TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Surat Maryam untuk Ibu Hamil Ternyata Punya 12 Manfaat, Apa Saja?

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, membaca Al-Qur'an bisa meningkatkan kecerdasan janin

8 Agustus 2022

Surat Maryam Ibu Hamil Ternyata Pu 12 Manfaat, Apa Saja
Freepik/Freepik

Pernahkah kamu mendengar surat Maryam untuk ibu hamil? Surat ini dipercaya dapat mempercantik janin dalam kandungan apabila ibu hamil rutin membacanya setiap hari.

Surat Maryam sendiri berkisah tentang perjuangan Maryam binti Imran ketika melahirkan Nabi Isa AS. Sebagai perempuan suci, Maryam harus menanggung cacian karena hamil padahal tidak pernah berhubungan intim dengan siapa pun.

Di tengah ujian yang mendera, Maryam tetap mempertahankan janinnya dan melahirkan tanpa bantuan orang lain.

Nah, benarkah surat Maryam untuk ibu hamil memang memberikan dampak yang luar biasa baik bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungan?

Temukan jawabannya dalam ulasan Popmama.com ini, ya.

1. Bermakna ikhtiar seorang ibu hamil

1. Bermakna ikhtiar seorang ibu hamil
Freepik/Master1305

Manfaat surat Maryam untuk ibu hamil memang tidak main-main, lho. Apalagi mengingat surat Maryam bercerita tentang sosok Maryam yang kuat.

Dalam beberapa ayatnya, surat Maryam menganjurkan ibu hamil untuk terus berikhtiar kepada Allah SWT agar proses persalinan lancar.

Ibu hamil juga pasti memiliki harapan dan doa untuk calon bayi. Jadi, hendaknya ibu hamil berikhtiar agar doa dan harapan dikabulkan Allah SWT.

Selain itu, ibu hamil dapat melakukan amalan-amalan baik sebagai bentuk ikhtiar selama kehamilan.

Seperti bunyi QS Maryam ayat 3:

Yaitu ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut.

2. Sebagai doa agar anak berbakti

2. Sebagai doa agar anak berbakti
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Selain bentuk ikhtiar agar persalinan lancar, surat Maryam untuk ibu hamil juga mengandung banyak doa untuk ibu hamil kepada calon bayi.

Salah satunya adalah surat Maryam ayat ke-14. Ayat ini berisi doa ibu hamil agar anak yang dikandungnya bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya.

Selain itu, ibu berharap calon anaknya nanti tidak menjadi orang sombong, apalagi durharka.

Bunyi QS Maryam ayat 14:

وَبَرًّۢا بِوَٰلِدَيْهِ وَلَمْ يَكُن جَبَّارًا عَصِيًّا

Artinya: Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka.

3. Agar lebih tenang menjelang persalinan

3. Agar lebih tenang menjelang persalinan
Pixabay/Sanjasy

Manfaat surat Maryam untuk ibu hamil berikutnya adalah menenangkan ibu hamil menjelang persalinan.

Kunci utamanya adalah memahami dan mendalami kisah perjuangan Maryam. Jadi, usahakan tidak sekadar membaca surat Maryam saja.

Dengan memaknai perjuangan Maryam, ibu hamil dapat mempelajari kekuatan dalam diri seorang ibu.

Selain itu, perjuangan Maryam menggambarkan bahwa kekuasaan Allah SWT memang nyata. Sehingga, ibu hamil merasa lebih yakin terhadap ketentuan Allah SWT.

Dengan berbaik sangka kepada Allah SWT, hati akan jadi lebih tenang terutama saat akan menghadapi persalinan.

Dalam surat tersebut, sosok Maryam diceritakan sebelum pertolongan Allah SWT sempat putus asa, sebab rasa sakit selama persalinan. Namun, Maryam kembali menemukan kekuasan Allah SWT yang tak terhingga.

Kisah Maryam ini diceritakan dalam QS Maryam ayat 23-25:

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا

فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Artinya: Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Maryam berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Kemudian, Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. 

4. Emosi ibu hamil jadi lebih stabil

4. Emosi ibu hamil jadi lebih stabil
Freepik/bearfotos

Tahukah kamu bahwa kondisi hormon ibu hamil sering berubah-ubah?

Perubahan hormon tersebut akhirnya berpengaruh kepada kondisi psikologis ibu hamil. Nah, manfaat surat Maryam untuk ibu hamil selanjutnya adalah memberikan ketenangan sekaligus menstabilkan emosi.

Dengan lebih mendalami perjuangan Maryam, ibu hamil dapat mempelajari banyak hal, termasuk percaya pada diri sendiri dan kekuatan Allah SWT. Sehingga, timbul ketenangan pada diri ibu hamil.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk menstabilkan suasan hati yang kerap berubah.

Jadi, ketika mengandung Nabi Isa AS, Maryam harus menghadapi kehamilan seorang diri. Ternyata, kesendirian ini justru membangun rasa percaya diri Maryam, sehingga ia mampu menghadapi momen kehamilan yang tidak selalu berjalan lancar.

Sama seperti pengalaman persalinan setiap ibu, ada yang merasakan sakit hingga nafsu makan hilang, mengalami perdarahan, dan sebagainya. Rasa sakit tersebut terkadang menghantui ibu hamil, terutama mendekati masa persalinan.

Namun, dengan melakukan berbagai usaha dan mengharap bantuan Allah SWT seperti yang dilakukan Maryam, ibu hamil nantinya bisa merasakan ketenangan hati.

Akhirnya, kondisi emosi ibu hamil bisa lebih stabil.

5. Meningkatkan kecerdasan sosial dan emosi bayi

5. Meningkatkan kecerdasan sosial emosi bayi
Freepik
Ilustrasi

Manfaat surat Maryam untuk ibu hamil ternyata tidak berlaku untuk calon ibu saja. Bacaan Al-Qur`an ternyata dapat merangsang kecerdasan sosial dan emosi bayi dalam kandungan.

Janin yang sering dibacakan Al-Qur`an akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh empati dan kepedulian tinggi terhadap sesama.

Editors' Picks

6. Anjuran berprasangka baik

6. Anjuran berprasangka baik
Freepik/Freepik

Manfaat surat Maryam untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat menumbuhkan prasangka baik.

Ketika Maryam hampir menyerah selama persalinan, Allah SWT menunjukkan tanda-tanda pertolongan-Nya. Dari kisah tersebut, kamu dapat mengambil hikmah bahwa Allah SWT akan selalu hadir untuk menolong hamba-hamba-Nya. 

“Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata: wahai betapa baiknya aku mati sebelum ini dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan.

Jibril berkata janganlah engkau bersedih. Goyangkanlah pohon kurma itu niscaya akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS Maryam: 23-25).

Dengan membaca surat ini, prasangka baik pun dapat tumbuh dalam hati. Sehingga, secara emosional, prasangka ini juga berdampak positif. Ibu hamil merasa lebih siap dalam menghadapi persalinan.

7. Belajar keteladanan

7. Belajar keteladanan
Freepik/Jcomp

Dalam surat Maryam, banyak keteladanan yang bisa dipelajari oleh ibu hamil. Bahkan, selama kehamilan sampai persalinan, bukti ketaatan Maryam pada Allah SWT tidak bisa diragukan lagi.

Ia adalah perempuan suci yang selalu menjaga diri. 

 Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan apa yang engkau sembah selain Allah.” (QS Maryam: 48).

Ketika dianugerahi kehamilan tanpa berhubungan seksual, Maryam tetap teguh menjaga ketaatan dan ketaqwaannya. Ia menjaga kehamilannya dengan baik.

Ketika dikucilkan, Maryam terus berjuang hidup meski sendirian.

Selama kehamilan juga, Maryam terus mendoakan kebaikan calon bayinya. Jadi, manfaat surat Maryam untuk ibu hamil adalah sarana belajar meneladani keimanan, ketaatan, dan ketaqwaannya pada Allah SWT.

8. Mengandung peringatan

8. Mengandung peringatan
Freepik/Freepik

Surat Maryam untuk ibu hamil juga berisi peringatan. Bukan hanya kisah perjuangan Maryam, surat ini juga kembali mengingatkan betapa pentingnya beriman kepada Allah SWT. Sehingga, manusia menjadi golongan yang beruntung di hari akhir nanti.

Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalannya itu ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman. (QS Maryam: 39).

Sebagai ibu, ada baiknya mendoakan anak menjadi orang beriman kelak. Sehingga, anak tidak menyesal di hari penghitungan nanti.

Selain mendoakan anak, ibu juga punya tanggung jawab untuk terus beriman kepada Allah SWT.

9. Belajar kesabaran

9. Belajar kesabaran
Freepik/Freepik

Surat Maryam untuk ibu hamil tentu memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah memberikan pelajaran tentang kesabaran. 

Kisah Maryam dalam pengasingan adalah bukti kesabarannya menghadapi cobaan.

Di tengah cacian fitnah yang ditujukan padanya, Maryam berusaha mempertahankan janin dalam kandungan. Ia juga terus memupuk prasangka baik kepada Allah SWT.

Maka dia mengandung dan mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. (QS Maryam: 22).

Kesabaran inilah yang seharusnya menjadi teladan bagi ibu hamil. Sehingga, ibu hamil lebih mudah dalam menerima takdir, bahkan kondisi tak menentu ketika bersalin nanti.

10. Doa agar anak saleh dan salehah

10. Doa agar anak saleh salehah
Freepik/Freepik

Surat Maryam untuk ibu hamil juga bisa digunakan sebagai doa agar anak saleh dan salehah.

Kami jadikan rasa kasih sayang kepada sesama dari Kami bersih dari dosa. Dan dia pun seseorang yang bertaqwa.” (QS Maryam: 13).

Dalam penggalan surat tersebut, tersimpan doa agar anak menjadi sosok pengasih dan penyayang kepada sesamanya.

Selain itu, anak diharapkan menjadi sosok yang senantiasa bertawakal. Ia menjauhi larangan Allah SWT dan mengerjakan perintah-Nya.

11. Bukti kebesaran Allah SWT

11. Bukti kebesaran Allah SWT
Freepik/Freepik

Surat Maryam untuk ibu hamil juga mengajarkan tentang bukti kebesaran Allah SWT.

Sebagai Pemilik Semesta, Allah SWT selalu memperhatikan dan mendengar doa hamba-hamba-Nya.

Ketika Maryam putus asa pun, Allah SWT tidak pernah meninggalkannya. Allah SWT menunjukkan kebesaran-Nya dengan memberikan pertolongan, sehingga Maryam bisa melahirkan dengan selamat.

Kisah ini sebaiknya juga dimaknai secara mendalam oleh ibu hamil agar tidak mudah berputus asa.

12. Meningkatkan keimanan

12. Meningkatkan keimanan
Freepik/Freepik

Dengan membaca surat Maryam untuk ibu hamil, kamu akan mendapatkan banyak hikmah. Mulai dari kisah kehamilan Maryam, perjuangan Maryam melahirkan, sampai tanda kebesaran Allah SWT.

Cerita penuh keteladanan tersebut dapat meningkatkan keimanan. Ibu hamil dapat menyaksikan kekuasaan Allah SWT dan tidak mudah berprasangka buruk pada-Nya.

Itulah manfaat surat Maryam untuk ibu hamil.

Membaca surat Maryam menjadi kebiasaan baik yang bisa dilakukan ibu hamil. Namun, ada baiknya bacalah surat ini secara rutin meski sedang tidak hamil.

Pasalnya, membaca Al-Qur`an adalah kegiatan mulai yang berdampak positif bagi jiwa dan emosional seseorang.

Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk