Baik untuk Janin, Ini Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Berat badan mama mulai bertambah ketika hamil lima bulan

13 Juni 2021

Baik Janin, Ini Buah Bagus Ibu Hamil 5 Bulan
Pixabay/boristrost
Kenapa bisa muncul flek hitam saat hamil, ya?

Ketika usia kehamilan memasuki bulan kelima, maka Mama membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin. Pada usia kehamilan lima bulan, Mama membutuhkan sekitar 347 kalori, 27 miligram zat besi, 1.000 gram miligram kalsium, dan lebih banyak serat. 

Berat badan mama juga mulai bertambah ketika hamil lima bulan. Hal ini terkadang membuat Mama mudah capek ketika beraktivitas. Itulah sebabnya, Mama dianjurkan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan energi sekaligus mengandung antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. 

Nah, bagi Mama yang masih bingung apa saja buah terbaik untuk kehamilan usia lima bulan, tak ada salahnya untuk mencoba enam buah rekomendasi dari Popmama.com. Buah-buahan di bawah ini mengandung tinggi nutrisi yang dibutuhkan Mama selama kehamilan sekaligus bisa menunjang tumbuh kembang janin. 

1. Apel

1. Apel
Pexels/suzyhazelwood

Buah bercita rasa manis dan sedikit asam ini diketahui mengandung tinggi vitamin, zat besi, dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut dibutuhkan oleh ibu hamil yang kandungannya berusia lima bulan. Kandungan zat besi dalam apel bisa mencegah terjadinya anemia dan meminimalkan risiko melahirkan bayi prematur atau memiliki berat badan rendah. 

Kemudian, apel juga mengandung kalori yang bisa meningkatkan energi selama kehamilan. Apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit saat hamil.

2. Anggur

2. Anggur
Freepik/8photo

Beberapa orang percaya bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi anggur karena dapat menyebabkan keguguran. Padahal anggur mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan bayi, terutama ketika Mama sedang hamil muda. 

Anggur mengandung asam folat yang menjadi nutrisi terpenting selama awal masa kehamilan. Asam folat dibutuhkan untuk pembentukan tabung otak dan saraf pada janin dalam kandungan. 

Tidak hanya mengandung asam folat, anggur juga mengandung tinggi kalsium. Kalsium tersebut dibutuhkan bayi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selanjutnya, anggur juga mengandung omega 3 dan DHA yang dibutuhkan untuk pembentukan sistem saraf pusat pada janin. 

Editors' Picks

3. Alpukat

3. Alpukat
Pexels/ready-made

Buah berwarna hijau ini mengandung tinggi protein yang baik untuk hamil. Alpukat menghasilkan 18 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pembentukan sel dan jaringan tubuh janin dalam kandungan. 

Alpukat juga mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah. Bagi Mama yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengonsumsi alpukat membantu menurunkan kadar trigliserida hingga 20 persen. 

Selanjutnya, alpukat juga sumber terbaik karotenoid dan phytonutrient yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi selama masa kehamilan. 

4. Jeruk

4. Jeruk
Pexels/pixabay

Buah yang bisa memberikan sensasi menyegarkan ini juga memiliki segudang manfaat untuk kehamilan trimester kedua. Dilansir dari Parenting First Cry, kebutuhan harian vitamin C ibu hamil trimester kedua adalah 85 miligram. Mama bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C itu dengan mengonsumsi sekitar tiga buah jeruk. 

Vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Jeruk juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin serta kandungan serat yang bisa mencegah sembelit. 

5. Pisang

5. Pisang
Pexels/juan-salamanca-12609

Dilansir dari National Insitutes of Health, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi tiga sampai empat porsi pisang setiap hari. Buah berwarna kuning ini mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian ibu hamil trimester kedua. 

Sama seperti anggur, pisang mengandung tinggi asam folat yang dapat mencegah bayi lahir prematur atau cacat. Selain itu, pisang mengandung zat besi yang bisa dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin inilah yang mampu melindungi Mama dari anemia. 

Bagi Mama yang masih mengalami morning sickness pada trimester kedua, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi pisang. Sebab, pisang mengandung 4 miligram vitamin B6 yang bisa membantu perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin serta mengurangi gejala morning sickness. 

6. Pir

6. Pir
Pexels/Tatiana

Buah lainnya yang bagus untuk ibu hamil lima bulan adalah pir. Buah pir mengandung tinggi vitamin C yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imunitas sehingga Mama tidak mudah terkena penyakit menular. 

Kandungan serat dalam buah pir juga bisa mengurangi masalah sembelit selama kehamilan. Mama pun dianjurkan mengonsumsi pir beserta kulitnya karena kulit pir mengandung serat yang tinggi. Namun, jangan lupa untuk mencuci pir hingga bersih terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. 

Selanjutnya, buah pir juga mengandung kalium yang mampu membantu menyeimbangkan kadar elektrolit dalam darah. 

Nah, itulah buah yang bagus untuk ibu hamil lima bulan. Jadi, mana buah favorit mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.