Ma, Ini Dia Pilihan Makanan untuk Jantung Janin Sehat!

Ada ragam pilihan makanan untuk jantung janin sehat lho Ma!

27 November 2018

Ma, Ini Dia Pilihan Makanan Jantung Janin Sehat
Freepik/Yanalya

Selama kehamilan, Mama memang harus menjaga asupan makanan dengan baik agar janin dapat tumbuh sehat. Berbagai macam asupan gizi dan nutrisi memang sangat dibutuhkan bayi mulai dari vitamin, mineral, protein, zat besi, serat, kalsium, hingga karbohidrat guna menunjang perkembangan janin dalm kandungan. 

Untuk kesehatan jantung janin dalam kandungan, Mama bisa mengonsumsi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Mama ingin tahu apa saja? Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut Popmama.com bagikan rangkumannya:

1. Susu dan produk olahan susu lainnya

1. Susu produk olahan susu lainnya
Freepik

Selama kehamilan, Mama disarankan untuk mengosumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan jantung janin yang sedang tumbuh.

Susu bisa menjadi pilihan karena selain mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi seperti kasein dan whey, susu juga tinggi akan kandungan kalsium. Kandungan nutrisi lainnya seperti fosfor, vitamin B, magnesium dan zinc juga terkandung di dalam susu.

Tak hanya susu saja, Mama juga bisa mengonsumsi produk olahan susu lainnya seperti yogurt. Yogurt termasuk produk susu yang tinggi akan kandungan kalsium. Kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt juga baik untuk kesehatan pencernaan Mama.

2. Telur

2. Telur
Freepik/4045

Telur merupakan super food yang kaya akan nutrisi Ma. Dalam telur yang berukuran besar, terkandung 77 kalori, berbagai jenis vitamin, mineral, protein dan lemak berkualitas tinggi. Dalam telur juga terkandung kolin, yaitu nutrisi yang dibutuhkan perempuan hamil untuk menunjang perkembangan otak dan jantung janin.

Mama harus memastikan bahwa asupan kolin tercukupi dengan baik karena asupan kolin yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf. Selain itu kurangnya asupan kolin pada perempuan hamil juga mungkin untuk menyebabkan penurunan fungsi otak pada janin.

3. Brokoli

3. Brokoli
Freepik/Valeria_aksakova

Brokoli dan sayuran hijau lainnya seperti kale dan bayam mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan perempuan hamil Ma. Dalam brokoli atau sayuran hijau lainnya, terkandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium.

Mama disarankan untuk memasukkan jenis makanan ini ke dalam menu harian karena sayuran hijau terbilang baik untuk kesehatan jantung janin dalam kandungan. Konsumsi sayuran hijau selama kehamilan juga erat dikaitkan  dengan penurunan risiko melahirkan bayi dengan berat rendah.  

Editors' Picks

4. Daging tanpa lemak

4. Daging tanpa lemak
Freepik/Rawpixel.com

Daging sapi dan ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi yang mampu menjaga kesehatan jantung janin agar dapat tumbuh dengan sempurna Ma.

Pada daging sapi dan daging ayam terkandung pula zat besi, nutrisi penting yang juga dibutuhkan perempuan hamil dalam menunjang kesehatannya, termasuk dalam upaya mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

Mama disarankan untuk memilih bagian daging tanpa lemak karena cenderung lebih menyehatkan.

5. Minyak ikan

5. Minyak ikan
crossfittherack.com

Untuk menunjang kesehatan jantung janin dalam kandungan, Mama dapat mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, kandungan penting yang dapat menunjang perkembangan otak, mata dan juga jantung janin dalam kandungan.

Namun meski membawa manfaat, jangan konsumsi minyak ikan secara sembarangan ya Ma. Ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi minyak ikan.  

6. Alpukat

6. Alpukat
Pixabay/Coyot

Alpukat juga menjadi salah satu asupan makanan yang baik untuk kesehatan jantung janin Ma. Hal ini karena alpukat mengandung lemak sehat dan juga nutrisi lain seperti folat, kalium vitamin K, E, dan C yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Lemak sehat yang terkandung pada alpukat bahkan dapat membantu membangun kulit dan otak. Sementara kandungan folat pada alpukat dapat  membantu mencegah cacat saraf.

Jadi, jangan lupa untuk konsumsi alpukat ya Ma saat hamil.

Itulah jenis makanan yang yang baik untuk kesehatan jantung janin dalam kandungan Ma. Mama disarankan untuk mengombinasikan makanan tersebut dengan makanan bernutrisi lainnya agar janin tetap sehat. 

Baca juga: Jangan Takut Gemuk, Ini Segudang Manfaat Makan Alpukat Untuk Ibu Hamil

Baca juga: Ma, Ketahui Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Topic: