7 Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Hindari dan batasi makanan berbahaya bagi ibu hamil berikut ini yuk Ma selama Mama sedang hamil

14 Maret 2019

7 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Freepik/Tirachardz

Menjaga asupan makanan selama kehamilan memang harus Mama lakukan agar perkembangan janin dalam kandungan tersokong dengan baik. Mama harus memperbanyak konsumsi makanan bergizi dan menyehatkan agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Selain konsumsi makanan yang penuh gizi, Mama juga harus lebih memahami juga apa saja makanan yang sebaiknya dihindarkan karena dianggap dapat membahayakan kesehatan Mama dan juga janin dalam kandungan.

Agar Mama tak salah langkah, dilansir dari laman Healthline, berikut ini makanan berbahaya untuk ibu hamil yang sebaiknya dihindari.

1. Ikan makarel dan tuna

1. Ikan makarel tuna
Freepik/Mrsiraphol

Konsumsi ikan selama kehamilan memang disarankan Ma, namun tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi perempuan hamil. Ikan makarel dan tuna (khususnya albacore tuna) misalnya, sebaiknya Mama hindari karena termasuk golongan ikan yang mengandung merkuri tinggi.

Konsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi selama kehamilan dapat membahayakan kesehatan Mama juga dapat menyebabkan masalah serius terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Nah, selain ikan makarel dan tuna, ikan todak, ikan hiu, dan baramudi juga termasuk ikan yang mengandung merkuri tinggi yang sebaiknya mama hindari.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Tuna?

2. Jeroan

2. Jeroan
schwartz.co.uk

Jeroan juga menjadi salah satu makanan berbahaya untuk ibu hamil yang sebaiknya dibatasi konsumsinya Ma.

Meski jeroan mengandung zat besi, vitamin B12 dan vitamin A, jeroan termasuk ke dalam makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga konsumsi berlebih akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Dalam jumlah yang besar, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, dan hal ini berarti dapat berpengaruh terhadap suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

Selain itu, jeroan seperti hati juga mengandung vitamin A dalam kadar yang tinggi. Vitamin A memang dibutuhkan selama kehamilan, namun dalam jumlah yang berlebih, vitamin A dapat menyebabkan bayi cacat lahir.

Jadi, hindari konsumsi jeroan sementara waktu ya Ma atau konsumsi tidak lebih dari sekali dalam seminggu, dan batasi jumlahnya.

3. Sushi atau ikan mentah

3. Sushi atau ikan mentah
Freepik/Lifeforstock

Makan berbahaya untuk Mama hamil berikutnya adalah makanan mentah Ma. Selama kehamilan, Mama disarankan untuk menghindari konsumsi makanan mentah seperti sushi. Sebab kemungkinan bahwa ikan mentah yang Mama konsumsi telah terkontaminasi bakteri Salmonella ataupun Listeria bisa saja terjadi.

Makanan yang telah terkontaminasi bakteri ataupun parasit bisa membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan, serta dapat meningkatkan risiko persalinan permatur, keguguran, lahir mati atau masalah serius lainnya.

Editors' Picks

4. Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi

4. Susu keju tidak dipasteurisasi
Unsplash/Jacek Dylag

Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi bisa saja mengandung sejumlah bakteri berbahaya seperti ListeriaSalmonellaE. coli, dan Campylobacter. Selain itu, hindari pula keju bertekstur lembut karena kemungkinan terkontaminasi bakteri yang disebutkan tadi juga bisa saja terjadi.

Mama disarankan untuk menghindari keju jenis gorgonzola, camembert, requefort, dan brie

5. Telur mentah

5. Telur mentah
Unsplash/Sofiya Levchenko

Sebagian orang memang menjadikan telur setengah matang sebagai menu sarapan, Mama yang kerap mengonsumsi telur setengah matang ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan satu ini selama kehamilan.

Mengapa demikian? Hal ini karena sama halnya dengan ikan mentah, telur mentah atau setengah matang yang Mama konsumsi bisa saja telah terkontaminasi bakteri Salmonella Ma. Mama sudah tahukan risiko yang bisa terjadi jika mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi selama kehamilan? Jadi, hindari konsumsi telur setangah matang ya Ma agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

.

6. Buah dan sayur yang tidak dicuci bersih

6. Buah sayur tidak dicuci bersih
Freepik/Senivpetro

Buah dan sayur memang menyehatkan Ma namun berbeda jika Mama tidak mencucinya secara bersih sebelum mengonsumsinya.  Sebab kemungkinan  permukaan buah dan sayur yang tidak dicuci terkontaminasi bakteri ataupun parasit bisa saja terjadi Ma.

Jadi agar buah dan sayur yang Mama konsumsi tetap menyehatkan, pastikan bahwa Mama telah mencucinya buah dan sayur di bawah air mengalir. Tujuannya agar kotoran dan bakteri yang menempel di permukaan buah dan sayur dapat luruh tersapu air.

7. Makanan cepat saji

7. Makanan cepat saji
Freepik/Foodiesfeed

Konsumsi makanan cepat saji sesekali memang boleh saja, namun lain jika Mama mengonsumsinya terlalu sering. Konsumsi makanan cepat saji selama kehamilan bisa membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan karena makanan cepat saji cendrung tidak bernutrisi, tinggi kalori, lemak dan gula tamhbahan.

Mama yang gemar mengonsumsi makanan cepat saja selama kehamilan rentan untuk mengalami obesitas dan terkena penyakit diabetes tipe 2. Mama gak mau kan ini terjadi.

Itulah makanan berbahaya untuk Mama hamil yang sebaiknya dihindari atau dibatasi dengan bijak. Yang pasti Mama harus memastikan bahwa makanan yang Mama konsumsi aman, bernutrisi dan terjaga kebersihannya dengan baik agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Topic: