7 Rekomendasi Makanan Sehat saat Memasuki Bulan Keempat Kehamilan

Bulan keempat kehamilan adalah momen terpenting janin dalam kandungan.

17 Oktober 2020

7 Rekomendasi Makanan Sehat saat Memasuki Bulan Keempat Kehamilan
Freepik/dashu83

Bulan keempat kehamilan adalah momen terpenting janin dalam kandungan. Pasalnya, janin mulai menyempurnakan pembentukan anggota tubuh dan organ-organ di dalamnya. Bahkan, sidik jari bayi mulai terbentuk pada bulan keempat kehamilan. 

Memasuki bulan keempat kehamilan, bayi dalam kandungan sudah mulai bergerak, sehingga Mama mulai bisa merasakan ada gerakan kecil di perut. Bayi pun mulai bermain dengan tali pusar di dalam kandungan. Maka tak heran jika asupan nutrisi mama perlu diperhatikan saat memasuki bulan keempat kehamilan. 

Pada masa itu, Mama membutuhkan makanan di antaranya yang mengandung magnesium, kalsium, vitamin D, dan asam folat untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan tujuh makanan sehat untuk ibu hamil empat bulan:

1. Asparagus

1. Asparagus
thespruceeats.com

Asparagus mengandung asam folat yang bisa mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang si Kecil. Menurut sejumlah penelitian kesehatan, Mama yang sedang hamil memerlukan 400 hingga 600 mikrogram asam folat per hari. Kekurangan nutrisi asam folat bisa meningkatkan risiko bayi terlahir prematur atau cacat. 

2. Bayam

2. Bayam
Pixabay/Showmeyourflowers

Bayam adalah sayuran yang mengandung zinc. Adapun, zinc adalah zat mineral yang dibutuhkan tubuh mama untuk memproduksi protein dan bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf si Kecil. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Mama tidak mudah sakit saat hamil. 

Editors' Picks

3. Brokoli

3. Brokoli
Pixabay/RitaE

Brokoli adalah sayuran yang mudah ditemukan di pasaran. Brokoli mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang si Kecil. Tak hanya kalsium, brokoli juga mengandung serat, vitamin C, dan asam folat. Vitamin C dibutuhkan Mama untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. 

4. Kacang kedelai

4. Kacang kedelai
Pixabay/Pixel1

Kacang kedelai mengandung magnesium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bayi. Sebuah penelitian kesehatan menyebut jika asupan magnesium sangat dibutuhkan pada trimester kedua karena berpengaruh pada panjang, berat, dan lingkar kepala bayi setelah lahir. Selain itu, kacang kedelai juga bermanfaat untuk pembentukan otot si Kecil, termasuk menguatkan otot rahim mama. 

5. Kentang

5. Kentang
Pxhere.com

Kentang mengandung tinggi protein dan karbohidrat. Protein dibutuhkan untuk memperkuat pembentukan otot, jaringan tubuh, serta DNA. Sedangkan karbohidrat dibutuhkan untuk pembentukan tenaga. Mama disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat agar tidak mudah lelah saat harus beraktivitas atau bekerja selama masa kehamilan. 

6. Pisang

6. Pisang
Unsplash/Ailiv-Sonas Aceron

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang mengandung tinggi serat. Saat memasuki bulan keempat kehamilan, hormon progesteron akan memperlambat sistem pencernaan mama karena bayi yang mulai tumbuh besar. Kondisi ini bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, buah-buahan yang mengandung tinggi serat seperti pisang atau stroberi bisa menjadi pilihan mama untuk melengkapi nutrisi harian selama hamil. 

7. Salmon

7. Salmon
Freepik/timolina

Salmon mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Perlu diketahui jika omega-6 dibutuhkan untuk kesehatan mata dan perkembangan otak si Kecil selama berada dalam kandungan.

Sedangkan omega-6 dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan jantung, hati, kulit, hingga rambut. Pastikan Mama hanya mengonsumsi salmon yang dimasak hingga matang sempurna. Sebab, mengonsumsi salmon mentah atau setengah matang bisa membahayakan kehamilan.

Itulah rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil empat bulan. Mencari makanan sehat untuk Mama yang sedang hamil empat bulan memang tidak sulit. Perlu diingat, setiap makanan di atas harus dicuci bersih sebelum disajikan. Mama sebaiknya memotong sayuran dengan potongan besar untuk melindungi nutrisi di dalamnya.

Mengukus makanan juga lebih baik dibanding merebus karena bisa menjaga kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Selamat makan sehat ya, Ma!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.