4 Jenis Makanan Berserat yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ketahui juga manfaat makanan berserat bagi Mama yang sedang mengandung!

31 Mei 2020

4 Jenis Makanan Berserat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
Freepik/Free photo

Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama bagi ibu hamil.

Pasalnya, serat dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB) yang umum terjadi pada ibu hamil.

Dilansir dari Parenting First Cry, serat adalah senyawa baik yang dapat membuat Mama kenyang tanpa harus menambahkan kalori ekstra ke dalam tubuh.

Mengonsumsi serat yang cukup diketahui dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat dan berfungsi dengan baik, karena serat dapat membantu tubuh menghilangkan limbah yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat serat lain untuk ibu hamil, seperti membantu menjaga berat badan selama hamil, mencegah sembelit, mengatur gula darah, hingga mengurangi risiko masalah jantung.

Nah, setelah mengetahui manfaat serat bagi ibu hamil dan janin, maka tak lengkap rasanya jika Mama tak tahu jenis makanan apa saja yang banyak mengandung serat.

Untuk itu, berikut Popmama.com telah merangkum empat daftar lengkap makanan berserat tinggi yang baik dikonsumsi ibu hamil.

1. Sayuran berwarna hijau seperti bayam hingga brokoli

1. Sayuran berwarna hijau seperti bayam hingga brokoli
unsplash.com/reinaldokevin

Menurut para ahli gizi, sayuran hijau seperti bayam, selada, sawi hijau, dan sebagainya, merupakan sumber serat terbaik.

Tak hanya serat, jenis makanan tersebut juga kaya akan zat besi dan beta-karoten. Selain itu, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin C.

Brokoli adalah salah satu makanan yang tidak hanya kaya akan serat tetapi juga kaya akan berbagai mineral dan vitamin esensial.

Editors' Picks

2. Buah-buahan berserat seperti pepaya hingga buah pir

2. Buah-buahan berserat seperti pepaya hingga buah pir
Freepik/free photo

Jenis makanan selanjutnya adalah buah-buahan. Bukan sembarang buah, menurut para ahli gizi, raspberry, blackberry dan stroberi adalah pilihan buah berserat tinggi yang sangat baik.

Buah ini tidak hanya mengandung serat tinggi tetapi juga kalium, magnesium, vitamin C, vitamin E, dan folat.

Selain itu, buah pir yang dikonsumsi dengan kulitnya juga memiliki jumlah serat, vitamin, dan mineral penting lainnya yang baik untuk tubuh.

Terakhir adalah pepaya. Buah pepaya diketahui dapat membantu melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme atau mencegah sembelit.

Enzim papain di dalamnya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino, yang bersifat menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna.

3. Karbohidrat kompleks seperti beras merah dan jagung

3. Karbohidrat kompleks seperti beras merah jagung
medikoe.com

Selain merupakan sumber makanan berserat tinggi, jagung juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Selain jagung, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi beras merah.

Jenis beras ini memiliki berbagai kandungan vitamin terutama vitamin B dan vitamin E, serta memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Beras merah kaya kandungan mineral yang tinggi serta berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan sebagainya.

Tak lupa, terakhir adalah oatmeal. Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4. Kacang-kacangan berserat tinggi seperti almond

4. Kacang-kacangan berserat tinggi seperti almond
Freepik/Alexgrec

Dari semua sumber makanan yang mengandung serat, ternyata kacang-kacangan merupakan sumber makanan berserat tinggi yang menempati daftar paling atas.

Salah satunya adalah almond. Jenis kacang-kacangan yang satu ini diketahui kaya akan berbagai mineral, lemak sehat, proten, dan serat tinggi.

Tak heran jika kacang almond seringkali disebut sebagai 'makanan super'.

Nah, itulah keempat jenis makanan berserat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.