Amankah Lakukan Facial saat Hamil? Ini Dia Faktannya Ma!

Facial saat hamil aman-aman saja, namun ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan

25 Juni 2019

Amankah Lakukan Facial saat Hamil Ini Dia Faktan Ma
Freepik

Bagi Mama yang kerap melakukan perawatan facial, pertanyaan terkait keamanan melakukan facial saat hamil tentu pernah terlintas. Apalagi, jika Mama turut merasakan perubahan pada kondisi kulit saat hamil yang mungkin rentan untuk berjerawat dibanding biasanya.

Mama yang masih bimbang dengan keamanan melakukan facial saat hamil, harus tahu bahwa melakukan facial saat hamil sebenarnya aman-aman saja.

Menurut Catherine Lynch, seorang dokter kandungan, perawatan wajah atau facial pada saat hamil aman untuk dilakukan jika tidak melibatkan perawatan dengan bahan kimia atau panas yang berbahaya untuk janin.

Agar keamanan facial saat hamil tetap terjaga, berikut beberapa hal yang harus Mama perhatikan sebelum memutuskan melakukan facial saat hamil seperti dilansir dari Baby Center dan beberapa sumber lainnya:

1. Konsultasikan ke dokter

1. Konsultasikan ke dokter
Freepik/Wavebreakmedia

Agar perawatan facial yang Mama lakukan membawa manfaat, pastikan bahwa perawatan facial yang Mama ambil sesuai dengan kondisi kulit Mama.

 Selain itu, pastikan juga bahwa Mama telah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan perawatan agar perawatan wajah yang dilakukan membawa manfaat dan aman bagi janin dalam kandungan.

2. Pastikan klinik kecantikan yang dikunjungi berpengalaman

2. Pastikan klinik kecantikan dikunjungi berpengalaman
Freepik/pressfoto

Sebelum berkunjung ke klinik kecantikan untuk facial, Mama harus memastikan bahwa klinik kecantikan yang akan dikunjungi telah berpengalaman dalam melakukan facial untuk perempuan hamil.

Pastikan bahwa mereka juga memiliki sertifikat ya Ma!

Editors' Picks

3. Perhatikan produk perawatan yang digunakan

3. Perhatikan produk perawatan digunakan
Freepik

Sebelum melakukan perawatan, Mama disarankan untuk bertanya mengenai produk perawatan yang digunakan. Cek produk-produk tersebut dan pastikan bahwa produk yang digunakan memang aman untuk digunakan perempuan hamil.

Produk-produk perawatan yang mengandung bahan kimia seperti asam salisilat atau retinoid misalnya, sebaiknya dihindari karena diyakini dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

4. Kenali perawatan facial yang aman untuk perempuan hamil

4. Kenali perawatan facial aman perempuan hamil
Freepik/freestockcenter

Pastikan bahwa perawatan facial yang Mama ambil aman untuk perempuan hamil. Beberapa perawatan yang dianggap aman untuk perempuan hamil di antaranya oxygen facial dan hydrating facial.

Oxygen facial selain dianggap aman, juga dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan pembaruan sel dan menghilangkan garis-garis halus serta kerutan. Sementara hydrating facial mampu melembapkan kulit sehingga masalah kulit kering yang Mama alami selama kehamilan dapat teratasi.

5. Hindari perawatan yang bersifat abrasif

5. Hindari perawatan bersifat abrasif
Rawpixel/McKinsey

Mama juga disarankan untuk menghindari perawatan yang bersifat abrasif seperti microdermabrasion dan yang menggunakan teknologi tinggi, misalnya botox atau dengan sinar X. Perawatan wajah dengan alat tersebut dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Nah, selain perawatan tersebut, perawatan wajah seperti galvanic facial, ekstraksi komedo dan jerawat, chemical peeling, atau herbal facial juga perlu dihindari. Sebab, perawatan ini dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan kulit Mama yang cenderung lebih sensitif saat hamil.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!