

Namun, dengan melakukan berbagai usaha dan mengharap bantuan Allah SWT akan memberikan ketenangan hati dan kondisi emosi ibu hamil bisa lebih stabil.

5. Meningkatkan kecerdasan sosial dan emosi bayi

5. Meningkatkan kecerdasan sosial emosi bayi
Freepik

Pada dasarnya hal ini tak hanya berlaku jika Mama membaca surat Maryam saja. Dengan ibu hamil sering membaca Alquran bisa merangsang kecerdasan sosial dan emosi bayi dalam kandungan.

Menurut berbagai sumber, bayi yang sering dibacakan Alquran dalam kandungan akan tumbuh menjadi pribadi yang empati dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama.

Itulah tadi sederet manfaat surat Maryam untuk ibu hamil. Di Indonesia, membaca surat Maryam menjadi salah satu kewajiban selama hamil karena sederet manfaatnya. Kini, Mama tidak perlu ragu lagi untuk sering membaca Alquran terutama surat Maryam ketika mendekati persalinan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.