Wah, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil

Ada beragam penyebab dan cara mengatasi payudara gatal saat hamil Ma!

20 Januari 2019

Wah, Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil
Freepik/Yanalya

Perubahan tubuh dan hormon selama kehamilan memang menimbulkan berbagai macam ketidaknyamanan, termasuk payudara gatal saat hamil.

Mama yang mengalami hal ini harus tahu, ada beragam penyebab dari payudara gatal saat hamil. Selain karena perubahan hormon, peningkatan suplai darah, pembentukan sel atau saluran susu, hingga terjadinya penumpukkan lemak pada payudara bisa pula menjadi penyebab payudara gatal saat hamil. 

Mama merasa tidak nyaman dengan rasa gatal yang muncul secara tiba-tiba?

Tenang Ma, ada beragam cara mengatasi payudara gatal saat hamil yang bisa menjadi pilihan. Dilansir dari laman Mom Junction, berikut beberapa diantaranya:

1. Pelembap

1. Pelembap
Freepik

Untuk meminimalisir rasa gatal yang muncul secara tiba-tiba, Mama disarankan untuk mengoleskan pelembap setiap habis mandi.

Pilih pelembap yang tidak mengandung wewangian. Pelembap bisa meredakan rasa gatal pada payudara atau menguranginya.

Pastikan payudara selalu dalam keadaan bersih dan tidak basah saat kamu ingin mengoleskan pelembap. 

2. Gel lidah buaya

2. Gel lidah buaya
Pixabay/Casellesingold

Gel lidah buaya juga bisa juga Mama manfaatkan. Mau tahu caranya, Ma?

Caranya cukup mudah, Mama hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke payudara yang terasa gatal.

Dengan mengoleskan gel lidah buaya, risiko payudara bergesekkan dengan bra atau pakaian yang Mama kenakan jadi berkurang. Ini dapat mengurangi risiko payudara atau puting terasa gatal. 

Namun sebelum mengoleskan ke payudara, coba oleskan terlebih dahulu ke kulit tangan ya Ma. Jika pasca digunakan terasa gatal, hentikan penggunaan. Bisa jadi Mama alergi dengan lidah buaya!

Baca juga: 7 Cara Memanfaatkan Lidah Buaya untuk Beauty Hacks

Editors' Picks

3. Gunakan bra yang nyaman

3. Gunakan bra nyaman
Pixabay/fsHH

Penggunaan bra juga dapat memicu rasa gatal Ma. Mama harus memilih bra yang nyaman agar rasa gatal pada payudara dapat diminimalisir.

Mama disarankan untuk memilih bra berbahan katun karena dapat membuat payudara sedikit lebih “bernapas”. Hindari bra berbahan renda atau kain sintetis ya Ma agar tidak memicu gatal muncul.

4. Hindari mandi air hangat

4. Hindari mandi air hangat
Unsplash/Karla Alexander

Mandi air hangat memang dapat membuat tubuh menjadi rileks, namun jika Mama memiliki masalah dengan payudara gatal saat hamil, disarankan untuk mengurangi kebiasaan mandi menggunakan air hangat.

Selain menggunakan air hangat, hindari pula penggunaan sabun wangi karena kedua hal ini dapat membuat kulit menjadi kering dan memicu rasa gatal muncul.

5. Tempelkan kompres dingin

5. Tempelkan kompres dingin
artofthepie.com

Saat payudara terasa gatal, Mama dapat mengompres area yang benar-benar gatal menggunakan kompres es atau kompres dingin. Ini dapat meredakan rasa gatal yang muncul meski hanya bersifat sementara.

Itulah cara mengatasi payudara gatal saat hamil. Selain menerapkan langkah tersebut, Mama juga disarankan untuk tidak menggaruk payudara yang gatal karena hal ini hanya akan membuat rasa gatal semakin parah.

Hindari pula udara atau ruangan yang panas karena suhu yang panas dapat membuat rasa gatal yang Mama rasakan bertambah parah. Jika rasa gatal yang Mama rasakan terasa begitu mengganggu, konsultasikan ke dokter ya Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;