7 Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Salah satunya dapat cegah kelahiran prematur hingga redakan nyeri saat persalinan!

19 Oktober 2021

7 Manfaat Buah Srikaya Ibu Hamil Janin
Pxhere/nikon d5200

Buah srikaya adalah buah tropis yang termasuk ke dalam Famili Annonaceae dengan nama latin Annona Squamosa. Namun pada umumnya, buah ini juga disebut sebagai buah Mona atau Nona.

Selain manis, srikaya juga mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi penting lainnya hingga menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi buah srikaya meliputi vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, serat, kalsium, potassium, magnesium, zat besi, zinc, fosfor, dan lemak.

Di samping untuk kesehatan tubuh, buah dengan rasa manis ini secara khusus juga mengandung banyak manfaat untuk para ibu hamil. 

Kira-kira, apa saja manfaatnya?

Berikut Popmama.com telah merangkum tujuh manfaat srikaya untuk ibu hamil.

1. Srikaya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin

1. Srikaya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin
Freepik

Buah srikaya mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Dengan mengonsumsi srikaya secara rutin, tumbuh kembang saraf, otak, dan sistem imun pada janin dapat berjalan dengan baik.

Tak hanya itu, vitamin A pada buah srikaya juga diklaim baik untuk kesehatan rambut, mata, dan kulit. Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan mencegah serangan radikal bebas.

2. Meminimalkan risiko kelahiran prematur

2. Meminimalkan risiko kelahiran prematur
Freepik/Praisaeng

Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil selanjutnya adalah meminimalkan risiko bayi terlahir secara prematur.

Ini dikarenakan pada buah srikaya, terkandung mineral zinc yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, yakni mencapai 100 miligram per hari.

Zinc inilah yang kemudian berperan penting dalam menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuh. Volume hemoglobin yang ideal akan mencegah terjadinya kelahiran prematur.

Editors' Picks

3. Srikaya meminimalkan nyeri saat melahirkan

3. Srikaya meminimalkan nyeri saat melahirkan
Pexels/Jonathan Borba

Mengonsumsi buah srikaya selama kehamilan juga dipercaya mampu meminimalkan rasa nyeri yang dirasakan saat menjalani proses persalinan.

Kendati manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yang satu ini belum memiliki bukti medis yang kuat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba buah ini. Selain itu, buah srikaya diklaim efektif mengurangi risiko keguguran.

4. Srikaya ampuh meredakan gejala morning sickness

4. Srikaya ampuh meredakan gejala morning sickness
Freepik/Petzshadow

Salah satu gejala kehamilan yang dirasakan oleh ibu hamil adalah morning sickness. Kondisi ini umumnya ditandai oleh rasa mual, pusing, hingga badan teras lemas.

Nah, salah satu cara untuk meredakan morning sickness adalah dengan mengonsumsi buah srikaya. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin B6 pada buah srikaya.

Menurut sejumlah penelitian, vitamin B6 efektif untuk meredakan mual, salah satu gejala umum dari morning sickness.

5. Srikaya dapat mengobati sakit gigi

5. Srikaya dapat mengobati sakit gigi
Pinterest.com/Shadia Attar

Ibu hamil juga sangat rentan mengalami sakit gigi. Salah satu cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi buah srikaya.

Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil dalam mengobati sakit gigi ini tak lepas dari kandungan zat di dalamnya yang berfungsi sebagai antibakteri, pun antiinflamasi untuk meredakan peradangan pada gusi.

6. Detoks alami dengan buah srikaya

6. Detoks alami buah srikaya
Freepik/wayhomestudio

Kehadiran racun di dalam tubuh memang tak bisa dihindari, karena racun-racun tersebut datang dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Namun, membiarkan racun-racun tersebut mengendap di dalam tubuh hanya akan membahayakan diri mama maupun janin yang berada di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, sudah selayaknya Mama membuang racun berbahaya yang ada di dalam tubuh demi keselamatan diri dan calon bayi mama.

Salah satu manfaat buah srikaya untuk ibu hamil adalah sebagai detoks alami. Adanya zat yang bersifat sebagi antioksidan pada srikaya efektif membuang racun di dalam tubuh.

7. Mengatasi sembelit dengan srikaya

7. Mengatasi sembelit srikaya
Freepik/Jcomp

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang juga lekat dengan para ibu hamil. Kondisi sembelit alias susah buang air besar (BAB) ini tentunya cukup mengganggu, bukan?

Apalagi kalau sampai ibu hamil mengejan saat BAB, hal tersebut berpotensi mengancam janin yang tengah dikandungnya.

Sembelit diakibatkan oleh kurangnya asupan serat ke dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan sulit untuk mencerna makanan. Srikaya adalah salah satu sumber serat terbaik yang bisa Mama dapatkan.

Mengonsumsi buah srikaya secara rutin efektif untuk melancarkan pencernaan sehingga sembelit pun dapat teratasi.

Nah, itulah ketujuh manfaat buah srikaya untuk ibu hamil dan janin.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.