7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah pir saat hamil membawa berbagai macam manfaat kesehatan.

10 Desember 2019

7 Manfaat Buah Pir Ibu Hamil
Freepik/ilovehz

Menjaga asupan makanan selama kehamilan perlu Mama lakukan agar asupan nutrisi yang dibutuhkan janin untuk tumbuh kembangnya tersokong dengan baik. Mama disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan, termasuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Sayur dan buah dianggap baik untuk kesehatan ibu hamil karena selain kaya akan serat, juga mengandung berbagai macam mineral dan vitamin penting. 

Nah, salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil adalah buah pir Ma. Konsumsi buah pir saat hamil diyakini membawa berbagai macam manfaat karena pir mengandung vitamin A, vitamin E, niasin, kolin, betain, kalsium, fosfor, seng,zat besi, asam pantotenat, dan selenium.

Lalu, kira-kira apa saja manfaat pir untuk ibu hamil? Dilansir dari Mom Junction dan Parenting First Cry, berikut 7 manfaat pir untuk ibu hamil.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pixabay/Mirlidera

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah pir mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Mama yang kebutuhan vitamin C-nya terpenuhi dengan baik selama kehamilan cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit menular seperti batuk, pilek, dan flu. 

Bahkan tak hanya itu, kandungan vitamin C pada pir juga mampu membantu menangkal radikal bebas yang mungkin membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

2. Membantu penyerapan nutrisi 

2. Membantu penyerapan nutrisi 
Freepik/Jcomp

Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C pada buah pir dapat membantu penyerapan nutrisi makanan yang Mama konsumsi, terutama zat besi. 

Tentu ini merupakan hal yang penting karena jika zat besi terserap dengan baik, maka perkembangan janin dalam kandungan dapat tersokong dengan baik.

3. Mencegah sembelit

3. Mencegah sembelit
momjunction.com

Sembelit menjadi salah satu keluhan yang mungkin dialami Mama yang sedang hamil. Sembelit saat hamil bisa disebabkan karena berbagai macam hal, mulai dari perubahan hormon, hingga pola makan yang buruk. 

Nah, Mama yang menderita sembelit saat hamil dapat menjadikan buah pir sebagai “obat”. Dilansir dari Boldsky, kandungan serat yang tinggi pada pir mampu membantu meredakan sembelit yang Mama derita. 

Adapun untuk mendapatkan manfaat pir, Mama disarankan untuk mengonsumsi pir beserta dengan kulitnya karena kulit pir mengandung serat yang tinggi. Namun, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih ya Ma!

Baca juga:

Editors' Picks

4. Menyeimbangkan kadar elektrolit dalam darah 

4. Menyeimbangkan kadar elektrolit dalam darah 
baby-chick.com

Kandungan kalium yang terdapat pada pir mampu membantu menyeimbangkan elektrolit dalam darah dan cairan sehingga mampu menjaga tubuh berfungsi secara semestinya. 

Kandungan kalium yang terdapat pada pir juga mengurangi risiko terjadinya kram kaki, yaitu salah satu keluhan kehamilan yang sebagian perempuan alami.

5. Mencegah bayi lahir cacat

5. Mencegah bayi lahir cacat
Freepik

Konsumsi pir saat hamil juga dapat membantu mencegah bayi terlahir cacat. Hal ini karena pir termasuk buah yang kaya akan asam folat sehingga konsumsi pir saat hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik. 

Nah, asam folat merupakan asupan penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Asupan asam folat yang tidak terpenuhi dengan baik mampu meningkatkan risiko bayi terlahir cacat dan lahir secara prematur.

Baca juga:

6. Membuat tubuh tetap bugar

6. Membuat tubuh tetap bugar
Freepik/Yanalya

Saat hamil, perubahan tubuh yang terjadi dapat membuat perempuan hamil mudah lelah. Nah, dengan mengonsumsi pir secara rutin, risiko Mama mengalami lelah berlebih dapat diminimalisir. 

Hal ini karena pir mengandung magnesium, yaitu zat yang memiliki peranan penting dalam mendukung relaksasi otot sehingga membuat Mama lebih berenergi dan tidak mudah alami kelelahan.

7. Mengurangi gejala morning sickness

7. Mengurangi gejala morning sickness
scarymommy.com

Konsumsi buah pir saat hamil juga mampu mengurangi gejala mual dan muntah, terutama pada trimester pertama kehamilan.  Ini karena buah pir mengandung vitamin B-6. 

Nah, kandungan vitamin B-6 pada pir tidak hanya mengurangi gejala morning sickness saja, tetapi juga bermanfaat dalam menunjang perkembangan fungsi motorik dan kognitif pada janin dan bayi baru lahir.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!